Indahnya Sumatera Selatan

Setiap daerah di dunia khususnya di Indonesia tentunya memiliki budayanya masing-masing. Hal ini dikarenakan budaya merupakan suatu identitas setiap daerah atau dapat dikatakan sebagai ciri khas daerah tersebut.

Budaya tidak hanya tentang seni musik, seni tari, tetapi juga dapat mencakup ke berbagai aspek seperti pakaian, senjata khas, makanan khas, dan kegiatan khas yang ada di suatu daerah. Di artikel ini, saya akan membahas mengenai budaya yang ada di Sumatera Selatan.

Provinsi dengan luas 91.152 km2 ini memiliki beberapa kabupaten serta banyak desa atau dusun di dalamnya yang tentunya setiap atau beberapa desa memiliki kebudayaan yang hampir sama atau bahkan sama. Sehingga di Sumatera Selatan itu sendiri memiliki banyak sekali kebudayaan yang dapat menarik minat wisatawan untuk mengunjungi Sumatera Selatan.

Selain budaya yang cukup menarik, Sumatera Selatan memiliki objek wisata yang cukup indah untuk dikunjungi, misalnya Gunung Dempo di Pagaralam, air terjun Bedegung di Muara Enim, Jakabaring Sport City, Kambang Iwak, beberapa mall di kota Palembang, masjid Agung Palembang, Benteng Kuto Besak, Kampung Arab, masjid Cheng Ho, Pulau kemaro, dan lain-lain.

Sedangkan budaya yang dapat disaksikan atau digunakan oleh wisatawan di Sumatera selatan adalah songket Palembang, Tari Gending Sriwijaya, Tari Tanggai, pemberian gelar pada suatu pasangan baru sesuai dengan desa nya masing-masing, Rumah Limas, Pempek Palembang, bahasa daerah, dan beberapa lagu daerah yang masih dapat didengarkan di Sumatera Selatan.

Namun meskipun Sumatera Selatan memiliki budaya dan tempat wisata yang cukup banyak, ada budaya yang ada dari jaman dahulu itu hampir hilang atau bahkan sudah hilang, sehingga seiring berjalannya waktu, kebudayaan yang seharusnya itu dilestarikan, akan lama-lama hilang.

Beberapa contoh kebudayaan yang hampir punah di Sumatera Selatan yaitu Ngobeng, Tari Kebagh, Tari Silampari, Tikar Purun Pedamaran, dan lain-lain. Padahal hal tersebut seharusnya dilestarikan sehingga anak cucu kita mampu menyaksikan atau bahkan melakukannya.

Walaupun masih ada budaya yang hingga saat ini dapat disaksikan, dengan berkurangnya budaya yang ada tentunya juga dapat menodai nama baik daerah itu sendiri, khususnya Sumatera Selatan. Hal tersebut dapat disebabkan oleh masuknya budaya dari luar daerah Sumatera Selatan yang lama-lama semakin menjadi-jadi sehingga budaya asli Sumatera Selatan itu menjadi terkikis bahkan dapat punah.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah punahnya kebudayaan asli tanpa membatasi budaya dari luar yang masuk, misalnya memberikan sosialisasi mengenai pentingnya menjaga budaya asli karena budaya asli itulah yang menjadi identitas daerah itu sendiri.

Selain itu, setiap individu yang ada di Sumatera Selatan khususnya, menanamkan pemikiran untuk tetap menerima budaya luar yang masuk, namun tetap memprioritaskan budaya asli yang telah ada dari jaman dahulu, sehingga budaya asli tersebut tidak akan terkikis oleh adanya kebudayaan dari luar yang masuk.

Nah, itulah tadi serangkaian artikel yang menjelaskan tentang Budaya Sumatera Selatan. Semoga tulisan yang dikirimkan oleh Jaka Naufal Semendawai ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Terimakasih,

0 Response to "Indahnya Sumatera Selatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel