JFC VILLAGE Sebagai Destinasi Wisata Baru Guna Memperkenalkan Ragam Kebudayaan Yang Ada di Indonesia

Ragam kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia merupakan daya tarik yang potensial untuk mengangkat destinasi wisata budaya di sebuah daerah. Apalagi setiap daerah di Indonesia memiliki kehkasan atau keunikan masing-masing yang menunjukkan identitas dari daerah tersebut sehingga potensi yang dimiliki pun semakin besar.

Berdasarkan laporan Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya, Ditjen Kebudayaan (Kemendikbud), sejak 2009 hingga 2017, totalnya ada 7.241 karya budaya yang tercatat dan ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda di Indonesia. Bahkan dari total jumlah tersebut masih berpotensi untuk bertambah setiap tahunnya.

Dari banyaknya ragam kebudayaan yang ada di Indonesia tersebut, salah satu yang sudah banyak di kenal masyarakat bahkan sampai di dunia Internasional adalah Jember Fashion Carnaval (JFC). Jember Fashion Carnaval atau yang biasa disingkat dengan nama JFC adalah suatu even karnaaval busana yang dilaksanakan di kabupaten Jember setiap tahunnya.

Dalam setiap pelaksanaannya, JFC selalu mendapat sorotan di berbagai media bahkan sampai dengan media internasional. Keunikan dari setiap keberagaman budaya inilah yang kemudian menjadi daya tarik masyarakat mancanegara untuk datang langsung untuk menonton kemegahan pagelaran JFC.

Berbagai macam busana atau kostum yang ditampilkan dalam pagelaran JFC merupakan adopsi dari keberagaman budaya di Indonesia. Setiap busana mewakilkan kebudayaan dari suatu daerah yang sangat khas dan unik.

Desain dari busana yang ditampilkan pun dikemas dengan lebih modern sehingga terlihat lebih elegan. Tampilan yang lebih modern inilah yang kemudian mendatangkan daya tarik dari masyarakat. Hal inilah yang kemudian dapat dijadikan sebagai sarana bagi setiap daerah untuk memperkenalkan kebudayaannya yang dikemas dalam bentuk peragaan busana.

JFC Village memiliki konsep berupa sebuah kampung yang di dalamnya terdapat pameran-pameran busana hasil dari digelarnya JFC setiap tahunnya dan dengan berbagai inovasi ragam kebudayaan yang ada di Indonesia.Dalam hal ini nantinya JFC Village diharap mampu untuk menjadi destinasi wisata baru yang berpotensi tinggi sebagai sarana memperkenalkan Indonesia melalui keragaman budayanya di tingkat internasional.

Itulah tadi serangkain artikel yang sudah diulas oleh Ahmad Rifki Hardiansyah terkait dengan Jember Fashion Carnaval (JFC). Semoga bermanfaat bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

0 Response to "JFC VILLAGE Sebagai Destinasi Wisata Baru Guna Memperkenalkan Ragam Kebudayaan Yang Ada di Indonesia "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel