Budaya Marga Batak


Marga batak adalah salah satu keunikan yang dimiliki mayarakat Indonesia. Marga batak dalam artian adalah tanda pengenal keluarga yang diberikan kepada anak turun menurun. Marga batak itu sendiri banyak kita jumpai di Tapanuli pulau Sumatera Utara.

Marga batak mempunyai banyak keunikan seperti upacara-upacara adat,bahasa,makana,lagu,tarian dan masih banyak lagi.marga batak juga menjalin keeratan dalam kelurga maupun masyrakat lain,dan dirangkum dalam proyek ini.

Marga batak melakuaan upacara-upacara unik contohnya: upacara aqiqah, upacara pernikahan dan upacara kematian. Jika  jika ada orang yang meninggal dunia akan dikubur biasa, berbeda dengan marga batak,yang memiliki tata cara yaitu melalui usia dan statusnya.

Contohnya jika yang meninggal adalah anak yang masih didalam kandungan belum mendapatkan tata cara adat.jika pernikahan biasanya marga bataka melakukan upacar bernama pemberian marga contoh:jika seorang anak laki-laki marga batak.

Tidak kalah unik dari upacara-upacaranya, tarian, lagu, makanan dan bahasanya juga unik mulai dari tari tor tor keunikan tari tot tor adalah  seseorang yang menari tor tor merekaakan akan memakai ulos dan tarian ini memili bnayak makna penting, lagu onang onang dan lagu sibukkua lagu sibukkua memiliki arti unik yitu menceritakan tentang buah salak, marga batak memiliki bahsa yang unik seperi tante di bahasa batak memiliki tiga bahasa aitu bou (untuk saudara perempuan ayaha),nantulan (istri sodara laki-laki ayah), nanguda (istri adik ayah).

Di marga batak lebih menginginkan anak laki-laki daripada perempuan dikarenakan jika anak laki-laki akan lebih muda untuk mawariskan marganya. Dimarga batak tidak diinzinkan untuk menikah denagan marga yang sama  walaupun beda Rahim.

Uniknya lagi jika kita mendapatkan orang bermarga batak dan kitajuga bermarga batak itu artinya kita adalah sepupu jauh orang itu walaupun kita tidak ada hubungan darah. Ada satu adat yang paling menarik pada marga ini jika ada upacara atau pesta bukan lelaki yang dilayani melainkan lelaki yang melayani tamu yang berada disana.

Bukan hanya di daerah tapanuli selatan saja yang ada bermarga batak tapi di daerah tapanuli tengah, dan tapanuli barat. beberapa contoh marga batak adalah siregar, harahap, nasution, dll.

Marga batak adalah marga yang menurut saya adalah marga yang memeliki keunikan sendiri dan berbeda dari yang lain, jadi kita selaku anak Indonesia harus melestarikan dan lebih banyak tahu tentang marga batak itu sendiri. Selain marga batak di Sumatera utara juga banyak tempat wisata yang unik dan bagus untuk kita nikmati bersama keluarga dan teman.

Itulah tadi serangkaian artikel yang menjelaskan tentang Budaya Marga Batak. Semoga tulisan yang dikirimkan oleh Putri Aulia Maylani Siregar ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Terimakasih,

3 Responses to "Budaya Marga Batak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel