Makanan Berkuah Segar dan Cemilan Lezat Khas Purwodadi


Sebuah provinsi terbentuk dari berbagai kabupaten. Salah satu provinsi yang terkenal akan ragam kebudayaannya adalah provinsi Jawa Tengah. Mungkin sebgaian besar masyarakat hanya mengenal kota-kota besar untuk wilayah provinsi Jawa Tengah.

Padahal terdapat beberapa kota lain yang masih memiliki ragam keunikan dari setiap kabupatennya. Salah satu yang ingin saya kenalkan adalah kabupaten Grobogan yang mempunyai keunikan yang tak kalah dari kabupaten lainnya. Baik dari segi makanan khas dan destinasi wisata unik.

Untuk makanan khas, kabupaten Grobogan kota Purwodadi memiliki makanan yang di sebut dengan “Swieke Kodok (katak)”. Berikut gambaran akan swieke kodok:

Setelah mendengar kata “kodok”, ini mungkin sebagian besar mayoritas umat Muslim memiliki pemikiran bahwasanya makanan ini merupakan makanan haram. Namun tenang, jangan khawatir! Untuk sekarang ini, sudah dapat di temukan varian baru yakni Swieke Ayam.

Tetap masih menggunakan resep bumbu yang sama dengan swieke kodok, hanya posisi kodok di sini di gantikan oleh ayam. Swieke merupakan makanan berbahan khas menggunakan bumbu taoco, bumbu yang terbuat dari kedelai yang di fermentasikan.

Setelah matang dan siap untuk di sajikan, Swieke akan terlihat meggiurkan, memiliki cita rasa yang segar dan nikmat karna terdapat tambahan rempah-rempah lain seperti sereh, jahe dan lain sebagainya. Dan berikut gambaran mengenai swieke ayam:

Makanan ini, dapat kalian temukan di berbagai rumah makan di Purwodadi yang letaknya tak akan jauh dari jalan raya.  Selain swieke yang lezat dan segar rasanya, Purwodadi juga masih memiliki makanan khas lain yang tak kalah lezatnya bila di nikmati.

Tapi untuk yang satu ini merupakan makanan cemilan yang biasa di hidangkan sebagai teman mengobrol bersama dengan kopi maupun teh. Yakni “Sale Pisang”. Cemilan yang berbahan dasar pisang pastinya. Di olah dengan cara di iris tipis horizontal yang kemudian di jemur di bawah terik matahari sehingga kering.

Setelah kering di goreng dengan menggunakan minyak panas, namun tidak sampai benar-benar kering. Terkesan seperti keripik pisang, tapi tekstur lebih tebal dan lebih empuk di banding keripik.
 
Sale ini, biasa di gunakan sebagai oleh-oleh khas Purwodadi, dan biasa dapat di temukan di toko-toko sekitar dengan budget harga yang relatif murah per bungkusnya.

Demikian tulisan tentang Makanan Khas Purwodadi yang ditulis oleh Cindy Oktaviana Putri. Semoga dapat menjadi referensi bagi pembaca.

4 Responses to "Makanan Berkuah Segar dan Cemilan Lezat Khas Purwodadi"

  1. wah, sangat membantu sekali artikel ini

    BalasHapus
  2. semoga bisa memberi pengetahuan lebih

    BalasHapus
  3. waaahhhh kaya nya enakk niihh, bsa jadi referensi kuliner hehe

    BalasHapus
  4. boleh nih dicoba kalau lagi wisata kesana,, hehe

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel