Keanekaragaman Budaya Masyarakat Kuantan Singingi


Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Riau.Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat Kuansing menggunakan adat istiadat serta bahasa Melayu Rantau Kuantan, Kabupaten ini berada di bagian barat daya Provinsi Riau.

Kabupaten Kuansing disebut pula dengan Rantau Kuantan atau sebagai daerah perantauan orang-orang Minangkabau (Rantau nan Tigo Jurai). Corak utama Masyarakat Kuantan Singingi adalah Adat Persukuan yang di jadikan Landasan sebagai subsistem kehidupan sosial dalam penerapannya di berbagai aspek kehidupan sehari hari.

Suku-suku yang terdapat di Kabupaten Kuantan Singingi diantaranya adalah Suku Paliang, Suku Chaniago, Suku Patopang, Suku Melayu dan masih banyak lagi suku lainnya. Setiap Suku tersebut di pimpin oleh Pemangku Adat (Niniak Mamak) yang dijadikan sebagai Panutan dan Dambaan oleh Anak Kemenakan.

Budaya Kuantan Singingi dan contohnya

Perkembangan penduduk Kuantan Singingi ditandai dengan makin banyaknya etnis-etnis yang masuk seperti Minang, Jawa, Batak dan China. Para pendatang tersebut tinggal di daerah transmigrasi. secara perlahan menumbuhkan keberagaman budaya yang berkembang di Kabupaten Kuantan Singingi dengan masuknya etnis-etnis tersebut. Keanekaragaman Budaya Masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi adalah sebagai berikut:

Manuskrip

Manuskrip yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi yaitu Hikayat dan Kitab, diantaranya adalah Al-Quran Tulis Tangan (Muara Lembu), Kitab Dikir Kuantan Tengah, Kitab Burda Cirenti, dan Kitab Roda Benai.

Tradisi Lisan

Tradisi Lisan adalah Tuturan yang diwariskan secara turun-temurun oleh masyarakat. Diantara Tradisi Lisan yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi adalah Sejarah Lisan, Dongeng, Pantun, Cerita Rakyat, dan Senandung. Tradisi lisan tersebut diantaranya adalah Limuno, Lintah Jalang, Rimbo Rawang, Dayang Daifa, Ombak Nyalo Simutu Olang, Anak Durhaka, Mantera, Sijabang Bakakok, Gumantan, Gilo Lukah, Nandong, Hikayat Nabi, dan lain sebagainya.

Adat Istiadat

Adat istiadat yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi yaitu Adat istiadat yang berkaitan dengan lingkungan dan Adat istiadat yang berkaitan dengan sosial kemasyarakatan. Adat istiadat yang ada diKabupaten Kuantan Singingi diantaranya adalah Pantang Larang, Maala Loba, Mamucak Ikan Larangan, Batobo, Pemberian Gelar Kesukuan, basolang, dan Memindai Rumah.

Ritus

Ritus yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi diantaranya adalah Mandi Balimau, Mandiang Jalur, Menujuh Bulan, Tanggal Pusat, Merisik/Menyilau, Meminang/Mengantar Tando, Antar Belanjo, Malam Baianai, Meratus Hari, Semah Kampung, mamintak kayu jalur, Pawang jalur, Turun Keladang, dan lain sebagainya.

Pengetahuan Tradisional

Pengetahuan tradisional yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi diantaranya adalah Tenun, Tepak Sirih, Anyaman pandan Daun Rumbia, Parikek, Tuduang Saji, Anyaman Rotan, Atap Rumbia, Takualak Barenbai, Pakaian Silek, pakaian Kerimbo, Baju Adat Cirenti, Baju Adat Kuantan Hilir, Baju Adat Warnah Merah Dubalang, Pawang, ramuan Cekerau, Lomang, Otun Udang, Jidopue, Air Lundang, Sambal Karambie, Pongek Pantau,  Mancokou Ikan, baladang, Baladang Kasang, Merawang Ikan dan lain sebagainya.

Teknologi Tradisional

Teknologi tradisional yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi yaitu alam tangkap, arsitektur/ornamen, perkakas pertanian, alat transportasi, sistem irigasi, dan peralatan rumah tangga. Teknologi tradisional tersebut diantaranya adalah Lukah, Jalo, Jantang, Selembayung, Rumah Lontiok, Rumah Godang, Balai, Motif Lebah Begayut, Tajak, Kisaran Padi, Pisau Tuai, Ketam Kayu, Losuang, Sulo, Pompong, Kompang, Perahu Baganduang, Ompang, Tali Air, Setrika Baro, Ampai Kain, dan lain sebagainya.

Seni Musik

Seni Musik yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi yaitu seni musik, seni tari, seni rupa, seni sastra, seni teater, dan seni pertunjukkan. Kesenian tersebut diantaranya adalah Rarak Calempong, Rarak Godang, Gondang Silek, Saluang, Rarak, Batobo, Kayat Talam, Gendang Katubuang, Piul (Biola Randai), Gambang Kayu, Gambang Bambu, dan lain sebagainya.

Seni Tari

Seni Tari yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi yaitu Tari Persembahan, Tari Pacu Jalur, Tari Randai, Tari Bujang Gadis, Tari Menganyam, Tari Galang Bagandung, Tari Ratok Batang Kuantan, Tari Manyokok, Tari Manjomuar, Tari Manjairing, Tari Mandulang Ome, Tari Batobo, Tari Sayang Sasuku, dan lain sebagainya.

Bahasa

Bahasa daerah yang ada diKabupaten Kuantan Singingi adalah Bahasa Melayu Rantau Kuantan, Bahasa Minang, dan Bahasa Mondek. Dialek yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi diantaranya adalah Dialek Cerenti, Dialek Baserah, Dialek Teluk Kuantan, Dialek Lubuk Jambi, Dialek Lubuk Ambacang, Dialek Singingi dan Dialek Seberang Taluk.

Permainan Rakyat

Permainan rakyat yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi diantaranya adalah Pokpok Pisang, Gasing, Galah Panjang, Kaki Anggau, Kaki Tempurung, Main Kojai, Upih, Kacuke/Patok Lele, dan lain sebagainya.

Olahraga Tradisional

Olahraga tradisional yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi diantaranya adalah Pacu Jalur Tradisional, Sepak Rogo/Sepak Takraw, Silat/Pendekar, Pacu Jalur Mini, Pacu Sampan Muatan Lima Orang, dan Gola-gola.

Cagar Budaya

Cagar Budaya yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi diantaranya adalah Makam Keramat Ashar, Makam Perintis Kemerdekaan Umar Usman, Rumah Godang Datuak Juanso, Rumah Godang Datuak Sinaro Gadang, Mesjid Tua (Masjid Jami Koto Pangean), Kompleks Makam Ali Malana, Istana Koto Rajo, Rumah Olaysyah, Batu Ojuang (seberang taluk), Rumah Adat Koto, Tank Baja (Kompe Barangin, Cirenti), Pemakaman Suku Domo (Tanjung Pauh), Arca Lembu (Muara lembu), dan lain sebagainya.

Kearifan Lokal

Kabupaten Singingi juga mempunyai nilai-nilai luhur yang tumbuh di masyarakat yang berkaitan dengan lingkungan hidup. Nilai-nilai tersebut dikenal dengan kearifan lokal. Adapun kearifan lokal yang sampai hari bertahan sampai hari ini di Kabupaten Kuantan Singingi yaitu Hutan larangan dan Lubuk Larangan.

Hutan atau Rimbo Larangan yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi yaitu Hutan Teratak Air Hitam, Hutan Jake, Hutan Rawang Ronge, Hutan Kalimunyang, Hutan Gunung Melintang, Hutan Baluang, Hutan Bukit Marotang, Hutan Titian Toreh Sentajo, Hutan Pematang Pogal, Hutan  Pangkal Puyuh, Hutan Rimbo Kopuang, Hutan Rimbo Samak, Hutan Bukit Penarakan, dan lain sebagainya. Dan Lubuk Larangan yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi yaitu terdapat di Desa Pangkalan Indarung.

Itulah tulisan mengenai Budaya Kuantan Singingi yang ditulis oleh Rifki Zikrillah. Semoga bermanfaat bagi sahabat ilmu budaya sekalian. Terimakasih

0 Response to "Keanekaragaman Budaya Masyarakat Kuantan Singingi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel