Candi Agung Peninggalan Kerajaan Negaradipa

Indonesia memiliki begitu banyak kebudayaan di tiap-tiap daerahnya. Keberagaman budaya membuat Indonesia memiliki toleransi yang tinggi antar suku, ras, maupun agama. Banyak wisata budaya yang terdapat di Indonesia.

Salah satunya adalah tempat wisata yang berada di Pulau Kalimantan Selatan yaitu Candi Agung. Tempat wisata ini dipercaya memiliki kekuatan gaib. Benarkah begitu? Menurut cerita, Candi Agung Amuntai merupakan peningalan dari Kerajaan Nagaradipa yang dibangun oleh Empu Jatmika yang berasal dari Kerajaan Majapahit.

Kerajaan Hindu Negaradipa ini dipimpin oleh Pangeran Suryanata dan Putri Junjung Buih dengan kepala pemerintahan Patih Lambung Mangkurat.  Kerajaan tersebut merupakan cikal bakal dari Kerajaan Daha di Negara dan Kerajaan Banjar di Banjarmasin.

Candi Agung terletak di Desa Sungai Malang, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan. Candi Agung berdiri di persimpangan tiga daerah aliran sungai yaitu sungai Tabalong, Sungai Balangan, dan Sungai Negara.

Ukuran Candi Agung sendiri tidak terlalu besar, bangunannya pun lebih didominasi oleh batu dan kayu. Kalau dilihat sekilas mungkin batu yang digunakan terlihat seperti bata merah biasa, namun bila disentuh akan terasa perbedaannya.

 Batu yang terdapat di bangunan candi tersebut terasa lebih berat dan lebih kuat dari bata merah biasa. Diperkirakan Candi Agung sudah mencapai usia 740 tahun.  Kerajaan tersebut dikabarkan sudah punah.

Meskipun begitu, ada yang menyebutkan bahwa secara tak kasat mata atau astral kerajaan tersebut masih ada. Namun sudah berbeda alam, yaitu berada di alam gaib. Barang-barang peninggalan kerajaan yang ada di Candi Agung pun dipercaya bisa menjadi penghubung ke kerajaan yang berada di alam gaib tersebut.

Adapun tempat-tempat yang dipercaya memiliki suatu hal yang gaib yang terdapat di sekitar Candi Agung tersebut diantaranya Telaga Berdarah, Tempat Pertapaan Pangeran Suryanata, Tiang Mahligai, Tiang Sembilan, dan sebagainya.

Candi Agung merupakan tempat wisata sekaligus sebagai tempat ziarah karena terdapat makam kuno di dalam candi tersebut. Meskipun sekarang banyak dibangun tempat wisata seperti wahana bermain ataupun pusat perbelanjaan yang lebih menarik untuk dikunjungi, namun masih banyak masyarakat lokal maupun luar daerah yang berkunjung ke Candi Agung.

Banyak para wisatawan datang untuk berhajat dan mencari berkah di tempat tersebut. Meskipun demikian, para pengunjung juga tidak lupa untuk selalu bersyukur dan berdoa kepada Tuhan yang telah mengabulkan hajat-hajat mereka.

Sebagai warga negara sudah semestinya kita menjaga dan melestarikan kebudayaan yang berasal dari nenek moyang dari zaman dahulu. Dengan memperkenalkan kebudayaan yang kita miliki, maka kita juga melestarikan kebudayaan tersebut.

Berikut tadi serangkaian artikel yang menjelaskan tentang Candi Agung Kerajaan Negaradipa. Semoga tulisan yang dikirimkan oleh Resha Rowieni ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Terimakasih, Salam Budaya!

3 Responses to "Candi Agung Peninggalan Kerajaan Negaradipa "

  1. Waww artikelnya keren menarik dan bagus. 👏

    BalasHapus
  2. Dengan adanya artikel Candi Agung ini, dapat memberikan pengetahuan dan wawasan dalam sejarah Candi tersebut.

    BalasHapus
  3. MasyaAllah artikelny membantu sekali

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel