3 Hal yang Buat Mentawai Harus Masuk List Destinasi Wisata Kamu


Destinasi wisata yang ada di Mentawai mungkin masih belum diketahui banyak orang, tapi bukan berarti kepulauan yang letaknya di Provinsi Sumatera Barat ini tidak punya tempat wisata yang keren lho!

Justru banyak destinasi wisata yang epic dan pastinya bikin suasana liburan kamu makin seru. Pesona yang ditawarkan juga tidak kalah indah dengan destinasi wisata lainnya, apalagi jika ditambah dengan budaya yang masih terjaga keasriannya.

Belajar tentang kebudayaan Mentawai tidak akan membosankan! Untuk sahabat yang mau mencari hal menarik dan seru untuk dikunjungi masa liburan, dibawah ini ada beberapa hal yang akan menjadi alasan kamu memasukkan Mentawai ke dalam list wisata kamu.

1. Budaya Yang Masih Lestari 


Suku mentawai

Kepulauan Mentawai merupakan Kabupaten di Sumatera Barat yang tidak memiliki tradisi dan budaya khas Minang. Suku Mentawai tinggal dirumah tradisional yang mereka sebut uma. Salah satu hal yang menjadi impian para turis yang datang kesini adalah mempelajari kebudayaan Mentawai yang ada di Pulau Siberut. 

Suku Mentawai, yang masih memiliki tradisi yang kental, bisa ditemukan di Desa Madobag dan Dusun Butui, Kecamatan Siberut Selatan. Dari Muara Siberut harus naik pompong (sebutan masyarat daerah untuk perahu kayu) selama empat jam menyusuri sungai.

Di Desa Madobag, masih ada beberapa uma. Tapi, kalau mau lebih dekat dengan kehidupan suku disini, cobalah untuk berjalan kaki kurang lebih 1-2 jam ke Dusun Butui, melalui jalan setapak yang sebagian sudah disemen namun bagian lainnya masih ada yang berlumpur.

Di Kampung inilah Sikerei atau sebutan untuk dukun sekaligus pimpinan upacara adat, hidup harmonis dengan alam. Satu uma diisi lima keluarga. Didalamnya kita bisa melihat mereka berkumpul, melakukan upacara dan mepraktekkan pengobatan.

2. Masyarakatnya Yang Ramah Tamah 


Masyarakat Suku Mentawai

Keramahan masyarakat Suku Mentawai sangat terkenal bahkan sampai ke manca negara. Cerita Mentawai yang kian menggema ke dunia setelah pada tahun 1900, Belanda memperkenalkan Mentawai ke Eropa dengan mencetak kartu pos Kampeng en Mentawai Eilanden, dengan foto tokoh Arat Sabulungan (Agama asli orang suku Mentawai).

Tanah yang subur, keaneka ragaman hayati, dan hutan yang menjadi rumah bagi masyarakat lokal jadi pengundang orang datang. Tak sedikit pula yang singgah ke Mentawai untuk menikmati alam serta kekayaan budaya masyarakat Mentawai yang kaya akan ritual serta menyatu dengan alam. Hingga kini Mentawai dengan ombak terbaiknya untuk surfing jadi tujuan utama wisatawan yang datang ke Sumatera Barat. Bahkan, puluhan ribu banyaknya.

3. Pesona Alam yang Luar biasa 

Pesona Pegunuangan dan Danau di wilayah suku Mentawai

Berbeda dengan padang yang merupakan kota besar sekaligus ibu kota Sumatera Barat. Kabubaten Kepulauan Mentawai Sumatera Barat sendiri ada banyak destinasi wisata yang dapat kita kunjungi. Dari mulai destinasi wisata air terjun, danau, pergunungan, sampai pantai tersedia di kabupaten Kepulauan Mentawai Sumatera Barat ini.

Seperti salah satu Pantai dengan ombak besar dan tinggi di Kepulauan Mentawai ialah Pantai Katiet Bosua. Pantai ini terletak di Dusun Katiet, Desa Bosua, Kecamatan Sipora, Kepulauan Mentawai.

Untuk dapat sampai ke lokasi pantai ini kamu harus menggunakan kendaraan air misalnya kapal kecil atau speedboat dari kelurahan Tuapejat. Ombak dipantai ini cocok untuk kamu yang ingin surfing disini , sebab ombak di pantai ini mencapai ketinggian kurang lebih 3-4 meter.

Tapi, bagi kalian penyuka panorama hijau yang tidak hanya menyegarkan mata, Air Terjun Kulu Kubuk bisa menjadi pilihan terbaik. Air Terjun Kulu Kubuk ini terletak di Desa Madobak, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Di tengah pendalaman hutan desa ini akan kamu temukan air terjun yang disebut air terjun Kulu Kubuk. Keindahan di air terjun Kulu Kubuk ini juga masih terjaga sebab kita ketahui letaknya sangat jauh dari penduduk setempat sehingga tempatnya juga masih terlihat bersih.

Sesampai di sana kamu akan di hadirkan hawa segar dan air tawar yang jernih dari air terjun Kulu Kubuk ini. Tidak hanya berfoto kamu juga dapat mandi sekaligus merasakan segarnya air dari air terjun Kulu Kubuk ini.

Jika ingin memanjakan mata sambil bersantai ria bersama orang tercinta, maka Teluk Sinakak adalah pilihan tempat terbaik bagi kamu yang ingin berwisata di Kepulauan Mentawai. Tidak hanya di hadirkan pemandangan laut yang indah, disini kamu juga dapat menikmati sunset atau menikmati matahari tenggelam dari pesisir pantai.

Seperti namanya, Teluk Sinakak terletak di Desa Sinakak. Untuk sampai ke lokasi Teluk Sinakak ini, kamu harus menggunakan transportasi laut dan menempuh jarak kurang lebih 3 jam dari kota kecamatan.

Nah, kalau sudah tahu tentang hal menarik apa yang bikin kamu  harus memasukkan Mentawai ke dalam list wisata kamu, tunggu apa lagi? Jangan lewatkan masa liburan kamu hanya dengan hangout tanpa manfaat. Liburan sambil belajar dan mengagungi ciptaan Tuhan, bisa jadi Mentawai jawabannya! Jadi, apa Mentawai sudah ada dalam list wisata kamu?

Demikian tulisan mengenai destinasi wisata suku Mentawai yang ditulis oleh Anggun (Siswi SMP Negeri 1 Kopo Serang Banten), semoga tulisan ini bisa menjadi salah satu sumber informasi bagi pembaca yang ingin mengetahui ciri khas suku Mentawai.

6 Responses to "3 Hal yang Buat Mentawai Harus Masuk List Destinasi Wisata Kamu"

  1. Pengin sekali pergi ke Mentawai

    BalasHapus
  2. Jadi penasaran dgn pesona suku mentawai...

    BalasHapus
  3. Aritikel yg sangat bagus karena memberikan referensi tempat wisata yg bagus

    BalasHapus
  4. Terimakasih untuk informasi yang menarik ini!

    BalasHapus
  5. Bisa jadi salah satu list wisata budaya yg keren bgt...

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel