Pencak Silat dan Kegunaannya




Sudah bukan hal asing lagi, Indonesia kaya akan budaya dan ragam keunikan lainnya. Tarian, pakaian, upacara sampai bela diri pun Indonesia memiliki ciri khas yang menjadi budaya. Pencak Silat menjadi seni bela diri Indonesia secara turun temurun hingga menjadi ajang olahraga dunia.

Pencak Silat merupakan tradisi kesenian yang disebar melalui tradisi Melayu Nusantara. Hingga seiring berjalannya waktu, jenis kesenian bela diri ini juga mulai tersebar ke berbagai negara yang disebarkan oleh orang Indonesia.

Saat ini, Pencak Silat menjadi salah satu seni bela diri yang digemari kaum millenial dan menjadi ajang untuk meraih prestasi dalam kejuaraan.


Pencak Silat sebagai Seni

Salah satu unsur dari pencak yaitu seni. Buktinya, tak sedikit dalam upacara pernikahan adat dibumbui dengan ngibing atau penampilan seni Pencak Silat. Biasanya pesilat mengantarkan mempelai dan pesilat dari pengantin laki - laki melakukan gerakan seni tarung dengan pesilat dari pihak pengantin perempuan. Gerakan Pencak Silat di sini sering diiringi dengan tabuhan gendang yang memeriahkan acara

Pencak Silat sebagai Bela Diri

Pencak Silat merupakan jenis bela diri asli Indonesia yang saat ini sudah mendunia. Bela diri ini memiliki gerakan yang khas nan berbeda dengan bela diri lainnya. Pencak Silat dapat dijadikan pertahanan diri atau self defence dalam kehidupan sehari - hari terlebih saat berkelana.

Rupanya kaum hawa pun tak sedikit yang mempelajari seni bela diri ini. Dengan pandainya bela diri Pencak Silat, menumbuhkan rasa percaya diri dengan mengindahkan etika pesilat yaitu tetap humble dan tidak sombong.

Pencak Silat sebagai Olahraga Kebugaran

Kita memerlukan olahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran badan. Banyak jenis permainan olahraga yang menyenangkan dan tidak harus membosankan. Dewasa ini, tak sedikit orang menjadikan beladiri sebagai olahraga untuk menjaga kebugaran badan dan menjadi pola hidup sehat, tentunya secara teratur.

Pencak Silat sebagai Ajang Kejuaraan Olahraga

Ada banyak jenis olahraga yang dilombakan di tingkat internasional, salah satunya Pencak Silat. Terbukti dalam ajang olahraga terbesar se-Asia yang diselenggarakan di Indonesia pada 2018 silam yaitu Asian Games 2018 Jakarta - Palembang.

Pencak Silat menjadi cabang olahraga yang paling banyak menyumbangkan medali bagi Indonesia. Pencak yang menyatukan oposisi politik disorot dengan jelas oleh media, tepatnya ketika Atlet Pencak Silat Hanifan memeluk Presiden Jokowi dan Ketua Umum IPSI Prabowo secara bersamaan.

Panasnya politik waktu itu dapat teredam dengan prestasi yang membanggakan dari para Atlet Pencak Silat.

Pencak Silat sebagai Film Action

Gerakan bela diri yang unik ini rupanya kini mendunia melalui berbagai film action. Iko Uwais menjadi salah satu aktor yang memperkenalkan Pencak Silat kepada dunia melalui beberapa film yang dibintanginya bahkan Iko pun menjadi koreografer bela diri untuk film luar negeri.

Berawal dari film Merantau yang disusul film The Raid hingga yang terbaru saat ini Stuber yang tayang pada bulan Juli 2019. Jumlah peminat film action yang mengangkat Pencak Silat pun kini makin besar. Budaya Indonesia yang satu ini telah mendunia dan sudah seharusnya kita melestarikannya.

Nah, itulah tadi serangkaian artikel yang menjelaskan tentang Pencak Silat. Semoga tulisan yang dikirimkan oleh Enday Suhendar ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Terimakasih,

1 Response to "Pencak Silat dan Kegunaannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel