Mengenal Lebih Dekat Kabupaten Serdang Bedagai Melalui Budaya dan Kekhasannya


Pendahuluan

Kabupaten Serdang Bedagai adalah Kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Deli Serdang dibentuk berdasarkan Undang-Undang nomor 36 Tahun 2003 tanggal 18 Desember 2003 dan diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri pada tanggal 7 Januari 2004 sekaligus menjadi hari jadi Kabupaten Serdang Bedagai.

Tanggal 6 Januari 2004 Menteri Dalam Negeri menguluarkan Surat Keputusan tentang pengangkatan Drs. H. Chairullah,S.IP, M.AP sebagai Pejabat Bupati Serdang Bedagai yang dilantik oleh oleh Gubernur Sumateran Utara HT.Rizal Nurdin (Almarhum) atas nama Menteri Dalam Negeri pada tanggal 15 Januari 2004.

Setelah masa transisi 1 (satu) tahun Menteri Dalam Negeri kembali mengeluarkan keputusan Nomor 131.22-91 Tahun 2005 tanggal 21 Februari 2005 tentang Pengangkatan Drs.H. Kasim Siyo,M.SI menjadi Bupati Serdang Bedagai kedua yang dilantik pada tanggal 2 Maret 2005.

Dalam Pilkada pertama di Kabupaten Serdang Bedagai yang dilaksanakan secara langsungpada tanggal 27 Juni 2005 Ir.H.T.Erry Nuradi,MBA dan Ir. H. Soekirman terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Sedang Bedagai untuk masa bakti 2005-2010 yang dilantik oleh Gubernur Sumatera Utara HT.Rizal Nurdin (Almarhum) pada tanggal 5 Agustus 2005.

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit termasuk sistem agama dan,politik, adat, istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni Bahasa.

Sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari

Budaya Daerah

Di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai dulu pernah berdiri dua kerajaan besar yaitu  Kesultanan Serdang dan Kerajaan Padang Bedagai. Kedua Kerajaan ini didirikan oleh keturunan Batak Simalungun.

Namun, corak budaya kedua kerajaan ini adalah budaya Melayu disebabkan Raja yang memerintah sudah memeluk agama Islam dan menghapus budaya Simalungun dalam kehidupan pemerintahannya. Jadi dapat disimpulkan bahwa sebenarnya penduduk di Kabupaten Serdang Bedagai adalah penduduk berdarah Batak Simalungun yang berbudaya Melayu dan beragama mayoritas Islam.

Kabupaten Serdang Bedagai merupakan salah satu bagian dari Provinsi Sumatera Utara yang memiliki beragam budaya. Kabupaten Serdang Bedagai terbentuk dari bebrapa Kecamatan, Desa serta Dusun.

Kebudayaan melayu khususnya yang berkembang ditengah-tengah masyarakat Sumatera Utara terutama di Kabupaten Serdang Bedagai, telah terakulturasi dengan budaya dari berbagai suku bangsa di Indonesia, bahkan antar bangsa sebagai konsekuensi logis dari tata bumi Sumatera utara sebagai lintas Internasional dan regional. Keadaan inilah yang mendorong pengembangan budaya Melayu.

Suku Batak Timur atau disebut juga Suku Simalungun Bawah adalah salah satu dari suku Batak yang mendiami wilayah kabupaten Serdang Bedagai dan Kota Tebing Tinggi di provinsi Sumatera Utara. Akar budaya suku Batak Timur ini adalah budaya Batak Simalungun yang banyak dipangaruhi oleh budaya Melayu Serdang yang Islami.

Kekerabatan penduduk suku Batak Timur ini masih dapat ditelusuri dengan suku Batak Simalungun di Kabupaten Simalungun. Suku Melayu Serdang adalah salah satu suku yang mendiami wilayah Kabupaten Serdang Bedagai di Sumatera Utara. Suku Melayu Serdang ini banyak bermukin di wilayah Perbaungan, Sei Rampah, Bandar Khalifah dan tesebar diseluruh Wilayah Kabupaten Serdang Bedagai.

Suku melayu Serdang pada umumnya tidak berbeda dengan suku Melayu Deli, Melayu Asahan, Melayu Labuhan Batu, Melayu langkat dan lainnya. Karena mereka berasal dari akar yang sama.
Suku Melayu Serdang masih tetap mempertahankan budayanya dari tahun 1941.

Salah satu kegiatan mereka yang sering dilakukan adalah rapat adat yang dilakukan dibalai adat membahas tentang permasalahan dalam lingkunagn adat mereka. Salah satu budaya tari yang sering kita kenal adalah tari serampang duabelas.

Tarian ini merupakan tarian tradisional yang berkembang pada Kesultanan Serdang. Tarian ini diciptakan oleh Sauti dan diperbaharui lagi antara tahun 1950 sampai 1960 oleh penciptanya. Sebelum bernama Tari Serampang Dua Belas bernama Tari Pulau Sari.

Masyarakat suku Melayu Serdang hampir seluruhnya beragama Islam, seperti masyarakat Suku Melayu lainnya yang menjadikan agama Islam sebagai agama Melayu atau agama adat. Beberapa budaya dan adat istiadat disesuaikan dengan ajaran agama Islam Tetapi walaupun begitu mereka masih mempercayai hal-hal tahayul dan tempat-tempat keramat yang mempengaruhi rejeki mereka.

Dalam hal berbicara sedikit berbeda dengan suku melayu deli dari segi dialeg. Tapi hampir sama dengan suku Melayu langkat yang menggunakan dialeg “e”. Salah satu tradisi budaya Melayu Serdang adalah Tampung Tawar. Tradisi ini merupakan bukti bahwa masyarakat budaya Melayu dahulunya memeluk agama Hindu.

Tradisi ini merupakan bukti syukur terahadap sesuatu yang didapat oleh mereka. Tradisi ini dilaksanakan oleh masyarakat Suku Melayu sejak abd ke 15 dan dirubah sesesuai dengan tatanan agama Islam.

Sebahagian besar suku melayu adalah petani, selebihnya pedagang, pengrajin anyaman tikar, pengrajin atap rubiah dan pengrajin keranjang Bambu. Selain itu juga banyak juga dari mereka menjadi pegawai negeri di kantor pemerintah serta wiraswasta.

Kekhasan Daerah

Makanan khas Kabupaten Serdang Bedagai adalah Cakar ayam dan Dodol Bengkel. Cakar ayam merupakan makanan yang buat oleh ibu rumah tangga sehingga berkembang menjadi produksi rumahan.

Dan ini bukan makanan yang terbuat dari ayam atau bahkan dari cakar ayam, tetapi makanan cakar ayam ini terbuat dari Ubi, selain itu cakar ayam ada juga dari berbagai macam jenis dari ubi kayu, dari ubi rambat + dengan gula merahnya. Sehingga membuat pembeli dapat menikmati makanan yang enak ketika disantap.

Produksi Cakar Ayam ini merupakan industri rumahan yang berada di Desa Bengkel Kecamatan Serdang Bedagai, tepatnya berada di depan Stasiun Kereta Api. Kegiatan  Industri rumahan ini sudah berjalan cukup lama.

Selain cakar ayam di Kabupaten Serdang Bedagai terkenal juga dodol bengkel. Dodol yang mereka jual mempunyai banyak rasa dari yang original hingga yang mempunyai berbagai rasa, sehingga pembeli dapat memilih rasa yang meraka inginkan.

Cakar ayam dan dodol bengkel merupakan makanan khas Kabupaten Serdang Bedagai, tetapi sekarang dodol bengkel ini sudah banyak toko-toko yang tutup karena dampak jalan tol yang menyebabkan kendaraan pribadi maupun bus tidak melewati tempat itu. Sehingga membuat toko-toko dodol bengkel kehilangan omset pencariannya.

Wisata Budaya 

Tempat wisata dikabupaten Serdang Bedagai memiliki potesi yang luar biasa dibidang wisata, hal ini dikarenakan kondisi alam yang variatif dari daratan rendah, kawasan pantai, daratan tinggi hingga perbukitan dan pegunungan.

Sebenarnya ada banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi pengunjung tatapi disini menulis menyebutkan beberapa tempat wisata yang menurut penulis ini tempat wisata yang teratas. Berikut ini sebagian daftar tempat wisata  yang bisa dijadikan daftar kunjungan apabila singgah di Kabupaten Serdang Bedagai, yaitu:

1. Pulau Berhala
Pulau ini merupakan pualu yang mempunyai keindahan yang memukau, karena kawasan daratannya dan pesisir pantainya mempunyai keunikan tersendiri yaitu daratannya dilengkapi dengan hutan bakau yang lebat, dan pesisir pantainya dilengkapi dengan pasir putih yang lembut serta air laut yang jernih dan berombak tenang. 

Selain keindahan daratannya di pulau tersebut terdapat batu-batu vulkanik dengan bentuk yang unik  dikawasan pantai  sehingga memperindah pemandangan pantai. Banyak pemadangan yang dapat dinikmati dipulau tersebut karena tidak hanya kawasan daratan pulau Berhala yang indah tetapi alam bawah laut terdapat  22 jenis terumbu karang 11 spesies ikan karang dan berbagai macam biota laut lainnya. Keindahan alam bawah laut dipualu berhala tersebut dapat dinikmati dengan menyelam sedalam 4 – 25 meter. Sehingga pengunjung dapat pemandangan di pulau tersebut.

2. Pantai Bali Lestari
Pantai Bali Lestari merupakan wtempat wisata yang berada di Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai. Tempatnya sejuk dan sangat cocok untuk bersantai bersama dengan keluarga dengan biaya terjangkau, sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan.

Pantainya dilengkapi dengan payung-payung yang di gantung pada tali yang diikat pada pohon-pohon, selain itu disana juga terdapat pohon yang di balut kain putih dan banyak lagi yang lainnya sehingga pengunjung seakan-akan berada di Bali. Pantai ini juga tidak terlalu jauh dari Ibukota Provinsi Sumatera Utara.

3. Pantai Cermin Theme Park
Pantai Cermin Theme Park dibangun pada tanggal 14 januari 2007 dengan memanfaatkan keindahan pantai  dan dilengkapi dengan pemandian dan selunjur yang beraneka ragam  serta wahana permainan yang seru.

Dan Pantai Cermin Theme Park dilengkapi dengan fasilitas yang menunjang seperti Restoran dan penginapan, selain itu terdapat kebun binatang mini sehingga pengunjung dapat melihat berbagai hewan. Sehingga pengujung merasa senang dan bahagia ketika berlibur ke Pantai Cermin Theme Park.

4. Kampoeng Nipah
Kampoeng Nipah berada diberada di Desa Sei Nagalawan, Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai. Banyak pengunjung yang datang ke Kampoeng Nipah untuk menikmati petualangan menyusuri hutan mangrove yang lebat dengan menggunakan perahu.

Pengunjung juga bisa belajar berbagai jenis pengelolahan makanan yang beragam dari mangrove dan cara membudidayakan mangrove, mangrove biasanya dijadikan untuk makanan dan berbagai hal yang berhubungan dengan mangrove.

5. Ancol Arung Jeram
Ancol Arung Jeram ada di kecamatan Sepispis Kabupaten Serdang Bedagai. Tempat itu indah dan sangat mengesankan karena kita bisa menikmati keindahan alam dan berbagai ciptaan Yang Maha Kuasa.

Dalam menjelajahi sungai hampir tidak terlihat matahari karena kawasan tersebut tertutup oleh rimbun dedaunan hutan yang beradsa dipinggiran sungai sehingga membuat lintasannya yang memukau.

Selain pemandangan dan lokasi yang seru untuk uji keberanian disana juga memiliki air terjun yang dingin dan terjal, sehingga membuat suasana menjadi sejuk dan segar karena terbebas dari asap kendaraan dan pabrik ,selain itu mata air yang bisa diminum karena keluar dari celah-celah lereng.

Ini semua merupakan keindahan dapat dinikmati oleh pengunjung sehingga membuat pengunjung memiliki kepuasan tersendiri berkunjung di tempat ini karena ketika berarum jeram banyak melihat pemandangan yang tak terlupakan dan mengesankan.

6. Air Terjun Sampuren Widuri
Air Terjun Sampuren Widuri merupakan tempat wisata yang berada di Kecamatan Dolok Merawan Kabupaten Serdang Bedagai di provinsi sumatera utara yang mempunyai jarak sekitar 1 km dari Jalan besar Sumatera menuju Pematang Siantar, sehingga pengunjung tidak kesulitan menuju lokasi air terjun ini  karena tidak sulit untuk dijangkau.

Sebenarnya banyak air terjun yang dilewati oleh Pengunjung yang ingin berkunjung ditempat ini karena terdapat tiga air terjun  yang saling berdekatan satu sama lainnya, tapi Air Terjun Sampuren Widuri tetap menjadi tempat objek wisata karena memiliki curahan air paling tinggi dibandingkan dengan yang lainnya yaitu sekitar 50 meter.

7. Pemandian Batu Nongol
Pemandian Batu Nongol adalah tempat wisata berada di Kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai.  Pada awalnya Pemandian ini hanyalah aliran sungai yang tidak menarik banyak pengujung. Tetapi Setelah jual oleh pemilik tanah kepada pengelolah dengan harga 1,5 M dengan luar sekitar 6 Hektar maka pemandian ini pun mulai difungsikan lagi, Sejak saat itulah Pemandian Batu Nongol mulai populer dengan sebutan BTN.

Pengelolah mulai mentata lokasi tersebut sedemikian rupa, seperti membangun gubuk peristirahatan dan mendirikan warung serta tersedia juga sampan untuk membawa pengunjung berkeliling disekitar Pemandian Batu Nongol.

Maka dalam waktu sangat singkat, pemandian ini pun dibanjiri pengunjung, karena terjangkau biayanya, selain itu air di pemandian alam ini sangat jernih dan tenang sehingga aman untuk digunakan mandi anak-anak dan orang dewasa.

Demikian tadi serangkaian artikel yang menjelaskan tentang Budaya Serdang Begadai. Semoga tulisan yang dikirimkan oleh Abdul Patah Haris,S.Pd.I ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Terimakasih,

0 Response to "Mengenal Lebih Dekat Kabupaten Serdang Bedagai Melalui Budaya dan Kekhasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel