Keindahan Alunan Harmoni Nada Angklung di Saung Angklung Udjo Bandung



Angklung

Angklung merupakan salah satu alat musik kebudayaan masyarakat sunda yang terbuat dari potongan bambu. Bentuk Angklung terdiri dari dalam berbagai ukuran sesuai dengan kebutuhan nada tinggi yang dihasilkannya.

Alat musik tradisional ini dimainkan dengan cara digoyangkan atau digetarkan.
Alat musik tradisonal ini menjadi salah satu alat musik kebanggaan masyarakat Jawa Barat. Bahkan, UNESCO mengakui bahwa angklung ini merupakan salah satu warisan kebudayaan dunia.

Saung Angklung Udjo Bandung

Saung Angklung Udjo adalah salah satu tujuan wisata budaya dan edukasi di Bandung, Jawa Barat. Saung Angklung Udjo ini menjadi tempat yang paling tepat jika kita ingin mengenal alat musik tradisional angklung ini, karena di Saung Angklung Udjo ini terdapat arena pertunjukkan angklung, pusat kerajinan bambu, terutama kerajinan angklung serta workshop untuk kerajinan dari bambu.

Angklung Orkestra

Saung Angklung Udjo mengenalkan angklung dengan cara yang dapat membuat orang jatuh cinta dengan salah satu warisan kebudayaan dunia ini. Tidak hanya mengenal lebih dekat tentang angklung ini, tapi para wisatawan juga dapat menjadi salah satu bagian dalam pertunjukkan angklung orkestra.

Masing-masing wisatawan mendapatkan satu angklung untuk dimainkan. Penyelenggara pertunjukkan angklung memberikan instruksi kepada para wisatawan tentang cara memegang alat musik angklung ini, cara menggunakannya, serta kode gerakan tangan untuk setiap angklung.

Angklung sendiri terdiri dari berbagai ukuran, sesuai dengan nada yang dihasilkannya, sehingga setiap wisatawan akan memainkan angklungnya sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh penyelenggara.

Layaknya pertunjukkan orkestra, masing-masing wisatawan yang memegang angklung mengikuti arahan dari konduktor pertunjukkan tersebut. Ketika pertunjukkan angklung orkestra ini dimulai, suara merdu dan khas yang dihasilkan dari angklung ini akan membuat jatuh cinta siapa saja yang mendengarkannya.

Kekompakkan dari setiap pemain angklung dalam memadukan nada-nada yang dihasilkan dari berbagai bentuk angklung yang ada, akan menghasilkan harmoni musik yang indah layaknya pertunjukkan dalam sebuah orkestra.

Wisatawan akan hanyut dalam keindahan nada yang dihasilkan dari angklung orkestra ini dan memahami kenapa dunia mengakui alat musik tradisional angklung ini menjadi salah satu warisan kebudayaan dunia.

Selain pertunjukkan angklung, saung udjo juga menampilkan pertunjukkan budaya masyarakat sunda lainnya seperti tarian tradisional dan wayang golek.

Untuk itu, Saung Angklung Udjo menjadi salah satu tujuan tempat wisata yang tepat jika kita ingin mengetahui keindahan dari salah satu alat musik kebudayaan masyarakat Sunda ini. Saung Udjo akan membawa kita mengenal lebih dekat kebudayaan sunda dengan diiringi alunan musik Angklung yang harmonis.

Nah, itulah tadi serangkaian artikel yang menjelaskan tentang Angklung di Saung Angklung Udjo Bandung. Semoga tulisan yang dikirimkan oleh Annisa Tahira ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Terimakasih,

0 Response to "Keindahan Alunan Harmoni Nada Angklung di Saung Angklung Udjo Bandung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel