Eksplor Kuliner Khas Madiun



Kota Madiun merupakan salah satu kota yang berkembang di Jawa Timur. Kota Madiun dapat disebut sebagai perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah. Budaya yang berkembang juga banyak dipengaruhi dari Jawa Timur maupun Jawa Tengah.

Kota Madiun mendapatkan beberapa julukan antara lain kota pecel, kota kharismatik, kota pendekar dan masih banyak lagi. Kota Madiun mempunyai beberapa keunikan tersendiri mulai dari seni budaya hingga kuliner atau makanan khas.

Masyarakat Madiun termasuk sangat mencintai makanan khas daerahnya. Tetapi ada pula makanan kekininan dari Madiun yang diterima oleh masyarakat luas hingga di luar Madiun. Hal tersebut menandakan bahwa kuliner di Madiun mampu berkembang dan beradaptasi.

Dalam artikel ini hanya akan disajikan tiga makanan dari Madiun yang saat ini tetap dicintai oleh masyarakat luas termasuk dari luar Kota Madiun yaitu:

1. Nasi Pecel

Banyak daerah di Indonesia terutama Jawa Timur memiliki varian nasi pecel masing-masing.  Tetapi nasi pecel tetap menjadi ikon Kota Madiun. Pecel Madiun mempunyai keunikan tersendiri. Mulai dari sambel pecel yang digunakan cenderung lebih kental dan memiliki cita rasa pedas.

Kemudian sayur-sayuran yang digunakan juga banyak variasinya. Untuk lauk tambahan juga ada yang menyediakan berbagai macam pilihan, mulai dari tempe, telur, sate sunduk dan daging empal. Keunikan tersebut yang melekat pada pecel Madiun sehingga dicintai oleh masyarakat luas.

2. Nasi Jotos

Nasi jotos merupakan nasi bungkus sekepalan orang dewasa. Nasi jotos kebanyakan isinya yaitu nasi, kering tempe, mie dan kadang ada tambahan potongan telur dadar. Nasi jotos ini mirip dengan nasi kucing di daerah Jawa Tengah tetapi dengan porsi lebih banyak.

Setiap warung biasanya menyediakan nasi jotos sehingga tidak sulit unutk mencarinya. Harga yang merakyat dan porsi yang cukup membuat makanan ini digemari oleh masyarakat Madiun dan layak untuk dicoba oleh orang-orang yang berkunjung ke Madiun.

3. Roti Bluder
Roti bluder sebenarnya sudah ada sejak lama tetapi baru naik daun baru-baru ini. Tekstur dari roti bluder ini sangat lembut, bentuknya unik dan rasanya yang enak sehingga berbeda dengan roti pada umumnya. Oleh sebab itu roti bluder ini menjadi pilihan oleh-oleh kekinian dari Madiun yang patut untuk dicoba.

Demikian tulisan dari Hafid Krisna Wijaya mengenai Kuliner Khas Madiun. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

0 Response to "Eksplor Kuliner Khas Madiun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel