Mengenal akan Berbagai Tempat Wisata di Sumatera Selatan



Dimana mana wisata sudah menjadi sesuatu yang umum dan kerap dikunjungi banyak orang,mulai dari wisata bersejarah hingga religi. Begitupun dengan wilayah sumatra selatan yang juga banyak memiliki berbagai tempat wisata yang menarik.Berikut adalah diantara banyak wisata wisata yang diketahui.

Wisata Batu Lesung Bintang

Batu lesung bintang sendiri diambil dari sebuah nama batu bintang yang bentuknya seperti lesung bersegi delapan. Konon,pada masa lalunya batu ini juga merupakan sebuah sejarah tentang cikal bakal kota baturaja. Menurut cerita warga disana,batu yang berada di desa laya,kecamatan baturaja barat ini adalah merupakan hasil daripada peninggalan bindung langit lawang kulon.

Goa Puti

Goa putri adalah salah satu tempat wisata yang ada di sumatera selatan,tepatnya di daerah padang bindu,baturaja. Dinamakan goa putri karena ditempat ini terdapat patung atau batu yang menyerupai seorang putri.

Tak jauh berbeda dengan batu kebayan yang berada di lengkiti sumatera selatan. konon, batu putri ini adalah merupakan seorang putri cantik yang dahulunya sempat dikutuk oleh sipahit lidah.

Taman Sriksetra atau Taman Purbakala

Taman ini merupakan taman yang sudah ada pada sejak zaman sriwijaya dan kini dijadikan tempat wisata.

Klenteng Chandra Nadi

Tempat ini adalah tempat ibadah pada masa lalu sekitar abad ke 17.

Pulau Kemaro

Tempat wisata yang satu ini merupakan tempat wisata yang dahulu pernah menyimpan kisah tentang asmara dari seorang putri raja palembang dengan putra raja dari china.

Danau Ranau

Danau ranau adalah wisata yang terletak di wilayah muara dua oku selatan.Selain karena keindahannya,tempat ini juga menyimpan kisah masa lalu.Dan menurut cerita masyarakat oku sendiri,disini juga tempat bersemayamnya simata empat dan sipahit lidah.

Taman Kambang Iwak

Taman ini adalah taman yang terletak di wilayah kota palembang dan merupakan sebuah taman peninggalan pada masa belanda.

Rumah Rakit

Rumah rakit merupakan bangunan tertua di sumatera selatan. Dinamakan rumah rakit karena bentuknya yang seperti rakit dengan keadaan atap yang juga menyerupai pelana dan mengapung.

Bukit Siguntang

Tempat ini adalah merupakan peninggalan pada masa sriwijaya yang biasa digunakan Untuk beribadah.

Masjid Agung Sultan Mahmud Badarudin I

Masjid ini adalah masjid yang dibangun oleh pengaruh tiga kebudayaan yaitu indonesia,cina dan eropa.Dan masjid ini juga merupakan masjid terbesar dipalembang.

Masjid Lawang Kidul

Masjid yang berada di wilayah musi ini adalah masjid bersejarah dan merupakan peninggalan pada masa perkembangan agama islam.


Museum Kuto Besak

Tempat ini adalah tempat yang serupa dengan bentuk kraton.

Museum Sultan Badarudin II

Museum yang letaknya tak jauh dari wilayah benteng kuto besak ini adalah museum tempat menyimpan berbagai benda sejarah,termasuk koin koin kuno pada masa kesultanan palembang.

Masjid Cheng Hoo Palembang

Sesuai namanya cheng hoo,masjid ini dibangun sebagai tanda jalinnya hubungan antara tionghoa dan masyarakat dipalembang dahulu.

Rumah Limas

Ternyata rumah limas tak hanya sebatas rumah adat,tapi juga sebagai tempat kunjungan wisata rumah tradisional.

Candi Bumi Ayu

Candi ini adalah candi yang sudah lama terpendam hingga berhasil ditemukan.Candi bumi ayu ini merupakan candi peninggalan pada masa hindu.

Jembatan Ampera

Nah,untuk yang satu ini mungkin sudah banyak dan bahkan umum diketahui orang,terutama bagi para wisatawan.Jembatan ampera yang panjangnya sekitar 50 meter ini sering dijadikan tempat kunjungan dari berbagai wilayah,baik oleh masyarakat sumatera selatan sendiri maupun dari wisatawan luar daerah.

Museum Negeri Balaputra Dewa

Tempat ini menyimpan rumah seperti limas yang terbuat dari kayu.Rumah ini sudah ada sejak abad ke 18 an.

Kampung Arab 

Kampung ini dari bangunan rumah dahulu,dan usianya sudah ratusan tahun lamanya.

Nah, demikianlah diantara beberapa tempat wisata menarik yang ada di sumatera selatan.Mungkin masih banyak sekali tempat wisata menarik dan bersejarah yang berada didaerah ini. Baik yang sudah umum diketahui orang maupun yang masih belum diketaui banyak masyarakat, terutama bagi wisatawan yang berasal dari luar wilayah sumatera selatan sendiri.

Itulah tadi serangkaian artikel yang menjelaskan tentang Tempat Wisata di Sumatera Selatan. Semoga tulisan yang dikirimkan oleh Iwan Saputra ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Terimakasih,

0 Response to "Mengenal akan Berbagai Tempat Wisata di Sumatera Selatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel