Pesona Khas Jawa Timur Nikmat yang Abadi


Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai segudang potensi alam dan keragaman kebudayaan.Dari Ngawi sampai Banyuwangi ragam budaya tetap terjaga dan lestari.Berbagai kerajaan besar yang pernah ada di Indonesia juga terdapat di sini. Mulai dari Kerajaan Majapahit, Singosari, dan Kediri.

Merupakan bukti nyata adanya kehidupan masa lalu yang menghiasi budaya nusantara. Serta masyarakat yang saling guyup rukun membuat Jawa Timur bertambah jaya.Berikut ini adalah beberapa ciri khas Provinsi Jawa Timur yang berperan  penting dalam kehidupan.

1. Gunung 

Kesuburan lahan perkebunan masyarakat, tidak akan lepas dari pengaruh gunung berapi yang masih aktif maupun pasif. Selain itu, gunung dapat menjadi tempat wisata bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Salah satu gunung yang menarik banyak perhatian para wisatawan adalah Gunung Bromo.

Gunung yang terletak di daerah Tenggara ini menjadi pusat perhatian. Selain itu di sini juga terdapat salah satu upacara khusus yang menambah minat wisatawan. Upacara itu adalah Upacara Kasada. Hal ini dilakukan turun-temurun oleh masyarakat Suku Tengger sebagai perwujudan rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa dengan melempar hasil bumi ke Kawah Gunung Bromo.

2. Pantai

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan destinasi wisata ini. Negara kita termasuk dalam kategori negara bahari yang kaya akan hasil laut dan keelokan pantainya. Salah satu Pantai yang elok di Jawa Timur adalah Pantai Papuma ( Pasir Putih Malikan) yang terletak di Kabupaten Jember.

Pantai ini mempunyai pesona yang tak kalah indah dengan pantai pantai yang ada di Indonesia lainnya. Pantai ini memilki kondisi geografi yang strategis dari pusat kota. Selain itu hamparan pasir putih dan nyiur serta terumbu karang dan beberapa jenis ikan menambah keelokannya. Selain itu hawanya yang damai dan sejuk menambah rasa tentram setiap insan yang singgah di sini.

3. Tari Remo

Tari merupakan sebuah warisan budaya yang hampir setiap negara di kawasan Asia memilikinya. Nah, salah satu tarian yang ada di Jawa Timur yang paling terkenal adalah Tari Remo. Singkat cerita  tarian ini lahir di daerah Jombang.

Yang menceritakan seorang pemuda yang berjuang di medan laga. Selain Tari Remo, masih banyak tarian tradisional yang ada di daerah Jawa Timur yang memiliki keindahan dan nilai-nilai kebudayaan yang kaya akan filosofi.

4. Karapan Sapi

Karapan Sapi merupakan salah satu ciri khas yang dimiliki oleh Pulau Madura. Pulau Madura atau terkenal dengan sebutan pulau garam ini merupakan bagian wilayah dari Provinsi Jawa Timur. Maksud diadakannya pertandingan karapan sapi adalah untuk memperoleh sapi-sapi yang kuat untuk membajak sawah. Selain itu, karapan sapi dapat menghibur warga sekitar serta dapat meningkatkan kerukunan serta kemakmuran warga.

5. Wali Lima

Wali Lima merupakan tokoh perjuangan yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa, khususnya wilayah Jawa Timur. Kelima wali itu antara lain Sunan Maulana Malik Ibrahim, Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Bonang, dan Sunan Kalijaga.

Berbagai metode telah beliau lakukan demi tersebarnya agama Islam di Jawa. Banyak peninggalan sejarah yang beliau tinggalkan , yaitu kaligrafi, pondok pesantren , wayang kulit ,tembang, sulut ,dsb. Setelah kelima wali ini wafat, makamnya menjadi tempat ziarah sampai saat ini.

Tempat-tempat itu adalah Kota Gresik untuk Sunan Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri, untuk Sunan Giri harus ke daerah perbukitan.Kota Surabaya Utara untuk Sunan Ampel. Kota Lamongan untuk Sunan Drajat dan Kota Tuban untuk Sunan Bonang.

Kekhasan dan kekayaan  kebudayaan haruslah kita lestarikan.  Kita haruslah pandai-pandai mensyukuri rahmat Tuhan Yang Maha Esa, mari bersama-sama menjaga lingkungan hidup ini.

Demikianlah tulisan karya Saifudin Rizki mengenai Pesona Jawa Timur, semoga dapat menjadi referensi bagi pembaca sekalian dalam menambah wawasan mengenai ilmu budaya.

7 Responses to "Pesona Khas Jawa Timur Nikmat yang Abadi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel