Rujak Unik Milik Pulau Dewata



Pulau Seribu Pura, jika kita mendengar istilah tersebut pasti kita akan langsung tahu pulau mana yang dimaksud. Selain banyaknya pura yang tersebar di Bali, Bali juga memiliki ciri khas. Layaknya pulau-pulau yang ada di Indonesia, di Bali juga memiliki makanan khas daerah ini.

Salah satu makanan khasnya adalah Rujak Kuah Pindang. Nama yang menurut saya unik ini sangat terkenal di Bali terutama di daerah Denpasar, Badung, Kuta dan sekitarnya. Rasa yang dihasilkan dari rujak ini juga beraneka macam segar, asam, manis, gurih berkumpul menjadi satu.

Bila pada umumnya bumbu rujak terbuat dari gula merah, kacang tanah, dan petis namun tidak dengan jenis rujak yang satu ini. Rujak Kuah Pindang terbuat dari kaldu ikan pindang baik jenis tuna maupun lemuru atau sarden bahkan di Bali memiliki istilah sendiri untuk penyebutan ikan ini yaitu, “ikan kucing”, kemudian kaldu yang telah diolah dicampur dengan terasi udang yang telah dibakar, cabai, gula pasir, dan garam.

Selain itu juga ada beberapa jenis buah-buahan yang diiris unik seperti mangga, bengkoang, pepaya, nanas, jambu, kedondong, dan timun.

Warna yang dihasilkan juga agak keruh dan memiliki bau yang khas. Rasa segar dari rujak ini sangat cocok disantap ketika siang hari saat matahari bersinar terik. Selain itu, kerupuk atau camilan ringan lainnya bisa dijadikan teman untuk makan rujak kuah pindang.

Saat kita berkunjung ke Bali, berkeliling ke tempat-tempat wisata dan usai dari berkeliling kita merasa lelah, lesu dan ingin melepas penat dengan mencicipi rujak kuah pindang, maka sangat mudah didapat karena hampir di seluruh Bali berjualan rujak kuah pindang tepatnya di pinggir-pinggir jalan dengan harga yang sangat terjangkau.

Jika kita ingin membuatnya sendiri, tentu saja bisa. Namun, jika belum terbiasa membuatnya maka akan menghasilkan bau amis dan sebaliknya jika sudah terbiasa membuatnya maka bau amis ini akan hilang. Selamat berjelajah di Pulau Seribu Pura dan jangan sampai lupa untuk mencicipi rujak unik yang satu ini.

Nah, itulah tadi serangkaian artikel yang menjelaskan tentang Rujak Unik Bali. Semoga tulisan yang dikirimkan oleh Gita Welastiningtias. ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Terimakasih

0 Response to "Rujak Unik Milik Pulau Dewata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel