Nusa Tenggara Timur? Nusa Tenggara Barat? Apa Bedanya Sih?



Seperti yang kita semua tau, bahwa di Indonesia memiliki banyak daerah. Dan di setiap daerah tentunya mempunyai kekhasan masing-masing. Disini kita akan mencari tahu apa saja nih kekhasan yang dimiliki dari beberapa daerah yang ada di Indonesia.

Daerah yang akan kita bahas ialah Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB)
Walaupun daerah yang kita bahas kali ini sama berasal dari Nusa Tenggara, yang hanya dibedakan dengan timur dan barat.

Tapi apakah mereka memiliki kekhasan yang sama? Mari kita cari tahu bersama!

Budaya

Rumah Adat

Salah satu rumah adat yang ada di Nusa Tenggara Timur adalah Saoata Musalakitana. Rumah ini biasanya ditempati oleh lurah, camat, atau tokoh lainnya. Rumah ini berbentuk panggung yang dibawahnya terdapat balai panjang.

Nah, kalau rumah adat yang ada di Nusa Tenggara Barat salah satunya disebut Istana Sultan Sambawa. Istana tersebut berlantai tiga, dimana setiap lantainya memiliki fungsi masing-masing. Lantai satu merupakan tempat pengawalan, lantai dua tempat kediaman Sultan dan Permaisuri, sedangkan lantai tiga disediakan untuk para putri/putra dan keluarga lainnya dari Sultan.

Tari Adat

Nusa Tenggara Timur:

  1. Tari Perang, menunjukkan keperkasaan dan kepandaian mempermainkan senjata.
  2. Tari Gareng Lameng, untuk upacara khitanan yang berupa ucapan selamat serta mohon berkat kepada Tuhan agar yang dikhitan sehat lahir dan batin.
  3. Tari Lendo Nusa Malole, tari penyambut tamu yang memanfaatkan beberapa gerakan tari tertentu agar massa ikut gembira.


Nusa Tenggara Barat:

  1. Tari Mpaa Lenggogo, ditujukan untuk upacara perkawinan atau upacara khitanan keluarga raja.
  2. Tari Batu Nganga, sebuah tari yang belatar belakang cerita rakyat.
  3. Tari Gogo Rancah (Gora), tarian yang menggambarkan kegembiraan para petani.


Alat Musik

Ada banyak alat musik yang dimiliki di daerah Nusa Tenggara Timur maupun Nusa Tenggara Barat. Seperti sasando, heo, foy doa, foy pai, knobe khabetas, knobe oh, dan prere yang berasal dari Nusa Tenggara Timur.

Sementara yang berasal dari Nusa Tenggara Barat yaitu, gendang beleq, genggong, gula gending, palompang/cungklik, pareret, sarone, dan satong srek.


Bahasa

Ternyata bahasa dari kedua daerah tersebut memiliki perbedaan yang sangat besar. Untuk daerah Nusa Tenggara Timur bahasa yang mungkin dipakai penduduk setempat ialah bahasa Uab Meto, Manggarai, Rote, dan Tetun.

Dan satu bahasa asing yang mungkin sudah sedikit yang menggunakannya yaitu bahasa Portugis. Sementara kalau Nusa Tenggara Barat bahasa yang mungkin dipakai penduduk setempat ialah bahasa Sasak, Samawa, Mbojo, Bali, Jawa, dan Melayu.

Namun bahasa resmi mereka memiliki bahasa resmi yang akan tetap mempersatukan mereka, yakni bahasa Indonesia.


Tempat Wisata

Nah, ini dia salah satu hal yang sangat membedakan dari daerah lain yaitu tempat wisatanya. Untuk daerah Nusa Tenggara Timur ada banyak tempat wisata, diantaranya Danau Kelimutu, Gunung Mutris, Pantai Nemberalla, Taman Wisata 17 Pulau, dan yang paling terkenal ialah Pulau Komodo.

Sedangkan di Nusa Tenggara Barat yaitu Pantai Senggigi, Gili Trawangan, Gunung Rinjani, Pantai Kuta Lombok, Gunung Tambora, Pantai Sire, dan yang paling terkenal yaitu Pulau Lombok. Bagi kalian yang suka bermanja di pesisir pantai Nusa Tenggara Barat merupakan pilihan yang tepat untuk dikunjungi.


Itulah beberapa perbedaan kekhasan yang ada di daerah Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Dan pastinya masih banyak lagi yang lainnya. Kalau kalian sangat penasaran dengan apa yang ada didaerah tersebut kalian bisa pergi liburan ke daerah tersebut saat liburan bersama keluarga. Dan menikmati betapa indahnya negeri kita tercinta ini, yaitu Indonesia.

Nah, itulah tadi serangkaian artikel yang menjelaskan tentang Nusa Tenggara Timur? Nusa Tenggara Barat? Apa Bedanya Sih?. Semoga tulisan yang dikirimkan oleh Naufal Mustaqim ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Trimakasih,

0 Response to "Nusa Tenggara Timur? Nusa Tenggara Barat? Apa Bedanya Sih?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel