Serba Pisang di Kota Pisang



Kabupaten Lumajang merupakan Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur dengan perbatasan Kabupaten Probolinggo di sebelah Utara, Kabupaten Malang di sebelah Barat, Kabupaten Jember di sebelah Timur, dan Laut Selatan di sebelah Selatan.

Kabupaten Lumajang dikenal sebagai Kota Pisang karena semua jenis pisang bisa tumbuh subur di wilayah Kabupaten Lumajang, namun yang paling khas di Kota Pisang ini adalah Pisang Agung Lumajang.

Pisang Agung Lumajang merupakan pisang primadona di pasaran karena Pisang Agung Lumajang termasuk pisang terbesar dengan ukuran sebuah pisang dapat mencapai ukuran 33 cm hingga 36 cm per buah, sedangkan dalam satu tandannya terdiri dari 2 sisir dengan jumlah buah 10 hingga 18 pisang per sisir dan mencapai berat 15 kg.

Selain itu pisang agung bukan merupakan buah musiman sehingga bisa tumbuh setiap saat dan dapat dipanen sewaktu – waktu tergantung kebutuhan pasar.

Buah Pisang Agung sangat cocok digunakan sebagai bahan dasar berbagai macam makanan yang dapat menjadi oleh – oleh khas Kota Lumajang, makanan tersebut antara lain yaitu :

1. Keripik Pisang


Keripik Pisang merupakan makanan tradisional yang terbuat dari pisang Agung yang masih belum terlalu matang dan tergolong buahnya masih keras. Buah pisang tersebut diiris tipis, hasil pisang yang diiris tipis direndam ke dalam air yang dicampur dengan kapur sirih agar renyah.

Kemudian pisang yang telah diiris tipis tersebut digoreng hingga renyah dan dibumbui dengan sedikit gula dan garam agar memiliki cita rasa yang nikmat. Konon keripik pisang yang terbuat dari Pisang Agung memiliki kualitas yang bagus karena menghasilkan keripik pisang dengan warna kuning keemasan bagus dengan cita rasa yang khas dan nikmat.

2. Pisang Goreng


Pisang goreng merupakan menu sederhana yang berbahan dasar pisang. Cara membuatnya tergolong sangat mudah, kupas kulit Pisang Agung dan potong menjadi tiga bagian karena Pisang Agung ini memiliki ukuran yang besar.

Siapkan tepung terigu dengan air, gula, dan sedikit garam yang diaduk hingga larut. Masukkan pisang ke dalam adonan tepun terigu kemudian digoreng hingga berwarna coklat keemasan.

Pisang goreng yang terbuat dari Pisang Agung memiliki cita rasa sangat nikmat, rasa pisang yang manis akan mengeluarkan bintik – bintik manis saat digoreng.

3. Getuk Pisang


Getuk Pisang juga makanan tradisional yang berbahan dasar pisang. Getuk Pisang biasanya disajikan dengan bungkus daun pisang yang menambah cita rasa dan kesan tradisional.


Harga Pisang Agung terbilang mahal karena Pisang Agung merupakan pisang terbesar dan banyak diminati. Makanan - makanan tersebut merupakan makanan tradisional yang dapat dibeli untuk menjadi oleh – oleh khas Kota Lumajang jika tidak ingin membeli buah Pisang Agung yang begitu besar dan relatif mahal.

Jika berkunjung ke Kota Lumajang di jalan utama Kecamatan Sukodono menuju arah Kota Lumajang terdapat lampu – lampu unik dengan bentuk pisang di sepanjang jalan yang akan menambah kesan unik pada Kota Pisang ini.

Ketika berkunjung ke Kota Lumajang pada malam hari dan menuju ke alun – alun Kota Lumajang mata akan dimanjakan berbagai macam lampu warna – warni serta air mancur di seluruh penjuru Kota Lumajang.

Batik merupakan salah satu icon khas Indonesia, batik merupakan kain dengan motif yang digambar dengan malam atau lilin dan diproses dengan cara tertentu. Namun, corak batik dari setiap daerah di Indonesia memiliki corak yang berbeda – beda seperti Batik Mega Mendung yang merupakan batik khas Cirebon.

Batik Tujuh Rupa khas Pekalongan, Batik Priyangan khas Tasikmalaya, dan Batik Pisang khas Lumajang. Karena Pisang merupakan ciri khas kota Lumajang lahirlah batik pisang Lumajang. Batik ini memiliki ciri khas yaitu corak Pisang Agung sebagai motif dasar pada batik pisang ini.

Nah, itulah tadi serangkaian artikel yang menjelaskan tentang Kota Pisang. Semoga tulisan yang dikirimkan oleh Anastasya Marli Yugiana. ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Terimakasih,

4 Responses to "Serba Pisang di Kota Pisang"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel