Masyarakat Samin

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak budaya dan adat yang tersebar di masing-masing daerahnya.  Salah satunya yang tersebar di Margomulyo, Bojonegoro. Berbicara mengenai masyarakat samin tentu yang muncul dalam pandangan kita ialah tentang budaya, tradisi, perilaku, adat, dan bahasa.

Disebut unik karena masyarakat Samin menggunakan tutur bahasa yang halus (bahasa Jawa Krama) yang hal itu tentu berbeda dengan masyarakat di luar Samin. Sementara itu disebut istimewa karena dalam penggunaan bahasa tersebut dilatarbelakangi oleh sejarah perlawanan terhadap para kolonial di masa lalu.

Banyak dari masyarakat yang salah mengartikan samin itu sendiri. Samin yaitu sami sami amin. Podo podo jowone, podo rosone, podo berjuang e. Memperjuangkan ajaran saminisme itu sendiri yaitu sabar, trokal, trimo, temen. Masyarakat samin bukanlah suku, masyarakat samin juga menerima arus globalisasi.

Banyak pemuda samin yang melek akan teknologi. Ajaran samin bukanlah sebuah tradisi, agama, tetapi perilaku. Pokok-pokok ajaran samin diantaranya adalah tidak membeda-bedakan agama,oleh karena itu masyarakat samin tidak pernah mengingkari atau membenci agama. Tidak menganggu orang, bertengkar, tidak iri hati, dan tidak mengambil milik orang lain. Bersikap sabar dan tidak sombong.

Masyarakat samin yang di masa lalu dengan masyarakat samin di masa kini tentu tidak sama lagi. Masyarakat samin sudah banyak mengalami perubahan dan menerima berbagai kemajuan. Begitu juga tentang bahasa yang mereka gunakan, tentu kini mengalami pergeseran, akan tetapi ada beberapa hal yang mereka pertanhankan.

Yang menjadi ciri khas dari masyarakat samin adalah dari segi pakain, pakaia yang ia kenakan ialah seperti ikat kepala,baju hitam, dan celana pendek. Selain itu memainkan lesung, sembari mengenakan baju berwarna hitam, adalah ciri khas masyarakat samin ketika ada tamu penting datang kerumah mereke.

Nah, itulah tadi serangkain artikel yang sudah dituliskan oleh Pingka Widia Sari dengan judul "Masyarakat Samin". Semoga bisa bermanfaat untuk segenap pembaca. Trimakasih,

0 Response to "Masyarakat Samin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel