Gurihnya Ketupat Kandangan, Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Selalu Bikin Ketagihan



Kalimantan Selatan, sebuah provinsi yang terletak tepat di Selatan pulau terbesar nomor 3 di dunia, yaitu Pulau Kalimantan. Jumlah penduduk di Provinsi Kalimantan Selatan mencapai 4,2 juta orang, yang terbagi dalam 11 kabupaten dan 2 kota yang masing-masing diantaranya memiliki kekhasan masing-masing.

Salah satu daerah di Kalimantan Selatan yang paling terkenal akan kekhasannya adalah Kandangan,  sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Lokasinya terletak tepat di samping sungai Amandit
.
Bagi orang yang pernah mengunjungi Kalimantan Selatan, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Kandangan. Karena hampir di semua daerah di Kalimantan Selatan, ada satu makanan khas asal Kandangan yang sangat-sangat terkenal, yaitu Ketupat Kandangan.

Makanan ini bisa Anda temukan di berbagai daerah di Kalimantan Selatan. Itulah mengapa Ketupat Kandangan bisa juga dibilang sebagai ikon kuliner dari Kalimantan Selatan.

Tampilan Saat Memesan Ketupat Kandangan
Jika Anda memesan satu porsi Ketupat Kandangan, Anda tidak akan menemukan sesuatu yang spesial jika hanya melihat dari bentuk makanan ini secara fisik. Karena tampilan dari Ketupat Kandangan sendiri bisa dibilang sangat sederhana, ditambah warnanya yang tidak terlalu mencolok, membuat Ketupat Kandangan tidak terlalu menarik bagi orang-orang yang lebih menyukai makanan yang dihiasi plating yang ciamik. 

Dalam satu porsi Ketupat Kandangan, Anda hanya akan mendapatkan beberapa potong ketupat, satu hingga dua potong daging ikan haruan (ikan gabus), dan kuah yang berwarna kuning tua. Di beberapa rumah makan Ketupat Kandangan biasanya juga ditambahkan ekstra bawang goreng di atasnya.
Apa yang Istimewa dari Ketupat Kandangan?

Yang istimewa dari Ketupat Kandangan bukanlah tampilannya, tapi cita rasanya yang berbeda dari sajian ketupat lain. Saat Anda menggigit daging ikan haruan (ikan gabus), anda akan menemukan sensasi daging ikan bakar atau ikan asap yang memiliki aroma khas. Ditambah rasa gurih dari kuah santan yang sudah dicampur dengan rempah-rempah alami dari tanah Indonesia membuat sajian ini sangat istimewa saat dinikmati.

Lalu saat Anda memotong ketupat, jangan heran apabila ketupat yang anda potong menjadi hancur dan menghasilkan potongan yang tidak rapi. Itu terjadi karena memang beras yang digunakan untuk membuat ketupat pada Ketupat Kandangan berbeda dari beras  lain, yang biasanya menghasilkan tekstur padat saat dimakan.

Jika anda menyatukan ikan haruan, ketupat, dan kuahnya dalam satu suapan, dijamin Anda akan ketagihan untuk terus menyantap makanan gurih ini hingga puas.

Alasan Dipilihnya Ikan Gabus dan Beras yang Teksturnya Terpisah

Di Kalimantan Selatan sendiri, ikan haruan atau ikan gabus sangat mudah ditemui, dan harganya relatif terjangkau. Selain karena mudah dicari dan harganya yang terjangkau. Ikan gabus juga memiliki tekstur yang lembut sehingga membuat bumbu dari kuah Ketupat kandangan lebih mudah meresap ke dalam daging ikan.

Lalu alasan dari dipilihnya beras yang terpisah adalah karena beras dengan tekstur seperti ini lebih mudah menyerap kuah, sehingga ketupat akan terasa sangat berbumbu dan gurih. Selain itu, beras yang terpisah  juga sangat mudah ditemukan di Kalimantan Selatan, karena memang kebanyakan masyarakatnya menyukai nasi yang teksturnya kering dan terpisah, bukan yang pulen.

Bagaimana Kalau Tidak Suka Ikan Gabus?

Anda tidak suka ikan gabus, tapi tetap ingin mencoba cita rasa dari Ketupat Kandangan? Jangan khawatir, karena Anda bisa memilih lauk lain seperti telur, ikan patin, dan lauk lainnya yang tersedia di rumah makan Ketupat Kandangan. Namun tentu saja untuk rasa, Ketupat Kandangan dengan ikan gabus bakar/asap tetap menjadi ciri khas dari Ketupat Kandangan itu sendiri.

Selain ikan gabusnya, ada satu hal unik yang mungkin bisa kamu temukan saat menyantap Ketupat Kandangan di rumah makannya langsung. Yaitu orang-orang yang menggunakan tangan untuk menyuap hidangan gurih ini masuk ke dalam mulutnya.

Jika baru melihat hal seperti ini, tentu rasanya sangat aneh, mengingat Ketupat kandangan yang berkuah namun dimakan menggunakan tangan langsung tanpa bantuan sendok. Tapi katanya, makan Ketupat Kandangan menggunakan tangan itu lebih nikmat, jadi tidak ada salahnya untuk kamu mencoba menyantap satu porsi Ketupat Kandangan dengan tangan kosong.

Akhir Kata

Nah, itu dia ulasan mengenai Ketupat Kandangan karya Muhammad Permana Asqar, sebuah makanan khas asal Kandangan, Kalimantan Selatan ini wajib sekali Anda coba saat berkunjung ke Kalimantan Selatan. Jangan sampai Anda menyesal karena tidak bisa mencoba Ketupat Kandangan yang memiliki tekstur lembut dan rasa yang gurih karena bumbunya yang meresap sampai ke dalam. 

Penasaran kan sama rasa Ketupat Kandangan? Yuk makanya, mari datang ke Kalimantan Selatan. Karena bukan hanya Ketupat Kandangan saja yang akan kamu temukan, tapi masih banyak lagi hal-hal unik yang tidak akan kamu temukan di tempat lain, dan tentunya hanya ada di Kalimantan Saja.

0 Response to "Gurihnya Ketupat Kandangan, Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Selalu Bikin Ketagihan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel