Si Bubbor Paddas yang Tak Pedas


Bubbor Paddas merupakan salah satu kuliner melayu Sambas. Kota Sambas merupakan ibu kota wilayah kabupaten Sambas, dan  berada dalam wilayah kecamatan Sambas. Kabupaten Sambas termasuk salah satu kabupaten yang berada di Kalimantan Barat , paling utara dari wilayah provinsi Kalimantan Barat yang menjadi daerah perbatasan negara dengan Malaysia (Serawak).

Bubbor Paddas sudah di kenal sejak ratusan tahun silam. Bubbor paddas memiliki rasa yang khas dan unik yang membuat rindu oleh penikmatnya. Bubbor Paddas sejak mulai dikenal sampai sekarang masih tetap disenangi dan diapresiasi secara baik oleh masyarakat melayu Sambas.

Sejarah Bubbor Paddas

Bila membicarakan tentang siapa penciptanya,laki-laki atau perempuan ,sejak tahun berapa mulai dikenalkan, hingga saat ini,belum ditemukan data yang akurat. Konon, sejak lama sekali, ratusan tahun silam, memang cerita dari mulut ke mulut dari tetua-tetua kampong berusia lanjut. Demikian pula mengenai cara memasaknya, dilakukan secara turun-temurun dari para leluhur kepada generasi penerusnya.

Namun ada riwayat lain yang menyebutkan bahwa bubbor paddas ini muncul karena pada zaman kerajaan sedang paceklik,kekurangan bahan pokok beras. Sehingga untuk mengakalinya agar beras tersebut dapat dibagi secara merata dan adil,beras tersebut di gongseng dengan rempah-rempah lalu ditumbuk menjadi tepung.

Setelah itu dicampur dengan berbagai macam sayur yang ada di sekitaran rumah,konon katanya sampai 40 jenis sayur yang dijadikan bahan Bubbor Paddas. Begitulah sejarah singkat Bubbor Paddas, dalam hubungan ini, Bubbor Paddas merupakan warisan budaya bernilai tinggi, sebagai identitas warisan budaya bernilai tinggi, sebagai identitas dan jati diri masyarakat penduduknya serta menjadi milik bersama pula.

Bubbor Paddas yang Tak Pedas

Bila kita membicarakan tentang rasa (manis,tawar,asin,pahit, dan lain-lain) dalam kuliner tradisi lainnya dirasakan ada rasa yang mendominasi muncul saat disantap. Bubbor artinya bubur ,dan Paddas artinya pedas, tetapi pada Bubbor Paddas kita sama sekali tidak menemukan/merasakan rasa “pedas” seperti pedas cabai,berarti bahwa kata Bubbor Paddas bukan bermakna Bubbor Paddas (bahasa melayu Sambas) bubur yang pedas.

Bahan-bahan Bubbor Paddas yang cukup banyak tersebut sama sekali tidak memakai cabai. Bubbor Paddas hanyalah sebuah nama yang diberikan kepadanya.

Bahan-bahan Bubbor Paddas

Bahan Bubbor Paddas Sambas,dapat dibagi menjadi dua ,yaitu :
Bahan utama yaitu tepung Bubbor Paddas dan air
Bahan Tambahan (pelengkap) terdiri dari : daun kesum,daun kunyit,daun pakis,daun katok, kecambah, kacang panjang, jagung, rebung batung atau rebung kelingkau atau rebung parring, cendawan hitam,ikan teri halus bisa juga dengan belulang sapi, ubi jalar,serai,lengkuas, lada putih, bawang merah, bawang putih,ketumbar, khusus daerah tertentu yaitu daerah simpang empat Kecamatan Tangaran sebagai daerah penghasil tebu telur maka “tebu telur” digunakan juga sebagai bahan pelengkap bubbor paddas dan lain-lain.

Cara Membuat Bubbor Paddas

1. Siapkan tepung Bubbor Paddas :

  • Beras secukupnya,di gongseng. Setelah berwarna kuning masukkan kelapa parut secukupnya.
  • Masukkan ketumbar seperlunya
  • Masukkan lada putih secukupnya.
  • Setelah semuanya berwarna coklat (matang), angkat dan dinginkan. Kemudian hasil gongsengan tadi digiling atau ditumbuk menjadi tepung.


2. Masak air kurang lebih 3 liter ke dalam panci. Sambil menunggu air mendidih siapkan bahan lainnya :

  • Belulang dipotong-potong sesuai selera, masukkan dalam panci. Daun kesum,daun katok,daun pakis iris iris tipis.
  • Rebung dipotong kecil,cendawan dipotong kecil
  • Ubi jalar dikupas ,dipotong dadu
  • Kacang panjang dipotong sesuai selera
  • Kecambah dibersihkan, akarnya dibuang


3. Setelah air mendidih, masukkan tepung bubbor paddas dan diaduk rata

  • Bahan berupa dedaunan dimasukkan ke dalam panci, diaduk-aduk.
  • Lengkuas ,irisan serai, beberapa suing bawang putih, ditumbuk lalu masukkan dalam panci.
  • Bawang merah dipotong tipis, lalu digoreng.


4. Masukkan semua bahan ke dalam panci. Demikian juga kacang tanah atau jagung yang sudah di pipil (sesuai selera)

- Terasi udang dibakar sebentar, lalu masukkan ke panci. Bubbor Paddas diaduk-aduk.
- Masukkan garam secukupnya
- Bila bubbor paddas kelihatan kental, tambahkan air seperlunya.

5. Bila seluruh bahan telah dimasukkan,tunggu bubbor sampai matang (masak).
6. Bubbor Paddas siap dihidangkan dengan bawang merah goreng.

Bubbor paddas saat ini
Pada saat ini, sekitar perode tahun enam puluhan menu Bubbor Paddas memiliki gaya baru,terutama pada bahan-bahan tambahannya. Di Sambas maupun Pontianak, yang biasa ditemukan terdapat tambahan bahan seperti wortel,gambas,ikan teri diganti dengan tulang sapi,kangkung, atau biasa ditambahkan sambal cabe maupun kecap.

Meskipun Bubbor paddas ini mengalami pembaharuan atau bisa disebut “Bubbor Paddas Kreasi”,namun cita rasa bubbor paddas dari daun kesum masih menjadi kekhassan bubbor Paddas.

Nah, demikian artikel yang menjelaskan tentang Bubbor Paddas. Semoga tulisan yang dikirimkan oleh Fitrie Aulia Meliny Nasution ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Terimakasih,

0 Response to "Si Bubbor Paddas yang Tak Pedas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel