Semarak Wisata Budaya dalam Eksistensi Globalisasi


Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dari generasi ke generasi, dan kebudayaan sendiri memiliki sesuatu yang khas. Entah itu dari daerah asal, dari nenek moyang dan masih banyak lagi.

Generasi milenal saat ini sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi. Ditambah dengan teknologi yang canggih, sementara itu peluang dalam memperkenalkan tempat wisata di handphone sudah banyak yang menggunakan untuk sarana pengenalan obyek wisata, di era globalisasi saat ini banyak sekali pengunjung wisata dari dalam negeri maupun mancanegara, wilayah pelosok bukan menjadi penghalang untuk memiliki wisata, beragam wisata yang ada di indonesia salah satunya wisata budaya.

Dengan adanya wisata budaya akan membuat pengunjung mengetahui unsur dan aspek budaya yang ada di indonesia, tempat tempat di Indonesia pun juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata, apalagi di zaman digital ini cenderung orang akan lebih suka bersantai dengan berfoto melalui tempat wisata bernuansa budaya akan semakin membantu suatu daerah Indonesia semakin unggul dan menarik para wisatawan.

Tak hanya mempertambah ilmu tetapi juga mengenal budaya yang ada di indonesia. Berikut wisata budaya yang ada di Indonesia, yaitu :

1. Pura Tanah Lot, Bali

Merupakan destinasi wisata budaya yang sangat indah dan didatangi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Ditempat ini ada dua pura tersebut adalah pura laut yang dijadikan tempat pemujaan dewa penjaga laut. Wisatawan banyak yang datang dengan tujuan menikmati matahari tenggelam (sunset). Disana juga ada Budaya Odalan yang diperingati setiap 210 hari sekali oleh masyarakat sekitar.

2. Candi Borobudur, Jawa Tengah

Candi Borobudur merupaka candi dari peninggalan Budha di Magelang, Jawa Tengah. Bangunan ini menjadi salah satu situs warisan Dunia Unesco dan pernah menjadi satu dari 7 keajaiban dunia. Candi ini masih sering digunakan tempat ziarah keagamaan, salah satunya dalam memperingati hari trisuci.

3. Candi Prambanan, Sleman

Candi Prambanan juga disebut sebagai Candi Roro Jonggrang. Bangunan candi yang dibangun pada abad ke-9 masehi.Lokasinya berada di Prambanan,Sleman, tepatnya 17 km dari pusat kota Yogyakarta. Candi ini juga termasuk peninggalan UNESCO . Candi ini dicanangkan sebagai candi termegah di Asia Tenggara.

4. Pura Luhur Uluwatu, Bali 

Pura ini adalah jenis Pura Sad Kayangan yang dipercaya sebagai penyangga dari 9 mata angin oleh masyarakat Hindu di Bali. Selain itu, lokasi pura yang sangat populer karena dibawahnya ada Pantai Pecatu yang memiliki ombak besar dan sering dijadikan lokasi selancar kelas dunia.

5. Istana Tirta Gangga, Bali
Istana ini bekas istanah kerajaan, istana ini sangat populer karena istana air ini merupakan salah satu taman air yang dimiliki oleh kerajaan Karangasem. Wisatawan banyak yang datang untuk belajar sejarah.

6. Kapal Karam USS Liberty, Bali 

Kapal ini merupakan kapal perang akibat Perang Dunia II yang karam pada tahun 1942.Kapal ini ditumbuhi oleh karang warna-warni yang menjadi tempat tinggal bagi banyak biota laut.

7. Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh

Masjid ini adalah masjid kesultanan Aceh yang dibangun tahun 1022 masehi oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam. Masjid ini dijadikan tempat wisata yang memiliki keindahan arsitektur serta ukiran yang menarik dan halaman yang luas. Masjid ini juga menjadi saksi bisu bencana tsunami Aceh yang tetap berdiri tegak.

8. Keraton Yogyakarta, Yogyakarta

Keraton ini merupakan museum kebudayaan jawa, tempatnya di kota Yogyakarta. Wisatawan yang datang kesana bisa belajar dan melihat secara langsung tentang kebudayaan Jawa dan sejarah keraton.

9. Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta

Berwisata di taman ini menjadi salah satu cara yang tepat untukmempelajari kebudayaan dari seluruh Indonesia secara praktis. Lewat miniatur-miniatur yang disediakan, wisatawan dapat belajar sejarah, rumah dan pakaian adat, serta beberapa benda khas suku-suku di Indonesia.

10. Toraja, Tanah Toraja

Merupakan daerah yang terletak di provinsi Sulawesi Selatan, di  sini wisatawan akan melihat kebiasaan, adat, arsitektur adat, sampai upacara adat Toraja yang luar biasa. Tanah Toraja dihuni oleh suku Toraja yang mendiami daerah pegunungan. Mereka mempertahankan gaya hidup yang khas, bahkan mereka juga berpegang teguh pada gaya hidup Austronesia yang dekat dengan alam.

11. Gunung Bromo

Dengan kekayaan budaya dari masyarakat suku Tengger yang masih sering menjalankan ritual adat hingga saat ini.

12. Pulau Komodo 

Dengan kekayaan khas Indonesia berupa hewan jenis naga yang hanya ada di Indonesia.
Dan masih banyak lagi wisata budaya di Indonesia.

Singkat cerita saya akan menambahkan pengalaman ketika berwisata di Candi Prambanan. Candi tersebut terletak di kota Sleman, Yogyakarta. Saya berlibur dengan keluarga saya, dengan menaiki mobil dan lama perjalanan 4 jam untuk sampai di sana. Terlihat susunan candi yang sangat besar dan megah.

Menuju pintu masuk candi Prambanan banyak para penjual pernak-pernik gantungan kunci miniatur candi dengan harga yang murah, kami pun mampir untuk membeli, sampai di depan candi saya sangat antusias, menikmati langit yang cerah, dengan sederet candi yang megah.

Kebetulan juga disana sedang diadakan festifal taman dalam memperingati Hari Konservasi Alam yang merupakan festival yang memmbangun kelekatan pesan kita dengan produk-produk Indonesia dengan bermacam bentuk yang unik dan kostum adat yg menarik.

kami pun berfoto sembari menaiki tangga demi tangga candi prambanan, hingga sampai di suatu candi kami bertemu dengan turis yang sedang mempelajari asal usul candi bersama dengan tourguade nya.

Saya pun juga sangat menyukai dari setiap ukiran candi memiliki kisah dan makna tersendiri, lalu saya dengan keluarga menuruni anak tangga, tak terasa 3 jam telah berlalu untuk menuju pintu keluar karna keadaan sedang sangat ramai pengunjung. Dan diluar area candi kami melihat penjual kaos Yogya couple yang unik dan lucu saya membeli ol

eh-oleh lalu kami berhenti pada sebuah depot gudeg, makanan khas Yogyakarta untuk melepas rasa lapar dan haus, setelah makan-makan kami sekeluarga kembali ke rumah dengan  lama perjalanan 5 jam untuk menuju jawa tengah,  karena langit sudah mulai gelap dan keadaan jalan sedang macet, aku di jalan tertidur dengan pulas.

Liburan kali ini merupakan liburan tak terlupakan bagiku, karna dengan wisata tersebut aku tahu dan mengerti betapa indah wisata budaya Indonesia.

Demikianlah artikel yang mengenai Wisata Budaya. Semoga tulisan yang dikirimkan oleh Hidayatul Maulidiyanti ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Terimakasih,

2 Responses to "Semarak Wisata Budaya dalam Eksistensi Globalisasi"

  1. Mohon dukungannya kakak semua untuk menulis kritik dan saran di kolom komentar.semoga bermanfaat.selamat membaca

    BalasHapus
  2. saya rasa Indonesia memeliki banyak macam wisata. Saya cinta Indonesia. Tidak perlu jauh2 untuk memilih destinasi wisata jika negri kita punya banyak wisata.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel