Beautiful Malino

Setiap daerah di Sulawesi Selatan memiliki ciri khas yang menjadi daya tariknya masing-masing dalam bidang pariwisata. Jika Kota Makassar dikenal karena Pantai Losari dan Maros dikenal karena   bukit karst-nya yang eksotis, maka kabupaten Gowa dikenal masyarakat luas karena kota bunga Malino.

Malino terletak di kecamatan tinggimoncong, kabupaten gowa, Sulawesi selatan. Malino dikenal luas oleh masyarakat selain sebagai sebuah tempat dengan spot foto yang menarik, juga sebagai tempat dengan cuaca sejuk yang dapat memanjakan pengunjung.

Dalam rangka menarik wisatawan sekaligus sebagai promosi budaya kabupaten Gowa, maka pemerintah kabupaten setempat menggelar sebuah kegiatan tahunan yang disebut Beautiful Malino. Beautiful Malino pertama kali digelar oleh pemerintah kabupaten Gowa pada bulan Mei tahun 2017.

Beautiful Malino diadakan sekali dalam setahun sekitar bulan Mei hingga Juni (pada libur musim panas ). Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dua malam, biasanya dimulai dari hari Jum’at dan berakhir di hari Ahad.

Beautiful Malino adalah sebuah kegiatan  terdiri dari berbagai jenis program. Di dalam setiap  programnya masih banyak lagi sub-sub program, salah satunya adalah lomba.

Lomba yang ada pun terbilang cukup banyak, yakni lomba sepeda gunung atau yang lebih dikenal dengan sebutan mountain bike international, kemah musim panas atau summer camp, festival musik dan seni (music and art fest), lari lintas alam, karnaval budaya, lomba foto, pameran pembangunan, karnaval atau pasar malam, dan pertunjukan para artis papan atas dari Indonesia.

Program selanjutnya yaitu tempat untuk menginap seperti rumah sewa, dan Villa. selain itu, Malino juga memiliki Makanan khas daerah setempat.

Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Makanan ringan yang menjadi ciri khas kota bunga ini antara lain : tenteng yang terbuat dari gula merah dan kacang tanah, cucuru te’ne, waje beras, cendol malino,  dan dodol markisa.

Adapun makanan berat yang familiar antara lain : bassang malino. Pengunjung acara Beautiful Malino dari tahun ke tahun kian bertambah. Yang dari awalnya hanya sedikit sekarang menjadi bertambah banyak. Dan dampak dari hal tersebut menyebabkan jalan menuju hutan pinus menjadi sangat macet. Dan karena hal itu, para polsek Malino harus turun tangan untuk meredakan kemacetan.

Dihari pertama, Beautiful Malino melaksanakan beberapa program, seperti lomba,penginapan, dan penjual makanan atau minuman yang ada di sepanjang  jalana kota bunga, serta tidak lupa juga dengan festival pohon pinus yang selalu diadakan setiap malam di hari pertama Beautiful Malino.  Di hari kedua, Beatiful Malino mulai melaksanakan karnaval budaya.

Karnaval budaya adalah salah satu lomba yang menjadi daya tarik dari Beautiful Malino. Tapi bedanya karnaval budaya dengan lomba lain adalah karnaval budaya pesertanya hanya boleh diikuti para anggota dinas atau kepala dinass saja yang ada dalam lingkup pemerintah kabupaten Gowa. Pada  karnaval budaya ini setiap peserta menggunakan kendaraan  roda empat yang dihias sedemikian rupa dengan sangat kreatif sehingga menjadi kendaraan yang amat menarik.

Setiap peserta dari masing-masing dinas menggunakan pakaian khusus yang sudah mereka buat atau pakaian yang khusus untuk dinas mereka. Contohnya seperti tahun ini (2019), yaitu dinas sosial yang memakai tema tentang lebah, maka baju para anggotanya berwarna hitam kuning sesuai dengan warna lebahnya, dan memakai aksesoris yang berhubungan dengan lebah seperti bando berbentuk antena lebah dan sayap lebah. Serta mobilnya di cat sesuai warna lebahnya yaitu hitam kuning, dan dibagian atas mobilnya diberi bentuk  lebah raksasa yang terbuat dari gabus. Karnaval budaya dimulai dari sekitar jam dua belas siang  dan selesai 

Kurang lebih jam 5 sore. Setelah karnaval usai, acara Beautiful Malino akan menghadirkan para penyanyi papan atas Indonesia, salah satu contohnya seperti tahun lalu yaitu D’masiv dan Kotak.

Selain penampilan para penyanyi papan atas, ada juga penampilan dari para peserta yang mengikuti lomba music dan art fest.  Serta Beautiful Malino juga mengundang beberapa band indie lokal seperti Kapal Terbang, Senja Nada, dan masih banyak lagi. Di hari ketiga, diadakan lomba fotografer.

Lomba fotografer termasuk salahsatu lomba yang sangat digemari oleh semua kalangan umur, Mulai dari anak-anak sampai orang tua.  Lomba fotografer biasanya dimulai saat hari menjelang siang sampai sore, karena saat di pagi dan di malam hari suhu di hutan pinus bisa mencapai kurang lebih 15 derajat celcius, Spot foto malino juga terlihat lebih indah apabila di foto di siang atau sore hari. Ada berbagai spot foto di hutan pinus salahsa  tunya yaitu rumah terbalik, bunga matahari raksasa, sangkar burung raksasa, ayunan, sayap malaikat, halaman depan rumah, dan tulisan ‘I LOVE MALINO’. 


Selain spot foto, di hutan pinus juga ada berbagai kegiatan dan tempat  menarik lainnya, seperti menyusuri hutan pinus menggunakan kuda. Ada berbagai variasi jenis dan warna kuda disana, seperti ada kuda yang berwarna coklat, hitam, putih, atau berwarna campuran, salah satunya seperti berwarna hitam putih atau coklat putih. Ukurannya pun juga bermacam-macam, mulai dari ukuran kuda poni sampai kuda yang ukurannya melebihi tinggi badan orang dewasa. Untuk kamu yang ingin menaiki kuda cukup membayar Rp 20 ribu
Di sana juga terdapat berbagai jenis serangga, mulai dari serangga yang lucu sampai serangga yang sangat menggangu atau mungkin beberapanya ada yang berbahaya.  

Jadi, bagi kalian yang penasaran dan ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang kabupaten Gowa, khususnya Malino, maka sempatkanlah waktu kalian untuk mengunjungi kegiatan Beautiful Malino ini.

Selain akan mendapatkan hiburan menarik, kalian juga dapat menikmati berbagai jajanan enak dan tambahan informasi penting.

Nah, itulah tadi serangkain artikel yang telah dituliskan oleh Faiqah Al-Adawiyah Syamsuddin terkait dengan pengalamannya mengunjungi serta menikmati Beautiful Malino di Kabupaten Gowa. Semoga bermanfaat untuk pembaca semuanya. Trimakasih, 

72 Responses to "Beautiful Malino"

  1. Wahhh..... Gw baru tau ternyata malino pada punya spot foto yg bagus² 😁😁

    BalasHapus
  2. Malino jadi wisata andalan Gowa 😍

    BalasHapus
  3. Event yg bagus tapi tidak di barengi akses jalan yg bagus,

    BalasHapus
  4. Semoga ke depannya Malino bisa lebih baik lagi.

    BalasHapus
  5. Malino memang terbaik klo soal keindahan alamnya. Salah satu tempat wajib utk liburan pkoknyaa

    BalasHapus
  6. Wahh keren, bisa jadi destinasi liburan slnjut.y😁😁

    BalasHapus
  7. saya baru tau kalo Malino itu bagian dari kabupaten Gowa. padahal udah 3 kali ke sana. tapi kotanya emang indah, banyak Bunganya dan kebun.

    BalasHapus
  8. #Beautifullmalino. Kereeen.

    BalasHapus
  9. Malino adalah kota kebanggaan kab.Gowa dgn ciri khas berbagai tmpat wisatanya yg menarik wisatawan baik lokal maupun interlokal .

    BalasHapus
  10. Beautiful malino benar-benar beautiful πŸ˜€

    BalasHapus
  11. Semoga bisa menjadi destinasi wisata yg kereen dan go internasional.

    BalasHapus
  12. Mantap. Semoga semakin banyak inovasi destinasi wisata lainnya yang lahir di bumi malino.

    BalasHapus
  13. jadi pengen ke sana bareng keluarga 😊

    BalasHapus
  14. Salah satu tempat destinasi wisata yang menarik. Dan sangat berkesan bagi orang- orang yang pernah mengunjunginya.

    BalasHapus
  15. Beberapa kali rencana ke acaranya tapi batal karena ada urusan lain. Smg thn dpn bisa ikut beatiful malino

    BalasHapus
  16. Artikel yang sangat baik. Menambah pengetahuan baru tentang destinasi wisata di sulsel.

    BalasHapus
  17. Semoga bisa go internasional

    BalasHapus
  18. Malino tempat wisata terfavorit

    BalasHapus
  19. Artikel yang menarik, menambah informasi bagi para pembaca. Bisa jadi salah satu referensi liburan❣️πŸ€—

    BalasHapus
  20. Keren. Malino kota bunga recomended untuk liburan. Terimakasih artikelnya menarik, krna mnjelaskan rangkaian acara saat beatiful malino yg awalnya sya tdk😊

    BalasHapus
  21. Wah ternyata programnya keren2..semoga
    Tahun depan bisa ikut πŸ€—

    BalasHapus
  22. Saya pernah ikut ini. Bnyak spot foto bgs. Makanannya enak-enak

    BalasHapus
  23. Beautiful Malino, Beautiful Event, Beautiful Writing πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  24. Kan acaranya sudah lewat. Kalau ke Malino bulan Agustus bagaimana?

    BalasHapus
  25. Artikel yang bermanfaat. Menambah pengetahuan tentang wisata di Gowa

    BalasHapus
  26. Bermanfaat.. teruuss berkaryaa

    BalasHapus
  27. Pernah ke malino tapi tidak pernah ikut kegiatan ini. Jadi tertarik untuk ikut nanti

    BalasHapus
  28. Sangat menarik, artikel nya sangat membantu kita untuk mengingat indahnya kota yamg satu ini, sukses selalu!

    BalasHapus
  29. Mari kita mendukung dan mengsukseskan program pemerintah Kab. Gowa dalam Hal Budaya semoga beatiful malino tahun depan Lebih keren dan mendatangkan artis-artis ibukota dan menjadikan Malino Sebagai tujuan wisata ketika kita berkunjung ke Kab. Gowa. Gowa keren#Ayokemalino Jangki lupa ajak keluarga ta, sahabat,teman ta, sahabat ta dan Odo'-odo'ta

    BalasHapus
  30. Artikel yang bermanfaat

    BalasHapus
  31. Beautiful Malino tahun depan diadakan tanggal berapa?

    BalasHapus
  32. Artikelnya menarik... kapan2 saya akan k malino dr dr makassar

    BalasHapus
  33. Suka dengan Artikelnya... Beautiful Malino kereennn

    BalasHapus
  34. nice picture & wonderfull Article...

    BalasHapus
  35. Kereen... Artikel yang sangat bagus dalam membantu memperkenalkan dan mempromosikan malino kota bunga di kabupaten gowa. Sukses selalu buat penulis dan teruslah berkarya

    BalasHapus
  36. Good article...semoga bisa memperkenalkan malino sbg salah satu destinasi wisata yg patut diperhatikan di indonesia..sbg tambahan kota malino selain terkenl sbg kota bunga jg terkenal dgn tanaman hortikulturax

    BalasHapus
  37. Good article...semoga bisa memperkenalkan malino sbg salah satu destinasi wisata yg patut diperhatikan di indonesia..sbg tambahan kota malino selain terkenl sbg kota bunga jg terkenal dgn tanaman hortikulturax

    BalasHapus
  38. Good article...semoga bisa memperkenalkan malino sbg salah satu destinasi wisata yg patut diperhatikan di indonesia..sbg tambahan kota malino selain terkenl sbg kota bunga jg terkenal dgn tanaman hortikulturax

    BalasHapus
  39. Saya suka naik kuda kalau ke malino

    BalasHapus
  40. Mantap artikelnya. Di tunggu yah artikel-artikel selanjutnya....

    BalasHapus
  41. Moga malino semakin terkenal dan menjadi salah satu destinasi wisata alam skala nasional

    BalasHapus
  42. Nice beatiful malino.. Semoga menjadi agenda tahunan pemkab Gowa yg bisa memikat wisatawan lokal maupun wisatawan asing

    BalasHapus
  43. Semoga beautiful malino jadi event nasional
    Thanks admin artikelnya bermanfaat

    BalasHapus
  44. Semoga bisa menjadi destinasi pariwisata nasional

    BalasHapus
  45. Malino tempat yang keren, cocok untuk generasi milenial jaman now

    BalasHapus
  46. Artikel yg bagus, semoga utk acara ditahun- tahun berikutnya semakin semarak lagi dan lebih dikenal oleh masyarakat indonesia shgga dpt meningkatkan kunjungan wisatawan ke malino.

    BalasHapus
  47. Artikel yang bermanfaat ajak sanak saudara,keluarga sahabat untuk mengunjungi kota Bunga di Malino.

    BalasHapus
  48. Artikel yang bermanfaat ajak sanak saudara,keluarga sahabat untuk mengunjungi kota Bunga di Malino.

    BalasHapus
  49. Malino is beautiful city....

    BalasHapus
  50. Nice article,
    Semoga event ini bisa memikat wisatawan dalam Dan luar negeri.
    #rewakogowa
    #gowakeren

    BalasHapus
  51. Artikel yg sangat bagus, ,,membuat kita para pembaca seakan akan merasakan keindahan malino dr sprt yg penulis saksikan. Mmg setelah sekian tahun tdk pernah mengunjungu malino dan tdk pernah tahu dgn perkembangan malino melalui artikel ini sy pun baru tahu bahwa perkembangan malino sbg destinasi wisata Kab. Gowa sdh luar biasa bagusnya. Smg dgn adanya artikel ini dpt menambah referensi kita akan keindahan destinasi wisata Kab. Gowa. Teruslah berkarya dgn artikel2 selanjutnya. Maju terus Kab. Gowa, Ewako. ......

    BalasHapus
  52. Artikel yg sangat menarik .. sebagai ajang promosi memperkenalkan kota Malino yg ada dikab Gowa sebagai salah satu destinasi wisata yg TDK kalah dengan tempat lainnya..

    BalasHapus
  53. Wiih jadi pengen ke Malino lagi...dulu jaman kuliah belum begini...trima kasih infonya

    BalasHapus
  54. Gowa keren, smoga kedepannya lebih majub dan sukses.

    BalasHapus
  55. Ulasan yang lengkap..tidak sabar menunggu even tahun depan.

    BalasHapus
  56. Artikelx Sangat menarik..Malino kota bunga sangat menarik wisatawan luar makassar semoga bisa jadi tempat referensi buat liburan keluarga...

    BalasHapus
  57. Wah,😍😍😍,,tempatnya bagus.Tulisannya keren.

    BalasHapus
  58. Wah,😍😍😍,,tempatnya bagus.Tulisannya keren.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel