Pemberatasan Masyarakat dalam Ketidaktahuan Budaya di Indonesia



Indonesia kaya dengan ragam kebudayaan serta tempat wisatanya, tetapi masyarakat Indonesia sendiri terkadang tidak terlalu mengetahui tentang itu semua, hanya sebagian masyarakat yang tahu. Di daerah Sampang, Madura, Jawa Timur.

Tepatnya di Desa Robatal masyarakat sekitar tidak tahu ternyata daerahnya sendiri mempunyai tangan kreatif yang bisa menyulap daun pandan menjadi benda-benda yang bernilai tinggi, juga budaya batik tulis yang dilakukan oleh ibu Kris Handycraf atau yang biasa di panggil sebutan bunda.

Bunda ini mampu menyulap apa saja dengan tangan kreatifnya dan juga membuat batik yang sangat bagus. Dengan memperkenal budaya tersebut kepada masyarakat, “Harus mempunyai strategi yang khusus, agar masyarakat sekitar bisa tertarik untuk membuat kerajinan itu dan bahkan bisa ke manca negara.” Pernyataan bunda.

Pertama melalui orang-orang yang ada disekitar kita, setelah itu barulah mengenalkan kepada masyarakat yang tinggal di desanya. Serta bisa juga dengan mengikuti ajang perlombaan yang sekiranya bisa memperkenalkan karyanya.

Dari itu sedikit demi sedikit masyarakat bisa tahu bahwasanya Desa Robatal ini mempunyai budaya yang harus dilestarikan dan patut untuk didukung. Bukan hanya itu saja cara untuk memberantas ketidaktahuan masyarakat tentang masalah ini.

Dengan melakukan bersosialisasi atau memperkenalkan kepada kepala  yang menjadi pemimpin daerahnya, bahwa inilah Desa Robatal punya ragam budaya yang patut kita lestarikan.

Setelah itu kepala menginstruksikan atau mewajibkan pegawai-pegawainya harus memakai karya batik yang dibuat oleh Kris Handycraf. Juga melakukan sistem penjualan di media online, yang sekarang ini sudah banyak kita gunakan.

Dengan begitu lambat-laun bisa dikenal oleh masyarakat luas, bahkan bisa kemanca negara.

Nah, itulah tadi serangkaian artikel yang menjelaskan tentang Pemberatasan Masyarakat dalam Ketidaktahuan Budaya di Indonesia. Semoga tulisan yang dikirimkan oleh Raudatul Jennah ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Terimakasih,


38 Responses to "Pemberatasan Masyarakat dalam Ketidaktahuan Budaya di Indonesia"

  1. Hal hal seperti ini yang harusnya viral dan patut dikembangkan. Eman eman kalo seperti ini tenggelam..

    BalasHapus
  2. Sangat bangus dan mungkin bisa di contoh oleh daerah lainnya supaya bisa mengembangkan SDM yang ada di sekitar

    BalasHapus
  3. Bagus artiker ini,

    Yaaa mungkin jln/solusi terbaik untuk meningkatkan pengetahuan akan potensi desa yaitu dengan sosialisasi secara terus menerus sehingga masyarakat lebih cepat sadar.

    BalasHapus
  4. Setuju!!! Bagus banget artikelnya👍

    BalasHapus
  5. Luar biasa. Sukses terus

    BalasHapus
  6. Kdg krna pedalaman jd banyak yg kurang tau kalau di desa2 trsendiri trnya berbagai macam keragaman dan memiliki kemampuan yg menjdikan kurang untuk d ketahui. Nah jdi hrus berikan peningkatan pengetahuan lagi ttg berbagai macam ragam itu.

    BalasHapus
  7. Topik yg d angkat mnarik..tapi saya rasa judul yg dipilih kurang tepat secara bahasa..disini yg diberantas terkesan masyarakatx bukan ketidaktahuan dr masyarakatnya..terima kadih..

    BalasHapus
  8. Hal ini patut di viralkan karna ini bisa menjadi prisai serta menjadi pelajaran bagi kaum milenial agar tetep memjaga budaya dari hal hal yang berbau modernnisasi

    BalasHapus
  9. Kalo bisa bekerjasama dengan kepala desa -kepala desa di Robatal sehingga semakin di kenal oleh masyarakat" bahwasanya di Robatal ada kerajinan tangan seperti itu. Mantap lanjut kan

    BalasHapus
  10. Saya dukung ini, tidak hanya untuk memperkenalkan keanekarafama budaya Indonesia saja, akan tetapi juga bisa menciptakan lapangan kerja dan membuat masyarakat sekitarnya menjadi lebih kreatif. Good job:)

    BalasHapus
  11. Bagus sekali dengan cara mepromosikan dan memperkenalkan budaya yg ada. Masyarakat sekitar maupun luar bisa menyadari bahwa didaerah tersebut mempunyai budaya yg sangat bisa bermanfaat dan bisa mengembangkan SDM yg ada di daerah tersebut

    BalasHapus
  12. Kerajinan batik perlu di lestarikan lebih luas lagi, terutama untuk masyarakat sekitar desa Robatal ini harus tau mengenai kerajinan Batik tersebut.

    BalasHapus
  13. Kerajinan batik perlu di lestarikan lebih luas lagi, terutama untuk masyarakat sekitar desa Robatal ini harus tau mengenai kerajinan Batik tersebut.

    BalasHapus
  14. Mantap jiwa....banyak pemuda jaman now yang belum mengetahui budayanya mungkin dengan cara seperti ini bisa memberikan sedikit banyaknya pengetahuan tentang budaya Indonesia

    BalasHapus
  15. Sangat membuka pikiran semoga tetap lestari

    BalasHapus
  16. Artikelnya mantap min. Sangat berguna bagi masyarakat untuk memperluas pengetahuan mereka akan budaya

    BalasHapus
  17. Artikelnya sangat bagus👍

    BalasHapus
  18. Artikelnya sangat bagus👍

    BalasHapus
  19. Nice artikel for this information

    BalasHapus
  20. Pentingnya menjaga keragaman kita

    BalasHapus
  21. Hal yang mampu memberikan amunisi yang baik untuk kedepannya.Agar tidak terlupakan.

    BalasHapus
  22. Hal yang mampu memberikan amunisi yang baik untuk kedepannya.Agar tidak terlupakan.

    BalasHapus
  23. sudah bagus akan tetapi jauh lebih bagus lagi kalau penjelasannya di tambahin lagi dan juga berikan kalimat penasaran agar pembaca jauh lebih tertarik untuk membaca dan mengetahui lebih lanjut tentang yng disampaikan penulis😊👍
    Mengenai yang disampaikan, hal ini perlu di lestarikan agar generasi seterusnya tahu bahwa ini adalah salah satu budaya kita.

    BalasHapus
  24. Kalo komentarku disitu gak dijelasin kenapa masyarakat disampang itu mau bikin kerajinan nya itu trus solusi untuk penyelesaian masalahnya menurutku kurang tepat, bisa jadi disana secara finansial pendapatanny sedikit dari sana karena kurangnya pengetahuan dari daerah untuk menjual produknya

    BalasHapus
  25. Kreatif, bagus memberikan solusi

    BalasHapus
  26. tulisan nya bagus hanya saja perbaiki tulisan yg salah mau nulis benda jadi bunda jadi semangat buat blognya

    BalasHapus
  27. Bagus artikelnya ��

    BalasHapus
  28. Bagus. Perbaiki lagi tulisannya

    BalasHapus
  29. Sebanarnya ini tinggal kita sebagai masyarakat untuk mempromosikan atau menyebar luaskan bahwasannya di desa terbut ada budaya dan tempat wisata yg bagus untuk dikembangkan

    BalasHapus
  30. Artikel yng sangat bagus

    BalasHapus
  31. Bismillah semoga dengan adanya info kanyak gini bisa di jadi'in contoh dan bermanfaat untuk sekitarnya

    BalasHapus
  32. Kurangnya informasi atau pejelasan kepada masyarakat sekitar tentang ilmu tersebut. Jadi di butuhkan kerja sama dengan pemerintah untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat agar bisa belajar kreatif dengan kemampuan mereka sendiri

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel