Tentang Kota Jember

 


Istilah Pandhalungan mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Pandhalungan hampir sama dengan istilah Kuali Peleburan yang digunakan di Amerika yaitu suatu etnis yang berbeda yang berkumpul di dalam satu wilayah.

Di Provinsi Jawa Timur ada kota yang dikenal dengan istilah Pandhalungan, yaitu Kota Jember. Di kota yang hanya menempuh waktu sekitar dua jam dari Banyuwangi ini terdapat campuran antara etnis Madura dan Jawa.

Jika kita pergi ke Jember bagian Utara seperti Panti, Jelbuk, dan Arjasa maka akan didominasi oleh etnis Madura dan sebaliknya jika kita beralih ke Jember di bagian Selatan seperti Ambulu dan Wuluhan maka kita akan menemui orang-orang dari etnis Jawa.

Awal mulanya terjadi pada akhir abad ke XIX, di daerah Jember mulai dibangun infrastruktur berupa jalur darat dan rel kereta api. Hal ini tentu saja membuat penduduk etnis Madura melakukan migrasi ke kota Jember.

Walaupun hidup di bawah perbedaan, masyarakat di kota ini sangat menghargai toleransi terhadap sesama dan juga memiliki rasa kekeluargaan yang erat. Selain masyarakatnya yang unik, di kota ini juga terdapat sebuah tempat ibadah yang tidak kalah unik yaitu Masjid Muhammad Cheng Ho yang terletak di Jalan Hayam Wuruk tepat berada di belakang Trans Mart Jember.

Bentuk arsitektur masjid ini berbeda dengan masjid pada umumnya yaitu seperti bangunan Tionghoa. Masjid ini terdiri dari dua bangunan, yang pertama bangunan masjid dan yang kedua bangunan menara tingkat lima.

Masjid ini didirikan oleh H. Lau San Chai dan diresmikan pada tahun 2015. Tempat ibadah ini selalu ramai dikunjungi dan juga menjadi salah satu tempat untuk wisata religi.

Selain untuk wisata religi, Masjid Muhammad Cheng Hoo ini juga mempunyai beberapa kegiatan rutin di antaranya Cheng Hoo mengaji yang rutin dilaksanakan pada hari Rabu, shalat subuh berjamaah setiap hari Minggu bersama pelajar SMA/SMK/MA se-Jember dan masih ada lagi kegiatan lainnya.

Jika kalian penasaran dengan masyarakat Pandhalungan serta Masjid dengan arsitektur Tionghoa tersebut, kalian bisa datang ke Jember lewat jalur darat maupun udara.

Nah, itulah tadi serangkaian artikel yang menjelaskan tentang Kota Jember. Semoga tulisan yang dikirimkan oleh Gita Welastiningtias ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Terimakasih,

0 Response to "Tentang Kota Jember "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel