Wisata Religi Makam Ki Gede Ing Suro


Makam Ki Gede Ing Suro merupakan situs taman purbakala berupa kompleks pemakaman yang dibangun pada pertengahan abad XVI. Makam Ki Gede Ing Suro yang kini telah ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia menawarkan lokasi wisata, berziarah sekaligus menjadi media bagi pengunjung mengenal Palembang lebih jauh karena situs ini kaya akan sejarah.

Pemakanan terdiri dari 38 makam yang semuanya adalah para pengikut Ki Gede Ing Suro dan terdapat 8 bangunan seluas 1 hektar. Makam Ki Gede Ing Suro dapat dengan mudah dikenali sebagai makam yang paling besar dengan ukuran mencapai 260 cm.

Bila menitik sejarah, masa kepemimpinan Ki Gede Ing Suro merupakan masa masuknya Islam ke Palembang. Ki Gede Ing Suro sendiri, yang sebelumnya dikenal dengan nama Kiai Mas Anom, merupakan cikal bakal Kesultanan Palembang Darussalam. Lucunya, pemakaman muslim ini terletak di atas candi bercorak Hindu yang bentuknya menyerupai candi Muara Takus di Jambi.

Seperti makam pada umumnya, pengunjung dianjurkan untuk bersikap sopan dan santun dalam beraktivitas di sekitar makam. Salah satu teman saya yang pernah berkunjung bercerita bahwa ia sempat iseng dengan mencuri sandal di masjid yang ada di dalam makam.

Ia membawa sandal tersebut cukup jauh dari tempatnya mengambil dan di sana ia justru kehilangan sandal. Saat dicek, ternyata sandal tersebut berada di masjid seolah ia kembali sendiri atau ada kekuatan asing yang mengembalikannya.

Makam Ki Gede Ing Suro biasanya lebih ramai saat menjelang Ramadhan karena akan ada kegiatan ziarah. Fasilitas yang ada di lokasi ini berupa tempat istirahat sehabis ziarah dan kantin yang menjual berbagai makanan. Secara umum, pemakaman ini cukup terawat.

Bagi Anda yang tertarik untuk berwisata sekaligus berziarah, pemakaman Ki Gede Ing Suro ini dapat Anda temukan di Jalan Ratu Sianum Lorong H. Umar RT. 19 Kelurahan 1 Ilir Kecamatan Ilir Timur II Palembang, sekitar 8 meter jauhnya dari kota Palembang. Jarak ini dapat ditempuh sekitar 10-20 menit dengan kendaraan. Begitu dekat untuk menyaksikan bukti harmonisasi akulturasi kebudayaan Islam dan Hindu.

Demikianlah artikel yang mengulas mengenai Wisata Religi Makam Ki Gede Ing Suro. Semoga tulisan yang dikirimkan oleh Rini Lusiana Ray ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Terimakasih,

0 Response to "Wisata Religi Makam Ki Gede Ing Suro"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel