Sedekah Bumi



Setiap daerah pasti mempunyai ciri khas-nya masing-masing. Termasuk di daerah Jawa Tengah, di beberapa temptanya suka diadakan acara yang bernama Sedekah Bumi setiap satu tahun sekali yang terjadi pada bulan apit.

Seperti yang ada pada gambar, sedekah bumi diadakan di Desa Karangreja, Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.

Uniknya sedekah bumi selain seperti tempat pasar gratis adalah wadah tempat untuk memgangkut makanan yang mereka bawa dari rumah ke tempat yang sudah disepakati umtuk berkumpul. Biasanya mereka lebih memilih untuk berkumpul di balai desa.

Wadah unik itu bernama Tenong, bahan pembuatnya berasal dari bambu yang dianyam berbentuk lingkaran seperti wadah bedak bayi dilengkapi dengan tutupnya juga. Warga biasanya membawa dengan cara dipikul.

Aktivitas yang biasanya memggunakan motor, kini mereka hanya berjalan kaki sembari memikul Tenong yang berisi makanan yang sudah mereka siapkan dari rumah. Sedekah bumi diadakan saat mendekati jam makan siang, karena persiapan memasak yang cukup menyita waktu.

Sebelum ke acara inti, mereka mengawalinya dengan do'a bersama yang dipimpin oleh salah satu tokoh desa. Mereka sama-sama memanjatkan rasa syukur kepada sang pencipta atas rezeki dan karunia yang mereka terima hingga saat ini.

Lalu dilanjutkan oleh kepala desa yang memotong pucuk tumpeng sebagai pertanda telah dibukanya acara sedekah bumi. Pada saat itulah makanan gratis berjejeran disekitar balai desa sampai ke jalan, tidak perlu membayar apalagi meminta izin untuk mengambil makanan.

Mereka bebas mengambil apapun yang mereka mau, tidak perduli punya siapa dan sebanyak apa mereka mengambilnya. Intinya siapa cepat dia dapat. Saat-saat seperti itulah yang membuat rasa kekeluargaan terasa semakin akrab, tidak ada rasa sungkan apalagi malu-malu, semuanya bercengkrama dan bersenda gurau sembari menikmati hasil olahan sendiri yang didapat dari bumi seolah tidak ada hak kepemilikkan pribadi, yang ada hanya milil kita semua.

Setelah berpuas ria memakan, acara dilanjutkan pada sesi terakhir yakni bernama sesi 'Pala Pendem' . Biasanya sudah disiapkan lobang kecil pada tanah yang berdiameter kurang lebih 30 cm dengan kedalaman 1 meter untuk memendam berbagai jenis umbi-umbian seperti singkong, ubi, talas dan kacang senagai perwakilan dari acara sedekah bumi.

Yang memang pada tujuan acara ini adalah mensyukuri hasil dari bumi termasuk dari tanah yang mereka tanam untuk menghidupi kehidupan mereka selama di bumi.

Nah, itulah tadi serangkaian artikel yang menjelaskan tentang  Sedekah Bumi. Semoga tulisan yang dikirimkan oleh Rina Oktafiani ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Terimakasih,

1 Response to " Sedekah Bumi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel