Wisata Budaya di Indonesia


Indonesia merupakan negara yang penuh akan keanekaragaman budaya dan kekhasannya. Sosok Indonesia dimata dunia sangat cantik dan penuh dengan keunikannya sendiri. Luasnya Indonesia, terbentangnya lautan dan daratan yang membentuk kepulauan yang indah mengakibatkan rimbunnya kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia.

Indah, elok, elegan, unik, dan beribu kata tidak akan mampu mewakili keindahan yang dimiliki oleh Indonesia dalam aspek apapun. Indonesia dikenal dimata Internasional melalui berbagai alur dan jalur, terutama dalam kebudayaannya. Bahkan hingga saat ini banyak negara di dunia mencoba untuk mempelajari kebudayaan Indonesia, seperti halnya negara Belanda yang mencoba mempelajari alat musik tradisional gamelan.

Wisata Budaya adalah kegiatan aktivitas melakukan sebuah perjalanan yang dilakukan sekumpulan orang dengan tujuan dan misi tertentu dengan maksud untuk rekreasi, mengembangkan potensi diri dan mecoba mendalami dan memperlajari daya tarik budaya dengan memanfaatkan potensi yang ada dari tempat yang dikunjungi tersebut.

Wisata Budaya memberikan dampak yang signifikan guna untuk memperkenalkan Indonesia melalui budaya dan kekhasannya . Wisata edukasi, wisata sejarah, wisata religi, dan wisata kota merupakan segelintir contoh aktivitas dari wisata budaya. Wajib bagi kita sebagai manusia Indonesia untuk mengenal lebih dalam budaya Indonesia, yang nantinya kita akan mampu memperkenalkan dan menjelaskan dengan bangga pada dunia mengenai keunikan yang dimiliki negara kepulauan ini.

Akan banyak efek dan dampak wisata budaya ini bagi diri dan orang lain disekitar kita. Melestarikan alam,lingkungan, dan sumber daya. Memajukan kebudayaan Indonesia. Mengangkat citra bangsa. Memupuk rasa cinta tanah air. Memperkukuh kesatuan bangsa dan persahabatan.

Wisata Budaya mampu meningkatkan citra Indonesia, banyak warga negara asing yang tertarik dengan wisata budaya yang ada di Indonesia. Wisata budaya dapat dijadikan obyek yang baik untuk dapat mengenalkan Indonesia dimata dunia. Walau citra Indonesia yang kurang baik dalam bidang ekonomi, namun kebudayaan yang dimiliki Indonesia mampu mendongkrak potensi diri diranah Internasionl

Wisata budaya dalam hal sejarah, religi, edukasi, wisata kota dapat kita teropong melalui salah satu keajaiban dunia di Magelang yaitu Candi Borobudur. Aset berharga milik Indonesia ini sering mencuri perhatian mata dunia. Terdapat banyak pelajaran dan aspek yang dapat kita gali dan menjadikannya suatu permata berharga dunia, khususnya Indonesia.

Memperkenalkan kebudayaan bangsa perlu adanya kontribusi dari semua manusia Indonesia. Kebudayaan dan kekhasan ini tidak akan menjadi sebuah permata yang berharga apabila tidak diasah dan dipoles dengan kekuatan yang besar. Kekuatan besar itu hanya akan didapatkan jika kita manusia Indonesia mampu menjaga kebudayaan tersebut dan bangga akan keunikan yang dimiliki negara kita serta mencoba memamerkan kekhasan itu pada dunia.

Itulah tadi tulisan dari Ayu Tri Hapsari mengenai Wisata Budaya Indonesia. Semoga dapat menjari fererensi dalam mencari informasi mengenai wisata budaya yang beranekaragam di negeri tercinta, Indonesia kita.

0 Response to "Wisata Budaya di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel