Festival Gunung Kromong



Festival gunung kromong adalah festival kebudayaan yang banyak menampilkan kebudayaan yang sering terjadi atau di lakukan masyarakat yang ada di sekitar gunung kromong, Dalam festival itu banyak menampilkan ragam musik daerah yang di tampilkan oleh anak-anak dan masyarakat sekitar untuk mengisi acara tersebut, contohnya gamelan, tari topeng, serta penampilan lainnya.

Rangkaian acara itu di lakukan selama 2 hari pada hari pertama diisi oleh penampilan musik daerah yang di persembahkan oleh anak-anak masyarakat sekitar dan hari kedua di isi oleh karnaval yang di lakukan oleh masyarakat sekitar gunung kromong dan ttitk terakhir setiap tahunnya berbeda bergantung kebijakan pihak yang menyelenggarakannya.

Karnaval yang menjadi bagian dari acara festival gunung kromong juga diisi oleh kerajinan para warganya,dan juga iring-iringan anak laki-laki seperti anak sunat(budak sunat) dan iring-iringan hasil bumi.

a) Adat khitan atau sunat

Adat khitan atau sunat yang sering di lakukan masyarakat sekitar gunung kromong yaitu jika seorang anak laki-laki akan di sunat itu akan di arak keliling kampung sebagai tanda bahwa si anak akan di sunat atau di khitan dan sudah waktunya untuk di khitan.

b) Iring-iringan hasil bumi

Iring –iringan hasil bumi biasanya terdiri dari padi,umbi-umbian,dan semua yang di hasilkan oleh sekitaran gunung kromong.  Festival gunung kromong banyak mengajarkan tentang mencintai kebudayaan yang ada di sekitar kita dan melestarikannya.

Festival gunung kromong ini sendiri bisa di lihat di tempat wisata setiap tahunnya. Dan acara ini bisa menjadi bahan pembelajaran anak-anak untuk lebih mengenal dan mencintai kebudayaan yang ada di nusantara terutama di kecamatan Gempol kabupaten Cirebon.

Dalam setiap tahunnya festival gunung kromong ini di lakukan di berbagai desa yang mampu melaksanakannya di sekitaran gunung kromong yang masuk ke lingkup pemerintahan kecamatan Gempol kabupaten Cirebon.

Festival gunung kromong juga di isi oleh stand-stand atau boat makanan serta jajanan yang di jamin enak dan murah meriah tidak membuat dompet jebol yang pastinya. Selain kemeriahan yang di sajikan dalam festival gunung kromong di sana juga di sediakan tempat bermain anak seperti trampoline, odong-odong dan masih banyak lagi.

Jadi buat para orang tua yang membawa anak-anak nya untuk datang ke festival gunung kromong jangan khawatir anaknya akan bosan karena banyak permainan yang di sediakan.

Dan melihat antusias nya masyarakat yang mengunjungi festival gunung kromong ini sanngat banyak mulai dari anak-anak hingga para orang tua yang mengajak anak nya melihat bahkan hanya berselfie ria di tengah-tengah acara festival gunung kromong.

Selain masyarakat desa setempat yang menghadiri acara festival gunung kromong namun banyak juga yang hadir seperti pejabat daerah setempat seperti camat bahkan bupati.

Setelah 2 hari acara festival gunung kromong ini di laksanakan dan antusiasme masyarakat terhadap acara ini juga sangat besar dan bisa menjadi tempat rekreasi yang mengedukasi masyarakat tentang kebudayaan yang ada di sekitar gunung kromong atau kecamatan gempol.

Dan acara di tutup pada malam harinya dengan di isi oleh penampilan-penampilan musik daerah dan tari topeng yang di tampilkan oleh anak-anak yang ada di sekitar gununng kromong.

Nah, itulah tadi serangkaian artikel yang menjelaskan tentang Festival Gunung Kromong. Semoga tulisan yang dikirimkan oleh Amari Amaliyah. ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Terimakasih,

0 Response to "Festival Gunung Kromong"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel