Sekali Teguk, Dua Tiga Rasa Terlampaui


Sudah dari jaman dulu, bahwa Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki keberagaman baik suku, budaya, adat istiadat sampai makanan khas yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Selain itu, Indonesia juga terkenal memiliki tanah yang subur dan menghasilkan berbagai komoditas baik dari sektor pertanian maupun perkebunan.

Kopi merupakan salah satu komoditas dari sektor perkebunan yang memiliki tingkat daya saing yang tinggi. Di Indonesia sendiri banyak daerah penghasil kopi, salah satunya yaitu Daerah Temanggung, Jawa Tengah.

Walaupun kopi bukan menjadi komoditas utama daerah ini, tetapi kualitas kopi yang dihasilkan dari daerah ini tidak kalah dengan daerah penghasil kopi lainnya. Salah satu produk olahan kopi yang ada di daerah ini yaitu Kopi Mukidi.

Kopi Mukidi ini telah ada sejak 2001 dan menjadi salah satu produk khas Di - Temanggung. Yang membuat kopi ini khas adalah cita rasanya yang berbeda dengan kopi-kopi yang ada diluar sana. Pada Kopi Mukidi ini anda akan menemukan cita rasa kopi arabika yang bercampur dengan aroma tembakau yang merupakan komoditas utama di daerah ini.

Aroma tembakau ini dihasilkan karena kopi ditanam berdampingan dengan tembakau sehingga kopi yang notabene bisa menyerap aroma menjadi beraroma tembakau. Selain itu, anda juga akan merasakan sensasi minum kopi ditemani oleh pemandangan dua gunung yang menjulang tinggi yaitu Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro ketika anda menikmati kopi mukidi ini di Rumah Kopi Mukidi yang terletak di Dusun Jambon Desa Kandangan, Temanggung karena daerah ini memang berada diantara dua gunung tersebut.


 Rumah Kopi Mukidi yang terletak diantara Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro

Selain minum kopi, dirumah kopi mukidi ini kita juga bisa belajar cara dari membudidaya tanaman kopi sampai mengolah biji kopi menjadi kopi yang siap untuk diminum yang akan langsung dibimbing oleh Pak Mukidi sendiri.

Tempat ini akan sangat cocok untuk anak-anak di era milenial seperti sekarang ini karena banyak sekali generasi muda saat ini yang kurang berminat untuk belajar di bidang pertanian khususnya di bidang perkebunan, padahal dari sektor-sektor perkebunan inilah akan menghasilkan banyak wirausahawan baru seperti Pak - Mukidi yang secara otomatis akan meningkatkan peluang kerja yang secara otomatis pula akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut.

Demikian tadi adalah artike yang ditulis oleh Amita Ruli Setyawati mengenai Kopi Mukidi Temanggung. Semoga ini menjadi referensi bagi sahabat yang ingin berlibur ke Temanggung


0 Response to "Sekali Teguk, Dua Tiga Rasa Terlampaui "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel