Keindahan Indonesia


Indonesia adalah negara kepulauan yang sudah pasti memiliki banyak keindahan juga kekhasan yang dimiliki oleh daerah-daerah di Indonesia. Keindahan alam Indonesia memang di anggap tidak ada tandinganya di negara manapun di dunia.

Hampir semua yang berada di Indonesia menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang dan melihatnya. Keragaman Indonesia mulai dari suku, adat istiadat, tarian, dan masih banyak lagi yang tersebar di wilayah-wilayah Indonesia. Hal ini bahkan menarik perhatian dunia.

Membicarakan soal budaya Indonesia memang tak ada habisnya. Banyak warga negara asing yang rela belajar kebudayaan Indonesia dan menetap di negara Indonesia. Kita sebagai warga negara harus bangga dan terus menjaga dan melestarikan budaya-budaya negara pancasila ini.

Beberapa kebudayaan indonesia juga sudah di akui oleh UNESCO. Wayang kulit contohnya. Budaya yang berasal dari Jawa ini khusunya Jawa Tengah telah banyak membuat para turis terkagum dan mempelajarinya.

Wayang berasal dari kata 'Ma Hyang' yang artinya menuju pada spiritual, dewa, atau Tuhan Yang Maha Esa. Wayang juga diartikan sebagai istilah bahasa Jawa yang bermakna 'bayangan', hal ini disebabkan karena penonton dapat menyaksikan wayang dari belakang kelir atau bayanganya saja.

Wayang kulit dimainkan oleh dalang, dengan diiringi oleh gamelan yang dimainkan oleh sekelompom nayaga dan tembang yang dinyanyikan oleh para pesinden. Selain sebagai budaya, wayang kulit juga digunakan untuk media penyebaran agama islam oleh Sunan Kalijogo. Biasanya wayang kulit akan menampilkan cerita dari naskah Ramayana dan Mahabarata. 

Tari Saman yang berasal dari aceh pun juga sudah dikenal oleh dunia. Tarian ini memperlihatkan gerakan yang sangat cepat dari para penarinya dengan diiringi syair khas Aceh. Tarian ini didirikan oleh ulama daerah setempat yaitu Syeikh Saman dari Suku Gayo.

Itulah kenapa tarian ini dinamakan dengan Tari Saman. Beberapa nama dari Tari Saman yaitu guncang, surang-saring-linggang yang berasal dari bahasa Suku Gayo. Tarian ini biasanya akan ditampilkan di peristiwa atau acara-acara penting.

Selain itu Taris Saman juga digunakan sebagai media dakwah. Sebelum tari ini ditunjukan, pemuka adat akan memberikan nasehat kepada pemain dan penontonya. Pertunjukan tarian ini juga kental akan syair petuah dan dakwah yang dilantunkan menggunakan bahasa Arab dan Gayo.

Tak hanya Wayang Kulit dan Tari Saman saja, Taman Nasional Komodo juga sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia yang harus dijaga. Komodo adalah salah satu hewan langka yang berasal dari Indonesia. Karena kurangnya kesadaran untuk menjaga dan melestarikanya maka dibuatlah taman nasional ini. Taman Nasional Komodo terletak di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Di Pulau Komodo, hewan Komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Hingga 2018 jumlah Komodo tercatat berjumlah lebih dari 2000 ekor. Komodo tersebut tersebar di berbagai pulau, seperti Pulau Komodo, Pulau Rinca, Gili Motang, juga beberapa lokasi lainya.

Beberapa keunikan yang menarik untuk diketahui yaitu Pulau Komodo ditetapkan sebagai New 7 Wonder of Nature, sepuluh besar destinasi wisata terbaik di Asia, juga salah satu habitat hewan Pra-Sejarah.

Oleh karena itu, kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga dengan keberagaman yang berada di negara kita ini. Terus jaga dan lestarikan hingga budaya-budaya Indonesia semakin terkenal di dunia.

Itulah tadi tulisan karya Qasna Alfiyah mengenai Pulau Komodo, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sumbangan ilmu pengetahuan dan menambah wawasan bagi pembaca sekalian. Terus cintai budaya dan aset Indonesia. Terimakasih.


2 Responses to "Keindahan Indonesia"

  1. Saya sangat suka artikel ini, author nya keren👍

    BalasHapus
  2. Budaya budaya indo memang harus dilestarikan terutama komodo... Kalo saya sendiri sebagai rakuat aceh sangat bangga terhadap tari saman:)

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel