Kota Mangga



Foto Bundaran Bangga

Apa itu kota mangga?
Kota mangga adalah sebuah julukan yang diberikan kepada suatu kota kecil yang terletak di Indonesia Provinsi Jawa Barat Kabupaten Indramayu. YA! Indramayu merupakan suatu kota kecil yang sangat terkenal dengan mangganya loh! Karena memang Indramayu memiliki berbagai macam varian mangga yang tidak dimiliki oleh kota-kota lainnya.

Biasanya kota Indramayu akan kedatangan panen buah mangga terlebih dahulu sebelum kota-kota lain. Jadi, Indramayu pun menjadi andil terbesar terhadap hasil panen buah mangga.

Tahukah kalian sejarah kota Indramayu?

Foto Raden Arya Wiralodra

Sebenarnya sejarah unik Indramayu terletak pada namanya yang sangat filosofis. Dipercayai masyarakat Indramayu, dahulu terdapat seorang yang bernama Raden Arya Wiralodra bertekad untuk mendirikan sebuah negara.

Tujuannya untuk mendirikan sebuah negara tentu tidak mudah ia harus melewati segala tantangan diperjalanan dari Bagelen Jawa Tengah menuju kali Cimanuk Indramayu Jawa Barat dan ia berhasil mengalahkan berbagai halangan yang berusaha membuatnya gagal dalam tujuannya hingga akhirnya Raden Arya Wiralodra bertemu dengan seorang perempuan yang sangat cantik jelita bernama Darma Ayu.

Raden Arya Wiralodra sangat mencintai Darma Ayu dan sangat terpesona dengan paras cantiknya. Suatu pagi, Darma Ayu pergi untuk membersihkan diri di sungai. Tetapi ketika Raden Wiralodra melihatnya Darma Ayu menghilang seperti melarikan diri dari Raden Arya Wiralodra.

Sejak itu Raden Wiralodra merasakan hal yang menyedihkan yang paling terdalam. Raden Arya Wiralodra selalu teringat wajah cantik dari Darma Ayu. Sehingga saat Indramayu sudah siap untuk dijadikan sebuah negara/kota waktu itu, Raden Arya Wiralodra menamainya dengan nama Darma Ayu sebagai rasa cinta dan rindunya kepada Darma Ayu.

Tetapi karena mengucap Darma Ayu itu terlalu merepotkan akhirnya masyarakat Darma Ayu terbiasa menjuluki daerahnya dengan nama Dermayu. Kemudian saat itu, ada seorang dari Belanda yang tak bisa mengucap “In Dermayu” menjadi “Indramayu” yang hingga sekarang daerah Darma Ayu menjadi Indramayu.

Selain unik dengan nama dan sejarahnya. Indramayu memiliki tempat-tempat wisata yang berbeda dengan daerah lainnya.
Banyak sekali destinasi sejarah dan wisata yang bisa dikunjungi di Indramayu, diantaranya:

1) Pantai pantai

Ramai Pantai Panjiwa Indramayu

Indramayu sangat kaya dengan pantai dan lautnya karena Indramayu terletak pada kawasan pantai utaera yang membuat sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai nelayan. Salah satunya adalah pantai panjiwa yang terletak diIlir, Kandanghaur, Indramayu Regency West Java, Indonesia.


Pantai panjiwa memiliki keramaian di setiap harinya dari berbagai kalangan. Terutama di hari libur pantai panjiwa dipenuhi dengan manusia yang datang setelah joging. Karena orang-orang joging di pagi hari ingin merasakan indahnya pantai dan sejuknya pantai dengan suasana pagi yang cerah.

Terutama pemudi dan pemuda yang selalu meramaikan pantai ini setiap hari sabtu atau minggu dengan menikmati taman-taman di sekitar. Pantai Panjiwa sendiri memiliki kebiasaan yang dilakukan masyarakat Indramayu khususnya masyakat Parean, Kandanghaur yaitu pesta laut di kawasan Pantai Panjiwa.

Biasanya sebelum Idul Adha jalan-jalan menuju Pantai Panjiwa sudah dipenuhi oleh para pedagang dan pemandu wahana sebagai tanda-tanda dekatnya kegiatan pesta laut. Pesta laut dipercayai oleh masyarakat Parean, Kandanghaur sebagai rasa terima kasih kepada laut karena telah memberi kemudahan masyarakat terutama nelayan dalam mencari ikan, kerang, dan lainnya.

Pada saat pesta laut masyarakat Parean, Kandanghaur menyembelih satu sapi/kebo untuk dijadikan sesaji terutama kepalanya yang akan digluyurkan ke dalam air laut. Kegiatan ini berlangsung meriah dengan diiringi nontonan wayang, organ pantura, dan lainnya.

Perahu yang mengantarkan pengunjung menuju Pantai

Jalan kaki menuju Pantai dapat menikmati mangrove

Untuk menuju pantai panjiwa bisa menggunakan jalan kaki atau menggunakan perahu dengan seharga satu orang Rp.10.000 sekali jalan. Selebihnya, kita bisa menikmati keindahan pantai dengan suasana taman di tepi pantai yang indah.

2) Sawah yang hijau nan asri

Persawahan yang menyejukkan

Mata-mata manusia modern sudah sangat merasa rindu dengan suasana hijau dan sejuknya sawah. Jadi, Indramayu memiliki wisata sangat menarik bagi pecinta alam.

Karena Indramayu merupakan penghasil beras terbanyak, maka dari itu sebagian besar masyarakat Indramayu memeiliki mata pencaharian sebagai petani. Sehingga sawah-sawah menjadi lebat dan indah di kawasan Indramayu menjadi kawasan wisata yang menarik perhatian banyak orang. Saat mata tertuju dengan si hijau lebat,  siapa yang tidak tertarik?


3) Makam-makam sejarah

Makam Selawe

Makam Raden Arya Wiralodra

Indramayu terkenal dengan kentalnya sejarah. Oleh karena itu, salah satu kebiasaan yang berjalan adalah mengunjungi pemakaman sebagai penggalih ilmu pengetahuan.

Makam selawe menjadi destinasi wisata sejarah karena terdiri dari makam para pendiri Indramayu, sehingga masyarakat Indramayu ingin menemui para pendiri desa mereka meskipun hanya sebatas makam.

4) Tempat Renang yang Asri
Beberapa desa di Indramayu menyediakan kolam renang yang menciptakan suasana alam yang kuat. Jadi, memiliki perbedaan sendiri Indramayu memiliki inovasi terbaru untuk menarik para wisatawan dengan berenang di suana alamiah.


Kolam Renang Bintang Firdaus

Kolam renang Bintang Firdaus tidak pernah sepi pengunjung karena memiliki wahana dan pemandangan sejuk sebagai daya tarik sendiri bagi para pengunjung.

Di dalam tempat renang ini tidak hanya disajikan kolam dengan isi air dan prosotan yang menantang namun juga tersedia taman-taman yang asri untuk memanjakan mata para pengunjung. Pepohonan yang rindang menjadikan kolam renang Bintang Firdaus terasa adem dan menyatu dengan alam.

5) Masjid “Islamic Centre

Islamic Centre di malam hari

Islamic Centre di siang hari

Salah satu bangunan termegah di Indramayu adalah Masjid Islamic Centre yang selalu ramai setiap hari. Karena desain yang unik dan megah serta lampu-lampu yang sangat indah menjadikan masyarakat sekitar bahkan pengunjung asingpun ikut meramaikan Islamic Centre.

Itulah Indramayu, sebuah kota kecil yang memiliki banyak keunikan dan keindahan yang dipersembahkan!

Sangat unik bukan? Daerah kecil namun memiliki filosofi yang sangat luar biasa?
Bagaimana? Penasaran? Yuk berkunjung!!!

Nah, itulah tadi serangkaian artikel yang menjelaskan tentang Kota Mangga Indramayu. Semoga tulisan yang dikirimkan oleh Luthfiatur Rosid ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Terimakasih,

0 Response to "Kota Mangga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel