Danau Ranau Surga Tersembunyi di Bumi OKU Selatan


Indonesia sebuah negeri indah nan memepesona Maha Karya Sang Pencipta yang kayak akan kebudayaan dan keindahan alamnya. Indonesia memiliki destinasi yang tersebar disetiap sudutnya yang menjadi daya tarik untuk wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

Beragama kebudayaan tersebar di seluruh penjuru nusantara, karena sejatinya kebudayaan adalah nilai-nilai kedaerahan yang dikemas dalam berbagai bentuk. Ragam kebudayaan tersebut menjadi identitas masing-masing daerah yang hingga kini masih terjaga tradisi dan kelestariannya. Kebudayaan terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain rumah adat, upacara adat, seni rupa, seni tari, suku bangsa, senjata tradisional, dan bahasa daerah.

Selain kaya akan kebudayaan, Indonesia juga menjadi surga bagi penikmat keindahan alam, tiap sudutnya menyajikan panorama yang sayang untuk dilewatkan. Indonesia adalah negara kepulauan dengan laut terbesar di dunia, karena itulah Indonesia disebut sebagai negara maritim, tak heran jika Indonesia memiliki banyak pulau dan pantai dengan suguhan panorama yang istimewa.

Selain itu, Indonesia yang menjadi jalur pertemuan lempeng dunia yang dilintasi oleh dua jalur pegunungan (sirkum pasifik dan sirkum mediterania) menjadikan Indonesia memiliki banyak wilayah dataran tinggi dan gunung berapi, beberapa gunung masih aktif dan beberapa gunung sudah tidak aktif lagi.

Dataran tinggi dan gunung tersebut menjadi sebuah potensi yang menarik bagi pariwisata Indonesia, karena banyak wisata yang berhubungan dengan gunung dan dataran tinggi seperti air terjun, hutan, goa, dan lain-lain.

Kekayaan dan keindahan alam itu tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Salah satunya adalah di daerah Ogan Komering Ulu Selatan atau sering disebut OKU Selatan. Daerah ini memang belum terkenal seperti derah-daerah lain yang ada di Indonesia, bahkan mungkin ada yang belum mengetahui daerah ini.

OKU Selatan merupakan salah satu kabupaten yang berada di Palembang, Sumatera Selatan. Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran Kabupaten Ogan  Ulu yang diresmikan pada 16 Januari di Muara Dua, ibu kota kabupaten OKU Selatan.

Berbagai adat dan tradisi yang masih sangat kental menjadikan OKU Selatan patut disebut sebagai surga budaya yang tersembunyi, khususnya dalam bidang wisata budaya. Pakaian adat, tarian, bahasa, suku dan panorama keindahan alam menjadikan daerah ini sebagai salah satu objek wisata lokal daerah setempat.

Pusat dari wisata kebudayaan daerah OKU Selatan berada di daerah Ranau kecamatan Banding Agung. Serangkaian adat yang masih digunakan pada era global ini  menjadi suatu hal yang perlu disoroti. Seperti pada saat pernikahan, penyambutan hari-hari besar tradisional masyarakat setempat, penyambutan tamu terhormat yang disajikan dengan adat khas daerah OKU Selatan.

Sedangkan pesona alam yang terbentang cukup luas menjadikan masyarakat OKU Selatan khususnya di Ranau kecamatan Banding Agung menjadi lebih produktif. Yaitu dengan memanfaatkan kondisi ini sebagai acuan mata pencaharian tambahan selain mata pencaharian utama.

Objek wisata yang paling terkenal di OKU Selatan adalah Danau Ranau yang merupakan wisata tervavorit masyarakat setempat maupun masyarakat luar daerah. Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba.

Danau ini terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Provinsi Sumatera Selatan. Danau ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung merapi yang membuat cekungan besar. Danau ini terletak pada koordinat 4°51′45″LS,103°55′50″ BT.

Sedangkan secara geografis topografi Danau Ranau adalah perbukitan yang berlembah, hal ini menjadikan Danau Ranau memiliki cuaca yang sejuk. Berbagai objek wisata yang tersedia dan bersumber dari Danau Ranau ini seperti wisata tempat pemandian, objek wisata pusri yang menyuguhkan langsung pemandangan indah Danau Ranau, Pantai  Pelangi, Pantai Bidadari dan masih banyak objek wisata lainnya.

Danau Ranau ini dikelilingi oleh Bukit Barisan yang dilengkapi dengan pemandangan gunung Seminung yang memiliki ketinggian 1880 meter di atas permukaan laut. Pemandangan pun menjadi semakin lengkap dengan bentangan sawah yang luas. Kondisi ini membawa keuntungan bagi masyarakat sekitar sebagai sumber mata pencaharian yaitu dalam bidang pariwisata dan pemanfaatan alam sekitar.

Masyarakat biasanya menjual oleh-oleh atau souvenir yang memiliki khas dari daerah  Danau Ranau ini seperti kaos, gantungan kunci, makanan, dan buah-buahan. Selain itu masyarakat setempat juga memanfaatkan danau ini untuk diambil hasil ikannya seperti ikan mujair, kepor, palau, kepiat, semah dan harongan yang biasanya dijual kembali untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
 
Dari ibu kota Palembang diperlukan waktu 9 jam perjalanan untuk menuju ke Danau Ranau. Ditengah lokasi Danau Ranau terdapat pulau kecil yang bernama Pulau Marisa dimana pulau ini menjadi sumber mata air panas yang menyehatkan yang biasanya banyak dikunjungi masyarakat sebagai sarana pemandian untuk mengobati berbagai penyakit kulit.

Masyarakat sekitar kecamatan Banding Agung ini selalu dan baru saja mengadakan acara tahunan yaitu Festival Danau Ranau yang diselenggarakan oleh masyarakat dan pemerintah setempat. Berbagai kegiatan khas dari kabupaten OKU Selatan di tampilkan dan dilombakan seperti pakaian adat daerah lokal, lagu-lagu daerah, dan tarian-tarian daerah setempat.

Disamping pelestarian adat-adat yang sangat kental,  juga dilakukan perawatan dan penjagaan area wisata Danau Ranau ini. Beberapa waktu lalu bahkan ada yang mengatakan bahwa wisatawan luar daerah atau mancanegara enggan datang untuk menikmati keindahan dan pesona Danau Ranau ini dikarenakan kurangnya perawatan dan perhatian dari pemerintah setempat dari segi fasilitas.

Namun sekarang kondisi Danau Ranau sebagai pusat Objek Wisata menjadi sangat lebih baik karena pemerintah memberikan perhatian terhadap kondisi Danau Ranau ini khususnya Bupati OKU Selatan. Beberapa hal yang sudah dilakukan seperti menambah beberapa tempat wisata baru yang berlokasi di sekitar Danau Ranau. Juga penambahan berbagai fasilitas untuk menunjang kemajuan dibidang Pariwisata di Kabupaten OKU Selatan ini.

Tetapi yang tidak kalah penting adalah bagaimana kita tetap menjaga kelestarian alam tersebut agar selalu terjaga keindahan dan pesona alamnya. Masyarakat dan Generasi Muda Milenial yang ada di Kabupaten OKU Selatan harus ikut serta dalam hal itu, salah satu caranya adalah dengan memperkenalkan berbagai Objek Wisata dengan masyarakat luar daerah OKU Selatan ini.

Saya sebagai puteri dari daerah bumi OKU Selatan hingga saat ini berusaha untuk selalu menjaga dan melestarikan Danau Ranau serta memperkenalkan berbagai Objek Wisata yang tidak kalahn indahnya dengan pulau-pulai dari daerah lain.

Daftar Pustaka

  • wikipedia.org/wiki/Danau_Ranau

 
Demikian serangkaian artikel yang menjelaskan tentang Danau Ranau. Semoga tulisan yang dikirimkan oleh Dina Sonia dapat memberi wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Terimakasih,

0 Response to "Danau Ranau Surga Tersembunyi di Bumi OKU Selatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel