Sejarah Tari Nasi Boran Lamongan


Tari boran adalah tarian khas Lamongan yang biasannya dipertontonkan pada acara acara yang diselenggarakan di berbagai tempat.tari nasi boran ini juga sudah mendunia,dan pada tanggal 6 Juli kemarin tari boran dipertunjukkan di stadion surajaya dalam rangka ceremony porprov Jawa Timur yang ke 6.dan ditarikan kurang lebih  1500 siswa dari lamongan.

Tari Nasi Boran


Tarian Boran juga terinspirasi dari para penjual nasi boran,karena pada jaman dahulu para penjual nasi boran menjajakan borananya dengan menggunakan wakul atau wadah nasi yang terbuat dari bambu dan ditaruh diatas kepala untuk membawannya.

Dahulu mereka menjajakannya dengan berjalan kaki,tetapi sekarang mereka bisa dengan duduk sambil menunggu orang membeli nasi borananya.mereka tidak kenal lelah untuk mencari rejeki.mereka hampir 24 jam berjualan untuk memenuhi kebutuhan keluarga mereka.

Dan dari perjuangan mereka itulah yang menginspirasi para seniman tari untuk membuat tari nasi boran. Keindahan dari nasi boran ini adalah terletak pada gerakannya yang indah dan kekompakan para penari.

Tarian ini juga  dilakukan secara berkelompok, tarian ini cenderung sangat sederhana dan mudah dipahami serta penuh makna. Setiap gerakan dalam Tari Boran ini menggambarkan aktivitas para penjual nasi boran pada jaman dahulu, mulai dari menyiapkan makanan sampai menjualkannya kepada pelanggannya.

Penari memainkan tarian nasi boran ini dengan lincah dan kompak.terkadang ritme penari ini cepat dan terkadang lambat sesuai jalan cerita yang ditampilkannya. Iringan musik yang dipergunakan untuk tari nasi boran ini tentu dari gamelan khas Jawa Timur.

Untuk pakaiannya sendiri para penari biasannya menggunakan baju tradisional seperti kemben lengan panjang, dan bagian bawahnya menggunakan celana panjang bawah dengkul dengan warna yang sama seperti kebaya dan batik khas Lamongan.

Selain itu, pada bagian kepalannya menggunakan tutup kepala yang dinamakan kupluk.dan tidak lupa wakul sebagai propertinya.

Dalam perkembangannya,tari nasi boran ini sudah menjadi kebanggan kota Lamongan, dan sudah terbukti penghargaan yang sudah diraihya, seperti banyak tampil di berbagai festival budaya. Dan tarian ini akan terus dilestarikan di kalangan masyarakat terutama Lamongan.

Nah, itula tadi serangkaian artikel yang menjelaskan tentang Sejarah Tari Nasi Boran Lamongan. Semoga tulisan yang dikirimkan oleh Dianita Vega Sekar Islami ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Trimakasih,

2 Responses to "Sejarah Tari Nasi Boran Lamongan"

  1. sangat bagus dan bermanfaat

    BalasHapus
  2. wah menarik dan tidak menyangka bahwa lamongan punya sejarahnya tari nasi boran

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel