Destinasi Wisata Budaya Indonesia



Indonesia merupakan suatu negara yang terdiri dari ribuan pulau dengan beragam kebudayaan. Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas daerah dan wisata alam yang berbeda-beda. Keasrian alam Indonesia mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. 

Wisata budaya merupakan salah satu kegiatan pariwisata dengan menggunakan kebudayaan sebagai objeknya seperti tempat bersejarah, bangunan dengan arsitektur yang unik, serta tari-tarian yang kahs dari setiap daerah. Yuk, kita simak destinasi wisata budaya di Indonesia.

Candi Borobudur

Candi borobudur merupakan salah satu candi bersejarah di Indonesia. Candi borodur yang terletak di Desa Borobudur, Magelang, Jawa Tengah ini merupakan sebuah candi Buddha dan monumen Buddha terbesar di Indonesia. Candi berbentuk stupa ini dibangun oleh para penganut agama Buddha pada abad ke-8 masehi. 

Borobudur merupakan mahakarya seni rupa Buddha Indonesia dengan keselarasan teknik arsitek dan estetika seni yang menarik. Di Candi Borobudur kamu dapat menyaksikan unsur lokal megalitik punden berundak dari prasejarab Indonesia.  Candi Borobudur juga masih digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan terutama dalam memperingati hari Trisuci, Waisak.

Candi Prambanan

Candi prambanan atau yang biasa disebut sebagai Candi Roro Jonggrang adalah sebuah destinasi wisata Indonesia yang di bangun pada abad ke-9 masehi. Candi yang terletak di kecamatan Prambanan, Klaten ini merupakan destinasi budaya yang populer di Klaten dan Yogyakarta. 

Candi ini juga didaulat sebagai candi termegah se-Asia Tenggara sehingga menjadikan Candi Prambanan sebagai tempat wisata paling populer bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pa’gellu’

Nah, selain tempat bersejarah yang ada di Indonesia, ada juga tarian khas dari Indonesia yaitu Pa’gellu’. Pa’gellu’ merupakan suatu tarian ada dari Toraja, Sulawesi Selatan. Selain wisata alam dan budaya Toraja juga terkenal dengan tariannya yaitu Pa’gellu’. 

Pa’gellu’ ini merupakan tarian yang digunakan masyarakat Toraja dalam acara syukuran ataupun pernikahan. Biasanya Pa’gellu’ ini terdiri atas 3 sampai 5 orang penari dan 2 pa’gandang (yang memainkan gendang) dan juga biasanya mereka di toding ( istilah toraja yang artinya di sawer). 

Nah, itu hanya beberapa dari wisata budaya  yang ada di Indonesia, masih banyak lagI wisata budaya lainnya dari berbagai daerah yang lainnya. Jika penasaran mari berkunjung ke Indonesia dan menikmati wisata alam dan budaya-budaya Indonesia yang sangat menarik. 

Demikian tadi serangkaian artikel yang menjelaskan tentang Wisata Budaya. Semoga tulisan yang dikirimkan oleh Cantika ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Terimakasih,

0 Response to "Destinasi Wisata Budaya Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel