Bugis: Suku dengan Mahar Pernikahan Termahal


Siapa sih yang tak tahu dengan suku Bugis? Salah satu suku yang ada di Indonesia dan terkenal sebagai suku yang sangat mempertahankan kebudayaannya. Suku Bugis memiliki kebudayaan yang unik dan eksis di masa kini, salah satu budayanya yang menjadi sorotan publik yakni mahar dalam pernikahan atau dalam suku Bugis disebut uang Panai.

Tradisi ini sudah ada sejak dulu dan terus terlestarikan hingga sekarang. Uang Panai merupakan tradisi dalam lamaran suku Bugis dimana mempelai pria memberikan sejumlah uang kepada mempelai wanita.

Namun, uang Panai ini biasanya menjadi beban dan hambatan bagi pria untuk melamar wanita idamannya karena nilai uang Panai yang diajukan keluarga mempelai wanita jumlahnya tidak sedikit. Nilainya bahkan dapat mencapai milyaran rupiah.

Jumlah uang Panai biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor, jumlah uang Panai akan semakin besar jika wanita yang dilamar berasal dari keturunan bangsawan, berpendidikan tinggi, memiliki pekerjaan hingga wajah yang cantik rupawan.

Namun jangan salah sangka dan langsung berpikiran buruk mengenai tradisi ini karena sesungguhnya dibalik uang Panai yang tinggi ada hikmah yang dapat dipetik. Dari tradisi ini kita dapat melihat keseriusan seorang pria pada wanita yang dicintainya, jika ia bersungguh-sungguh ingin menikahi sang pujaan hati, maka ia akan berusaha memenuhi uang Panai tersebut. Selain itu, dari tradisi ini kita juga tahu bahwasannya suku Bugis merupakan suku yang sangat menghargai wanita.

Lantas, apa yang terjadi jika mempelai pria tak dapat memenuhi uang Panai tersebut?
Jawabannya, jika tidak mampu memenuhi uang panai’, otomatis lamaran akan ditolak karena orang Bugis beranggapan jika menyanggupi uang Panai saja tidak bisa maka bagaimana kelak akan memberi nafkah.

Jika mampu memberi uang panai’ berarti siap secara lahir batin untuk membangun bahtera rumah tangga. Menikah pun tak cukup jika hanya bermodalkan cinta. Uang panai’ pada esensinya bukanlah uang untuk membeli calon istri. Uang panai’ adalah uang belanja atau mahar atau uang untuk membiayai pesta yang akan digelar keluarga calon mempelai perempuan.

Tapi untuk kaum pria yang hendak menikahi wanita Bugis tak perlu khawatir mengenai uang Panai nya karena menikahi wanita Bugis sama saja memiliki mutiara berharga yang telah dididik dengan baik oleh kedua orangtuanya.

Nah, itulah tadi serangkaian artikel yang menjelaskan tentang Tradisi Uang Panai Suku Bugis. Semoga tulisan yang dikirimkan oleh Aulia Rahman ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Salam Budaya!

1 Response to "Bugis: Suku dengan Mahar Pernikahan Termahal"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel