Mengenal Jawa Tengah dengan Budaya



Jawa Tengah adalah sebuah provinsi yang terletak di tengah pulau Jawa. Mempunyai beragam budaya. Ada banyak budaya yang dari dulu hingga kini masih dijadikan acuan untuk menjalani aktivitas dan hidup dimasa kini.

Dan hal itu tak luput dari peran orang tua kita, yang terus menjaga dan melestarikan budaya tersebut. Tugas kita adalah terus menjadikan budaya yang dijaga oleh orang tua kita dulu disalurkan kepada anak serta cucu kita untuk menambah pengetahuan mereka.

Beberapa budaya yang ada di Jawa Tengah:

1. Kesenian Wayang

Adalah sebuah pertunjukan yang menceritakan tokoh-tokoh di masa lalu. Dulu pertunjukan wayang ini bisa dilihat saat seseorang punya hajatan. Entah hajatan Sunatan atau Mantenan (Pernikahan).

Kesenian Wayang sangat populer di daerah-daerah, apalagi saat Dalang memainkan gerak-gerik tangannya untuk memerankan para tokoh dalam cerita pewayangan, itu bisa membuat penonton merasa berada di masa lalu. Pertunjukan Wayang ini selalu menggunakan bahasa Jawa. Jadi, hal itu bisa membuat kita menambah kosakata kita dalam berbahasa Jawa.

2. Keris

Adalah kebudayaan Jawa Tengah yang menjadi lambang pusaka. Hal ini juga bisa dilihat diacara Mantenan (Pernikahan) seseorang. Keris yang diselipkan di belakang jarik yang diikat dengan stagen.

Keris dipercaya oleh seseorang mempunyai kekuatan Magis, yang di dalamnya ada roh yang memberi kekuatan kepada si pemakai. Dan bisa juga mempengaruhi pihak lawan sehingga lawan menjadi takut kepada yang punya keris tersebut.

3. Srah-srahan

Adalah sebuah adat yang ada di Jawa saat rencana mau menikah. Adat ini, berupa penyerahan seperangkat perlengkapan sarana untuk melancarkan penyelenggaraan acara sampai acara selesai. Di saerah saya, Srah-srahan ini dilakukan oleh calon pengantin pria ke rumah calon pengantin wanita.

Dan yang dibawa sangat beragam, ada cincin, seperangkat pakaian wanita, serta makanan, dan kadang juga ada tambahan uang. Hal ini sesuatu yang sudah sangat biasa saat calon pengantin pria dan calon pengantin wanita mau merencanakan pernikahan.

Budaya Jawa di atas adalah beberapa budaya yang saya ketahui di daerah saya. Dan saat kita dilekatkan oleh sesuatu budaya dalam daerah kita, kita wajib menjaga dan menggalinya, sebab budaya adalah salah satu warisan dari nenek moyang kita.

Nah, itulah tadi serangkaian artikel yang menjelaskan tentang Budaya Jawa Tengah. Semoga tulisan yang dikirimkan oleh Jeni. ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Terimakasih,

0 Response to "Mengenal Jawa Tengah dengan Budaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel