Gue Jawa, dan Gue Bangga

Mengenal Jawa lebih Dekat


Indonesia adalah negara yang memiliki banyak pulau. Salah satu pulau terbesar di Indonesia yaitu pulau Jawa. Pulau Jawa merupakan pulau terluas di Indonesia. Jawa menempati urutan ke-5, pulau tebesar di Indonesia.

Bahkan Jawa adalah salah satu pulau terluas ke-13 di dunia. Jawa mendapatkan kategori pulau terpadat, dengan jumlah penduduk sekitar 150 juta jiwa. Sekitar 60% penduduk di Indonesia, singgah di pulau jawa. Jika dibandingkan penduduk ditahun 1905, persentase tersebut turun dari 80%.

Jawa juga memiliki ciri yang sangat menonjol, mulai dari bahasa, gaya berbicara, norma, dan etika. Gue akan menyebutkan beberapa sifat atau karakter orang Jawa.

Menjaga Etika

Sebagian besar orang Jawa, melatih etika dan kesopanan sejak dini. Mereka menjaga etika-nya dengan sopan, baik itu kepada orang yang lebih dewasa maupun yang lebih muda. Hal tersebut sudah menjadi warisan turun temurun bagi masyarakat Jawa.

Salah satu etika yang biasa dilakukan orang Jawa adalah merundukan badanya ketika hendak berjalan di depan orang yang lebih tua. Hal tersebut menunjukan tatak rama dan sopan santun.

Gaya Bicara yang Unik

Ciri selanjutnya adalah unik dalam gaya berbicara. Gaya bicara orang Jawa sangat khas. Kalian dapat dengan mudah menebaknya baha itu orang jawa. Orang jawa terkenal dengan gaya bahasanya dengan istilah ‘medhok’.

Medhok memiliki makna kental. Dalam gaya bicara orang Jawa memiliki aksen yang terdengar kental. Itu menjadi ciri khas orang Jawa yang banyak diketahui suku lain. Memang orang Jawa sangat identik dengan gaya bicaranya yang medhok.

Ramah

Pada dasarnya orang jawa adalah pemalu, apalagi bila berada di lingkungan baru. Tetapi orang Jawa memiliki jiwa sosial yang tinggi, cepat akrab dengan orang yang baru ia kenal. Seperti yang banyak orang ketahui, orang jawa memiliki gaya bahasa yang halus. Itu suatu hal yang membuat orang jawa bisa cepat akrab dengan orang yang baru di kenal.

Memang orang Jawa sedikit pemalu, tetapi kesopanan dan jiwa ramah mereka sangat melekat. Orang Jawa juga kalem dan memilih menghindari konflik, ini adalah hal positif dalam hubungan antara seseorang.

Menaati Peraturan Turun Temurun

“Ora kena” atau “Ora ilok” adalah ungkapan orang jawa dalam melarang perbuatan nilai kesopanan. Orang Jawa juga memiliki sifat nurut. Sehingga dalam hal menaati peratuan, orang jawa sangat di perhatikan.

Salah satu contoh peraturan yang sederhana adalah; makan harus duduk, tutup mulut saat menguap, menggunakan tutur bahasa yang baik jika berbicara dengan orang yang lebih tua. Jawa juga terkenal dengan kesenian dan budaya yang sangat khas, dan wisatanya yang indah.

Bahkan sudah banyak turis yang berlibur atau berkunjung dan belajar sedikit tentang Jawa dan isinya. Jadi kita sebagai warga asli Indonesia, khususnya di daerah jawa harus bangga dengan kebudayaanya yang mendunia.  Berikut adalah budaya Jawa yang mendunia

Wayang

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti tau tentang wayang. Karna wayang adalah budaya asli dari Indonesia yang berasal dari jawa. Wayang juga sudah mendunia. Wayang di akui UNESCO sebagai warisan budaya. Bahkan sudah banyak wisata asing yang tertarik dengan kesenian budaya asli Jawa ini.

Reog ponorogo

Kesenian Jawa yang mendunia berikutnya adalah ‘Reog ponorogo’. Reog ponorogo merupakan kesenian yang berupa tarian. Reog ponoro berasal dari Jawa timur.

Yang unik dari tarian ini adalah; penari memakai topeng berbentuk kepala singa yang mengenakan mahkota. Tidak hanya itu, berat topeng tersebut bisa mencapai 50-60 kg. Tarian ini juga sudah mendunia, banyak wisata asing yang terpukau di buatnya.

Gamelan

Gamelan adalah ensembel musik yang terdiri dari; gendang, gong, metalofon, dan gambang. Musik yang diciptakan oleh perpaduan alat musik tersebut biasanya memiliki irama yang lembut. Gamelan juga pernah mengisi acara di berbagai pentas didunia. Jadi tidak heran lagi kalau ensambel musik asli Jawa ini bisa mendunia.

So, kita harus bangga dengan budaya kita. Sebagai remaja, kita harus menghormati budaya kita sendir, menjadi remaja yang kreatif, dan bisa menjunjung tinggi budaya kita sendiri. Jangan sampai buadaya asli kita hilang di telan masa dan dilupakan begitu saja.

Banyak orang asing disana yang mengagumi budaya kita, kita tentunya harus bangga dengan itu.

Nah, itulah tadi serangkaian artikel yang menjelaskan tentang Gue Jawa, dan Gue Bangga. Semoga tulisan yang dikirimkan oleh Izzul fadillah ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Trimakasih,

5 Responses to "Gue Jawa, dan Gue Bangga "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel