Panorama Kota Malang


Kota Malang, semua pasti tidak asing dengan kota yang satu ini. Apalagi para penggemar sepak bola para arema dan aremanita, Kota yang pernah menjadi ajang saat  arema mendapatkan piala presiden. Kota yang pernah menjadi lautan biru.

Tapi tahukah kalian? Ternyata masih banyak keunikan  lagi yang ada di Kota Malang ini. Apa saja sich keindahan di kota ini ? kita simak bareng-bareng yuk.

Kota Malang itu kota terbesar kedua di Jawa Timur ini.Kota yang memiliki udara  yang sangat dingin melebihi kota Bandung,sehingga mendapat julukan kota dingin.Banyak juga sebutan lain untuk kota ini, misal kota wisata,kota apel, kota pendidikan, kota olahraga, kota susu, Paris Van East Java, kota kuliner serta salah satunya adalah kota budaya dan kota kesenian.

Kebudayaan dan kekayaan etnis yang dimiliki kota Malang juga berpengaruh terhadap kesenian tradisional yang ada.Misal: Wayang , Topeng Malangan .Dulu kedua kesenian ini sangat terkenal di Malang,tetapi dengan semakin berkembangnya zaman kesenian ini semakin terkikis. Banyak yang lebih memilih berdiam diri di rumah dengan gadget daripada mempelajari kesenian daerah ini.

Dulu etnik masyarakat di Malang itu terkenal religius , dinamis , suka bekerja keras lugas dan bangga dengan identitasnya sebagai AREK MALANG (AREMA) , serta menjunjung tinggi kebersamaan. Lihatlah betapa kebersamaan itu sangat dijunjung tinggi oleh AREMA. Namun sekarang sudah mulai pudar.
   
Di kota Malang juga terdapat tempat yang merupakan sarana apresiasi budaya Jawa Timur yaitu Taman Krida Budaya yang terletak di jl. Soekarno Hatta.Di tempat ini sering ditampilkan aneka budaya khas Jawa Timur seperti ludruk, ketropak, wayang orang, wayang kulit, reog, kuda lumping, sendra tari, saat ini bertambah kesenian baru yang semakin berkembang pesat di kota Malang yaitu kesenian “BANTENGAN”.

Kesenian ini merupakan hasil dari kreatifitas dan inovasi masyarakat asli kota Malang, sejak dahulu sebenarnya kesenian ini sudah dikenal oleh masyarakat Malang namun sekaranglah “BANTENGAN “ lebih dikenal oleh masyarakat, tidak hanya masyarakat lokal namun juga sampai luar daerah bahkan mancanegara.Khusus di Malang  sering diadakan pergelaran bantengan, hampir setiap hari besar baik keagamaan maupun peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Di kota Malang ini juga ada kampung yang sangat menarik perhatian banyak masyarakat yg datang karena keunikannya,kampung ini bernama “KAMPUNG WARNA-WARNI/KAMPUNG 3D”, sebenarnya kampung ini sudah ada sejak  lama, tapi karena kreatifitas masyarakat yang mengecat kampung ini dengan berbagai macam warna, membuat kampung ini terlihat indah dan menarik banyak pengunjung untuk datang ke sana.

Di kota Malang ini juga selalu mengadakan festival setiap tahunnya. Festival ini bertujuan agar kita tidak melupakan budaya yang pernah ada di Kota Malang ini.Festival itu antara lain:

  • Festival Malang Kembali ( tempo dulu) , festival ini mengusung tema keadaan kota Malang pada zaman dahulu, mengubah jalan-jalan protokol  kota menjadi museum hidup, menjual makanan khas Jawa Timur tempo dulu .Festival ini diadakan kurang lebih selama 1 minggu .
  • Karnaval Lampion : biasa diadakan untuk memperingati imlek
  • Festival bunga atau biasa disebut dengan Malang Flower Carnival, dimana akan ada pawai model/ fashion show dengan gaun yang dibuat dari bahan daur ulang yang ramah lingkungan.Event ini dibuat untuk mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa sampah masih bisa dimanfaatkan dan bisa menjadi barang yang beraneka ragam. Di event ini pun sering mendatangkan banyak fotografer dari berbagai macam kota bahkan manca negara.


Inilah berbagai macam keunikan dan Panorama Kota Malang yang saya ketahui dan mungkin masih banyak lagi yang lainnya.Dan kita harus menjaga serta melestarikan semua kebudayaan ini agar budaya ini tidak hilang.


0 Response to "Panorama Kota Malang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel