Pesta Laut dan Batik Kuntul Perak Khas Bontang


Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah populasi sekitar 266,9 juta jiwa pada tahun 2019. Indonesia merupakan negara yang bertajuk kepulauan, inilah yang menyebabkan Indonesia kaya akan kekayaan alam dan kebudayaan yang beranekaragam setiap pulau bahkan setiap daerah.
Kalimantan Timur merupakan salah satu provinsi yang berada di pulau Kalimantan.

Kalimantan juga merupakan pulau terbesar yang berada di Indonesia. Kalimantan Timur salah satu provinsi yang berbatasan dengan Malaysia dibagian ujung timur. Kalimantan Timur kerap disingkat menjadi Kaltim dengan ibukota yang berada di Kota Samarinda.

Bontang salah satu kota yang berada di Provinsi Kalimantan timur dengan berbagai pesona indah yang tersedia didalamnya. Istilah Bontang berasal dari dua kata yaitu  bond dalam Bahasa belanda yang berarti kumpulan dan tang berasal dari kata pendatang, karena Bontang tidak lepas dari peran para pendatang dari berbagai daerah.

Bontang merupakan salah satu kota terkaya yang berada di Indonesia, hal ini tidak terlepas dari 3 perusahaan besar yang berada di Kota Bontang yaitu PT.BADAK NGL yang bergerak dibidang pengolahan gas alam cair, PT.PUPUK KALTIM yang berkecimpung pada proses pembuatan pupuk, dan perusahaan yang mengolah batu bara yang dikelola oleh PT.Indominco.

Perusahaan-perusahaan besar yang berada di Kota Bontang ini memiliki peranan yang besar untuk kemajuan Kota Bontang, perusahaan-perusahaan besar tersebut mendukung tercapainya Kota Bontang yang makmur, pendirian tempat pelatihan maupun bina mitra untuk masyarakat Bontang dimaksudkan agar masyarakat memiliki keterampilan sehingga dapat melestarikan kebudayaan yang ada di Bontang dan dapat mengembangkan potensi alam yang dimiliki oleh Kota Bontang.

Seperti contohnya PT.BADAK NGL mendirikan bina mitra pemanfaatan buah mangrove sebagai pewarna alami kain batik khas Bontang yang berada di wilayah guntung. Wilayah bontang didominasi oleh wilayah lautan dan secara geografis berbatasan lansung dengan Selat Makassar sehingga menguntungkan aspek transportasi keluar daerah.

Di Bontang juga terdapat sebuah perkampungan nelayan yang berada di atas laut yaitu Bontang Kuala. Perkampungan nelayan ini tertata rapi dan bersih berbeda halnya dengan perkampungan nelayan pada umumnya yang tidak tertata dan kumuh. Masyarakat yang menetap di Bontang Kuala kebanyakan bersuku Kutai,namun banyak juga yang bersuku jawa,bugis,sunda,dan banjar.

Masyarakat yang menetap di Bontang Kuala mayoritas mencukupi kebutuhan dengan memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia dari laut. 

Bontang Kuala juga menyediakan tempat wisata untuk para pengunjung sehingga bisa menikmati sejuknya angin laut, menikmati sunrise maupun sunset sehingga berbagai kalangan dari anak-anak hingga dewasa menjadikan Bontang Kuala sebagai tempat nongkrong yang menyenangkan, di tempat tersebut menjual berbagai jenis olahan ikan, udang, dan rumput laut yang dimodifikasi menjadi berbagai macam jenis makanan seperti agar-agar,permen,kripik, dan lain sebagainya.

Masyarakat yang menetap di Bontang Kuala juga tidak sedikit yang membuka usaha untuk mencukupi kebutuhan dan  menarik perhatian masyarakat Bontang untuk berkunjung ke Bontang Kuala. Kebanyakan masyarakat membuka usaha dibidang kuliner, kuliner yang sering dijumpai di Bontang Kuala seperti Gammi Bawis,Gammi Cumi,Gammi Udang,dan berbagai macam makanan olahan khas Bontang.

Pesta Laut


Setiap satu tahun sekali masyarakat mengadakan “Pesta Laut”, Pesta laut bagi masyarakat merupakan salah satu acara adat yang rutin mereka lakukan untuk melestarikan kebudayaan dari para leluhur.

Pesta Laut diadakan sebagai wujud rasa syukur mereka kepada Tuhan semesta alam karena telah melimpahkan sumber daya alam yang sangat berlimpah .Pesta laut setiap tahunnya tidak dapat dipastikan kapan pelaksanaannya karena untuk melaksanakan acara adat ini harus dilakukan ritual terlebih dahulu.

Dalam pelaksanaan acara adat tersebut dilakukan sesembahan kepada para leluhur yang mereka yakini, persembahan itu berupa sesajen yang berisi telur,ayam,ikan dan lain sebagainya sebagai wujud rasa syukur masyarakat atas berlimpahnya sumber daya alam yang bisa mereka nikmati setiap saat.

Pesta laut diadakan diakhir tahun setiap bulan Desember, namun tidak memiliki tanggal secara pasti. Untuk memeriahkan pesta laut ini masyarakat mengadakan lomba-lomba yang dapat memeriahkan acara adat ini sehingga menarik simpatisan warga Bontang untuk berkunjung dan menyaksikan pertunjukan, pertunjukan yang biasanya dilakukan misalnya lomba dayung dan menariknya lomba ini diikuti dari kalangan ibu-ibu, sehingga perlombaan dan suasana pesta laut kian seru.

Pemerintah Bontang sangat berterimakasih karena penduduk Bontang Kuala masih secara rutin melaksanakan acara adat ini sebagai aset kebudayaan bangsa yang harus tetap dilestarikan agar dapat dinikmati oleh generasi penerus bangsa.


Batik Kntul Perak

Pesta laut bukan satu-satunya kebudayaan khas yang dapat ditemui di Kota Bontang. Burung Kuntul perak yang dijadikan sebagai maskot Kota Bontang  mempunyai makna sama halnya dengan masyarakat Bontang yang datang untuk menetap, burung kuntul perak merupakan burung penetap yang sangat unik.

Di Bontang dapat ditemui Batik kuntul perak. Batik di setiap daerah memiliki corak dan makna yang berbeda-beda, oleh karena itu sebagai wujud melestarikan aset budaya yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia, Bontang juga menciptakan Batik Kuntul Perak sebagai batik khas dari daerah Bontang dengan manambahkan ornament burung kuntul perak.

Bontang adalah kota kecil yang memiliki segudang keindahan dan keunikan yang dimiliki. Pemerintah sedang gencar-gencarnya memperkenalkan kebudayaan maupun aset budaya yang dimiliki daerah ini kepada generasi muda agar dapat meneruskan dan memajukan kota Bontang dengan berbagai cara seperti sosialisasi,pameran,dan fashion show,kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memperkenalkan kebudayaan yang ada di Bontang .

Nah, itulah tadi serangkaian artikel yang menjelaskan tentang Pesta Laut dan Batik Kuntul Perak Bontang. Semoga tulisan yang dikirimkan oleh Dian Pertiwi ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Terimakasih,

1 Response to "Pesta Laut dan Batik Kuntul Perak Khas Bontang"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel