Batikku Indonesia


Indonesia memiliki banyak sekali kebudayaan yang harus dilestarikan. Salah satunya adalah Batik. Kebudayaan berbentuk kain ini sudah sangat terkenal di dunia. Di era saat ini, sudah tak asing lagi bagi kita bangsa Indonesia dengan yang namanya Batik.

Indonesia sangat melestarikan batik, sebagai buktinya yaitu hampir semua sekolah yang berada di Indonesia mewajibkan satu atau dua hari bagi siswanya untuk memakai seragam batik. Tak hanya itu, para pegawai pun juga sering terlihat memakai seragam batik saat bekerja.

Batik berasal dari bahasa Jawa yaitu 'amba' yang berarti menulis dan 'tik 'yang berarti titik. Batik berasal dari beberapa daerah namun yang terkenal adalah batik dari Jawa. Beberapa daerah di Indonesia memiliki motif batik masing-masing dan tak sedikit pula motif-motif tersebut mengandung banyak makna.

Batik dibedakan menjadi dua yaitu batik tradisional dan batik modern. Batik tradisional dikerjakan dengan cara manual, membatik menggunakan tangan. Biasanya pembuatan batik tradisional memakan waktu lama dan sangatlah rumit. Oleh karena itu batik tradisional atau sering disebut juga dengan batik tulis ini memiliki harga dan estetika yang sangat tinggi.

Batik Modern adalah batik yang dikerjakan dengan waktu yang lebih singkat daripada batik tradisional. Batik modern dapat dibuat dengan menggunakan beberapa tekhnik seperti tekhnik cap dan printing. Biasanya batik modern sering kita jumpai di pasar-pasar dan juga toko-toko baju yang berada di wilayah Indonesia. Harga batik ini juga jauh lebih murah dibandingkan dengan batik tradisional.

Dari segi motif batik tradisional lebih terikat dengan aturan-aturan tertentu sesuai asal daerah sedangkan batik modern bersifat bebas dan abstrak mengikuti perkembangan zaman. Beberapa ciri khas yang dimiliki oleh batik-batik Indonesia antara lain Batik pekalongan yang bewarna cerah dan dipenuhi dengan motif titik dan garis.

Batik Solo cenderung bewarna cokelat juga bermotif geometris. Batik Jogja lebih banyak menggunakan warna putih, hitam, dan cokelat. Pengerjaanya juga secara tradisional dengan cara tulis tangan. Motif batik biasanya berupa tumbuhan, hewan, atau manusia.

Batik juga sangat terkenal di dunia. Banyak artis-asrtis luar negeri yang berlibur ke Indonesia, mereka pasti tidak akan melewatkan untuk memakai atau membeli sesuatu yang bertema batik. Beberapa dari mereka jiga berkomentar bahwa batik memiliki corak yang sangat khas.

Jika banyak orang dari berbagai negara sangat menyukai batik, maka kita sebagai warga negara Indonesia harus terus menjaga budaya ini dan terus menciptakan sesuatu yang baru baik berkaitan dengan batik maupun tidak yang dapat mengharumkan nama Indonesia di kaca internasional.


Itulah tadi serangkaian artikel yang menjelaskan tentang Batik Indonesia. Semoga tulisan yang dikirimkan oleh Qasna Alfiya ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Terimakasih,

4 Responses to "Batikku Indonesia"

  1. Artikel ini sangat bermanfaat sekali... Terimakasih 🙏

    BalasHapus
  2. Bagus sekali isinya, batik memang sangat mendunia.

    BalasHapus
  3. Kalo kata orang Solo batikku jati diriku!

    BalasHapus
  4. Tiga kali sekolah saya memakai batik, bahkan seragam kerja ibu saya hampir batik semua...

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel