Menciptakan Wisata Candi Gedong Songo Sebagai Wisata Cagar Budaya Di Jawa Tengah


Candi Gedong Songo merupakan salah satu kompleks candi Hindu di Indonesia yang terletak di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Candi Gedong Songo menjadi salah satu candi tertiggi di Indonesia karena letaknya di lereng Gunung Ungaran yaitu pada ketinggian lebih dari 1200 mdpl.

Candi Gedong Songo memiliki potensi wisata yang sangat besar dimana terdiri dari wisata alam, sejarah, budaya, buatan, dan edukasi sehingga menjadikan kompleks candi tersebut banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai kalangan masyarakat.

Candi Gedong Songo memiliki potensi wisata yang sangat besar sehingga tepat jika Candi Gedong Songo dijadikan sebagai pusat wisata cagar budaya di Jawa Tengah. Menjadikan Candi Gedong Songo sebagai pusat wisata cagar budaya di Jawa Tengah diharapkan mampu menjadi wadah untuk memperkenalkan dan melestarikan kesenian dan kebudayaan yang berkembang di Jawa Tengah dan sekitar.

Dengan menggabungkan antara wisata alam, sejarah, budaya, buatan, dan edukasi diharapkan wisata Candi Gedong Songo mampu menjadi wisata yang setara dengan Garuda Wisnu Kencana di Pulau Bali. Dimana pada wisata Garuda Wishnu Kencana tersebut tak hanya mengedepankan unsur wisata alam dan sejarah saja namun juga wisata budaya sepertihalnya dengan diadakan pertunjukan tari-tarian khas Bali.

Keberadaan wisata buatan yang instagramable dan modern di dalam kompleks wisata Candi Gedong Songo mampu menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke wisata Candi Gedong Songo.

Di dalam kompleks wisata Candi Gedong Songo juga terdapat wisata pemandian air hangat yang bisa menjadi tempat relaksasi tubuh dan penyembuhan penyakit kulit karena air hangat tersebut berasal langsung dari panas bumi Gunung Ungaran.

Di dalam kompleks wisata Candi Gedong Songo juga terdapat wisata outbond dan wisata edukasi terutama mengenai sejarah dan geografi. Dengan terdapat berbagai objek wisata tambahan menarik di dalam kompleks candi tersebut mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke kompleks wisata Candi Gedong Songo baik dari kalangan pelajar maupun masyarakat umum.

Kompleks wisata Candi Gedong Songo tepat dijadikan sebagai pusat wisata cagar budaya di Jawa Tengah karena dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung. Faktor pendukung pertama ialah letak geografis dari kompleks wisata candi tersebut.

Kompleks wisata Candi Gedong Songo yang berada di lereng Gunug Ungaran memiliki suasana alam yang sangat asri dan sejuk dengan pemandangan alam yang sangat mempesona sehingga sangat tepat sebagai tempat wisata keluarga.

Dilihat dari letak administrsinya candi gedong songo berada di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang yang hanya berjarak 45 km dari ibu kota Jawa Tengah sehingga sarana dan prasarana transportasi mudah dijangkau.

Aksesibilitas menuju wisata Candi Gedong Songo cukup memadai, meskipun lokasi dari Candi Gedong Songo berada di lereng Gunung Ungaran namun akses untuk menuju tempat wisata tersebut mudah dijangkau.

Jalan menuju kawasan wisata Candi Gedong Songo sudah bagus kualitasnya penunjuk arah menuju lokasi wisata tersebut juga tersedia dengan baik, hal tersebut dapat memudahkan wisatawan yang ingin mengunjungi tempat wisata tersebut.

Untuk lokasi wisata Candi Gedong Songo dengan bandara, stasiun, dan pelabuhan pun tidak terlalu jauh. Bagi wisatawan yang berasal dari luar kota maupun luar pulau yang memilih untuk menempuh perjalanan menggunakan transportasi umum seperti kereta, pesawat, dan kapal laut dapat ditempuh melalui Bandara Udara Internasional Ahmad Yani di Kota Semarang, Pelabuhan Tanjung Emas dan dua stasiun kereta api yang ada di kota semarang yaitu Stasiun Tawang dan Stasiun Poncol.

Jarak tempuh dari beberapa pusat sarana transportasi tersebut menuju wisata Candi Gedong Songo sekitar 1- 1,5 jam jika menggunakan angkutan umum namun dapat juga ditempuh dengan waktu kurang dari satu jam jika menggunakan angkutan pribadi.

Wisata Candi Gedong Songo menyediakan penginapan yang berada di dalam kompleks wisata tersebut sehingga memudahkan wisatawan dari luar kota yang ingin menikmati wisata Candi Gedong Songo lebih dari satu hari untuk memperoleh tempat persinggahan beristirahat.

Meskipun jalan untuk mengelilingi ke lima candi harus naik turun bukit wisatawan tak perlu khawatir karena di pinggiran jalan banyak pedagang yang menjajarkan makanan dan minuman. Pada saat menuju pintu keluar dari area wisata tersebut wisatawan akan disuguhkan oleh beberapa lapak yang menjual makanan dan souvenir khas wisata Candi Gedong Songo.

Dalam upaya menjadikan wisata Candi Gedong Songo menjadi wisata cagar budaya memerlukan beberapa upaya yang harus diterapkan pada tempat wisata tersebut. Peran pengelola wisata Candi Gedong Songo sangat diperlukan untuk mengembangkan lebih banyak wahana dan pertunjukan yang dapat dinikmati pengunjung di objek wisata Candi Gedong Songo khususnya yang berhubungan dengan kebudayaan.

Pengelola wisata Candi Gedong Songo dapat mengambil langkah dengan cara menyuguhkan pertunjukan kesenian tari-tarian dan musik tradisional di dalam komplek wisata Candi Gedong Songo.

Dalam upaya menciptakan wisata Candi Gedong Songo menjadi wisata cagar budaya, wisata Candi Gedong Songo tersebut dapat mengimplikasikan konsep yang diterapkan pada objek Wisata Garuda Wishnu di Bali.

Wisata Candi Gedong Songo harus mampu menggabungkan konsep antara wisata alam, wisata edukasi, wisata sejarah, dan wisata budaya seperti yang diterapkan dalam wisata Garuda Wishnu Kencana di Bali.

Kompleks wisata Candi Gedong Songo yang memiliki suasana alami dengan pemandangan yang indah akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mengunjungi objek wisata ini. Dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan menuju kompleks wisata Candi Gedong Songo dapat dibuat juga wisata edukasi yaitu dengan membuat museum edukasi mengenai Gunung Ungaran yang mana wisata Candi Gedong Songo ini berada dibawah kaki Gunung Ungaran.

Wisata sejarah dalam wisata Candi Gedong Songo dapat dibuat dengan memberikan informasi lengkap mengenai sejarah wisata Candi Gedong Songo melalui papan informasi yang terletak disetiap kompleks candi.

Dalam mengembangkan wisata Candi Gedong Songo menjadi wisata cagar budaya yaitu dengan membuat pagelaran seni tari tradisional khas Jawa Tengah khususnya Semarang. Di dalam area wisata Candi Gedong Songo yang cukup luas juga bisa diselenggarakan pertunjukan musik jalanan seperti yang terdapat di jalan Malioboro, Yogyakarta.

Dalam mengoptimalkan wisata Candi Gedong Songo menjadi wisata cagar budaya harus dilakukan upaya lebih dalam melakukan promosi untuk meningkatkan daya tarik wisatawan mengunjungi wisata Candi Gedong Songo tersebut.

Pengelola wisata Candi Gedong Songo juga harus mampu membuat sebuah festival yang diselenggarakan pada periode tertentu seperti membuat pagelaran seni sendratari maupun konser musik yang diselenggarakan pada setiap akhir pekan.

Pengelola wisata Candi Gedong Songo juga diharapkan mampu menyelenggarakan festival kebudayaan tahunan seperti yang diselenggarakan di Dieng dan di Banyuwangi. Didalam festival kebudayaan yang diselenggarakan harus mengandung kearifan lokal yang terdapat di sekitar wilayah Semarang dan sekitar serta harus mengandung kebudayaan lain seperti kesenian tari, musik, dan seni kriya masyarakat setempat.

Menciptakan wisata Candi Gedong Songo menjadi wisata cagar budaya memiliki keuntungan tersendiri bagi objek wisata tersebut dan pihak lainya, dengan terwujudnya wisata Candi Gedong Songo menjadi wisata cagar budaya dapat memudahkan untuk mempromosikan kebudayaan Indonesia kepada masyarakat luas.

Wisata Candi Gedong Songo yang merupakan salah satu wisata popular dikawasan Jawa Tengah khususnya Semarang dan sekitarnya menjadikan wisata Candi Gedong Songo banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Dengan semakin banyaknya kunjungan wisata di Candi Gedong Songo akan semakin mudah dalam mempromosikan kebudayaan khas di Indonesia khususnya kebudayaan jawa. Dengan terciptanya wisata Candi Gedong Songo menjadi wisata cagar budaya akan meningkatkan kunjungan wisata di objek wisata tersebut sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Dalam upaya menjadikan wisata Candi Gedong Songo menjadi wisata cagar budaya dibutuhkan peran pemerintah dan pengelola wisata Candi Gedong Songo. Pemerintah harus memberi dukungan kepada pengelola wisata Candi Gedong Songo dengan cara memperbaiki aksesibilitas menuju ke kawasan wisata Candi Gedong Songo.

Pemerintah juga harus memberikan tambahan dana untuk memperbaiki sarana dan prasarana di dalam kawasan wisata Candi Gedong Songo seperti menambah wahana baru yang dapat dinikmati wisatawan.

Pengelola wisata Candi Gedong Songo dengan jajaran pemerintahan lainya seperti Pemerintah Daerah Jawa Tengah dan juga Kementrian Pariwisata Republik Indonesia juga harus mampu untuk mempromosikan wisata Candi Gedong Songo kepada dunia luar.

Semua pihak tersebut dapat bekerja sama dengan membuat sebuah festival tahunan seperti yang diselenggarakan oleh masyarakat dan pemerintah di Dieng Barat, Banjarnegara. Dengan terwujudnya wisata cagar budaya pada wisata Candi Gedong Songo diharapkan mampu menjadi sarana untuk mempermudah promosi kebudayaan khas Indonesia khususnya kebudayaan Jawa.

Itulah ulasan mengenai Candi Gedong Songo yang ditulis oleh Zacky Setiawan Saputra. Semoga bermanfaat. Salam budaya

2 Responses to "Menciptakan Wisata Candi Gedong Songo Sebagai Wisata Cagar Budaya Di Jawa Tengah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel