Kerinci: Sekepal Tanah Surga

Gambar: Gunung Kerinci dan Perkebunan Teh Kayu Aro 

Kerinci merupakan nama sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jambi diantara 1˚40’ Lintang Selatan dan di antara 101˚08’ Bujur Timur sampai dengan 101˚50’ Bujur Timur. Daerah Kerinci beriklim tropis dengan suhu rata-rata sekitar 22˚ C dan suhu maksimum sebesar 28,9˚C yang terjadi pada bulan Mei, serta suhu minimum sebesar 16,6˚C yang terjadi pada bulan Februari.

Kabupaten Kerinci memiliki luas ± 3.808,50 Km2 yang terletak di sepanjang bukit barisan, diantaranya terdapat gunung-gunung seperti Gunung Kerinci dengan ketinggian 3.805 mdpl dan merupakan gunung tertinggi di Pulau Sumatera.

Serta danau-danau seperti Danau Gunung Tujuh yang merupakan danau tertinggi di Asia Tenggara. Ketinggian Kabupaten Kerinci berada di antara500 m sampai 1.500 m dari permukan laut.

Sekepal Tanah Surga

Kerinci dengan tanah yang subur, udara yang sejuk serta keindahan alamnya menjadikan Kerinci dijuluki sebagai “Sekepal Tanah Surga”. Terdapat berbagai jenis tempat wisata alam di Kerinci mulai dari danau, air terjun, Gunung, Sungai serta berbagai keanekaragaman hayati lainnya. Berikut ini beberapa tempat wisata menarik di Kabupaten Kerinci:

Danau Gunung Tujuh

Kerinci memiliki danau yang disebut dengan Danau Gunung Tujuh. Disebut demikian, bukan dikarenakan bahwa danau tersebut memiliki tujuh danau melainkan terdapat tujuh gunung yang mengelilingi danau tersebut.

Gunung-gunung yang mengelilingi ialah Gunung Hulu Sangir (2330 m), Gunung Hulu Tebo (2.525 m), Gunung Madura Besi (2.418 m), Gunung Lumut (2.350 M), Gunung Jar Panggang (2.469 m), dan Gunung Tujuh (2.735 m). Danau Gunung Tujuh merupakan salah satu danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara. Danau ini berada di, Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci.

Danau Kaco

Berdasarkan cerita warga setempat dan beberapa orang anggota pencinta alam yang pernah berkunjung ke danau tersebut, ikan yang ada di dalam danau hanya bisa ditangkap dengan menggunakan kail.

Jika menggunakan peralatan lain, ikan yang ada dalam danau tersebut tidak bisa ditangkap. Sungguh danau tersebut sangat misterius. Menariknya lagi, bagi pemancing yang ingin memancing di Danau Kaca, mereka harus memiliki niat yang baik. Jika tidak, maka orang itu tidak akan mendapat ikan. Selain itu, jumlah tangkapan juga tergantung pada niat pemancing.

Danau Kerinci

Danau Kerinci merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Kerinci. Danau yang memiliki luas wilayah 5000 meter persegi dengan ketinggian 783 meter diatas permukaan laut ini berada disebelah selatan Kota Sungaipenuh.

Danau Kerinci merupakan Danau terbesar yang ada di Kabupaten Kerinci dengan luas 4.200 hektare. Danau ini merupakan danau vulkanik yang memiliki kedalaman 110 meter. Karena keindahannya yang eksotis, banyak pengunjung yang memanfaatkan Danau Kerinci sebagai tempat wisata akhir pekan.

Air Terjun Telun Berasap

Letaknya yang dekat dengan kawasan Gunung Kerinci menjadikan para pendaki dapat menikmati indahnya air terjun ini. Nama Telun berasap berasal dari proses jatuhnya aliran air dengan debit yang tinggi, sehingga menciptakan kabut air disekelilingnya.

Air Terjun Telun Berasap menjadi pilihan wisata wajib yang patut dikunjungi. Air Terjun Telun Berasap memiliki jarak yang ditempuh dari Kota Sungai Penuh sekitar 60 Km menuju Desa Telun Berasap yang dapat ditempuh dengan menggunakan mobil. Dari pintu masuk jarak ditempuh sekitar 300 meter dengan jalan kaki menuruni anak tangga yang licin, sehingga pengunjung wajib berhati-hati melewatinya.

Air Terjun Pancuran Rayo

Air Terjun Pancuran Rayo merupakan air terjun baru yang terletak di Desa Koto Tuo, kecamatan Keliling Danau. Sama seperti air terjun lainnya, air terjun ini memiliki keindahan yang tersembunyi di dalam rimbunnya hutan belantara.

Tak banyak yang mengetahuinya, sampai-sampai namanya tak tertera di papan penunjuk jalan yang dibuat oleh Dinas Perhubungan. Air Terjun Pancuran Rayo ini menjadi salah satu wisata yang wajib anda kunjungi apabila ke kerinci.

Jika anda ingin berkunjung maka bisa menuju Desa Koto Tuo. Pintu masuk air terjun di sebelah kanan jalan, jaraknya 15-20 menit dari sei penuh. Setelah memasuki gang jalan kecil maka nantinya anda akan bertemu dengan papan sepanjang 30 cm yang bertulis Lorong Air Terjun.

Jika anda membawa kendaraan maka bisa dititip dengan biaya penitipan Rp.5.000 kemudian untuk bisa mencapai air terjunnya anda diharuskan berjalan untuk bisa mencapai lokasinya.

Bukit Khayangan

Bukit Khayangan seperti Negeri Diatas Awan, itu julukan yang tepat disematkan kepada Bukit Khayangan. Bukit yang merupakan rangkaian dari bukit barisan yang mengelilingi sebagian wilayah kerinci.

Tampak indah ketika berada diatasnya, jika cuaca terang maka pengunjung dapat melihat sebagian wilayah kerinci dari atas dengan indah, dan apabila cuaca mendung serta berkabut maka pemandangan seolah-olah pengunjung sedang berapa di Negeri Diatas Awan.

Amazon Kerinci: Rawa Bento

Rawa ini merupakan lahan basah pada ketinggian 1.333 mdpl, dengan luas sekitar 1.000 hektare. Rawa ini pada mulanya adalah danau, akibat sedimentasi aliran sungai di sekitarnya yang berasal dari gugusan Pesona Wisata Jambi Gunung Kerinci, Gunung Tujuh, Gunung Sangkar dan sekitarnya yang menyebabkan semakin lama semakin dangkal.

Sekarang rawa ini banyak di tutupi oleh rumput bento dan menjadi hutan rawa, sehingga dikenal dengan nama Rawa Bento, objek wisata hutan rawa ini berada dekat dengan Gua Kasah di gugusan Gunung Sangkar, salah satu objek wisata lain yang juga sering dikunjungi pencinta alam terutama peminat gua. Wisata Rawa Bento terletak di desa Jernih Jaya, Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Gunung Kerinci

Gunung kerinci merupakan gunung tertinggi di Pulau Sumatera di Indonesia. Ada banyak keindahan di gunung dengan ketinggian 3.805 mdpl tersebut. Alamnya sungguh sempurna, mulai dari danau hingga kekayaan flora dan fauna.

Perkebunan Teh Kayu Aro

Salah satu perkebunan teh terindah dan terluas di Indonesia adalah kebun teh Kayu Aro. Lokasi tepatnya di kaki sebelah selatan Gunung Kerinci, Gunung teritinggi di sumatera (3.805 meter dari permukaan laut).

Mata kami seperti tak ingin berkedip saat melintasi perkebunan teh Kajoe Aro yang dibuka sejak tahun 1925 M. Bagi penikmat agrowisata, ini merupakan spot wisata terbaik dan Teh Kayu Aro adalah teh Ekspor yang terbaik di Indonesia.

Demikianlah artikel mengenai Wisata Kerinci yang ditulis oleh Luqyana . Karena keindahannya lah, ia disebut dengan Sekepal Tanah Surga. Oleh karena itu, sebagai manusia harus dapat menjaga dan melestarikan alam dengan sebaik-baiknya.


Sumber foto : 
  • www.pesonawisataindonesia.com
 

0 Response to "Kerinci: Sekepal Tanah Surga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel